Tips Trik Hard Disk External

Kemarin terjadi sesuatu yang lebih mengejutkan bin mengerikan daripada penampakan hantu Michael Jackson di Neverland: hard disk external gue mendadak koleps, ngga bisa dibaca sama sekali. Total data sebesar 160 giga itu terkunci rapat-rapat di dalam kepingan hard drive Fujitsu 3,5” yang tidak bergeming atau mengeluarkan suara apapun. Insting pertama gue seperti yang selalu muncul saat menghadapi kecelakaan benda-benda elektronik adalah melakukan tehnik CPR.

CPR, kependekan dari Cardiopulmonary Resuscitation, adalah prosedur pertolongan pertama dimana seorang korban diberikan tekanan/pijatan pada daerah dada dan pernafasan buatan. So, CPR untuk alat elektronik sama aja: ketok-ketok tuh hard disk, tiup slot bagian yang bolong, ketok-ketok lagi, tiup lagi, lalu tes colok nyala apa ngga. Ulangi beberapa kali bila perlu, hahaha…

Itu sepertinya udah jadi pengetahuan dasar yang nempel di kepala banyak orang, khususnya mereka yang pernah punya console games kayak Atari, SNES dan SEGA. Inget jaman-jamannya dulu ketika game ngga start muncul di layar, kita biasa keluarin kasetnya, tiup-tiup, goyang hentak-hentak dikit, lalu masukin ke mulut console dengan gaya dorongan atau sudut khusus dan voila permainannya bisa jalan? 😀

Old habit dies hard, especially when it’s somewhat effective. Jadi ketika Fuu -panggilan sayang untuk Fujitsu tercinta- mendadak terkena serangan jantung tempo hari, gue langsung menjalankan prosedur CPR berkali-kali.

BREATHE YOU MORON, BREATHE!” teriak gue, “DON’T YOU DARE GIVING UP LIKE THIS, FUU!

Sambil terus berupaya melakukan resusitasi, mata gue melayang berkelebat kepada kejadian beberapa tahun yang lalu ketika terjadi tragedi serupa dengan Sassy -panggilan sayang untuk Seagate– 80 gigabytes. Sepanjang hidupnya, Sassy adalah seorang buddhis taat yang sangat percaya pada konsep reinkarnasi; itu sebabnya sampai saat ini gue masih menyimpannya terbungkus dengan rapih dan hangat, menunggu waktu tepat baginya untuk terlahir kembali lagi.

Fuu tidak seperti itu. Dia adalah cewek gothic punk yang tidak pernah mengalami masa-masa religius, bahkan cenderung sinis dengan seluruh ide akan keagamaan. Dia malah pernah sesumbar ingin mati di usia muda agar tidak perlu menyentuh usia dimana dia menjadi sosok yang non-produktif dan menyebalkan. Jadi apakah sekarang memang sudah waktunya untuk dia pergi, pikir saya saat itu.

Lima menit berlalu dengan entah berapa belas kali pompaan dan hembusan, tiba-tiba Fuu mengedipkan matanya. Lampu LED biru itu berkedip dan terdengar suara erangan di balik bodi casing besinya. Tidak lama kemudian muncul denyut nadinya di layar monitor komputer. Sangat lemah memang, beberapa kali salah satu dari partisinya menghilang dari radar. Saya tidak berani browsing apa-apa, hanya menunggu saja hingga Fuu terlihat cukup stabil untuk beroperasi.

Semua data masih aman, bisa diakses dengan baik. Tapi sepertinya Fuu ga punya waktu yang lama. Jadi karena ngga mau dapet kejutan yang ngga menyenangkan kaya itu lagi, gue langsung mutusin untuk cari pengganti. Setelah survei beberapa jam dan baca ulasan di sana sini, akhirnya pilihan jatuh pada Western Digital Passport Essential 250 gigabytes dari toko temen.

Ketika Widi datang sore menjelang malam tadi, Fuu sedang nyenyak tidur dan gue ga tega ngebangungin, jadi gue habisin menit-menit awal itu untuk mengenal sang hard disk baru lebih jauh.

Jadi, perkenalkan ini Widi…

Seperti terlihat pada foto-foto di atas, Widi adalah seseorang yang sangat modis, mungil, seksi dan berani. Selain itu, dia juga tergolong cerdas karena dapat berkomentar tentang kinerja KPU, hasil pilpres 2009 kemarin, serta melakukan sinkronisasi PC dengan mudah. Widi sama sekali bukan pribadi yang pemalu dan ia suka belajar banyak hal. Misalnya, ketika berkeliling kamar gue, matanya langsung tertancap pada makalah handout FAST Hypnosis Workshop. Dia sangat tertarik, terus nanya ini-itu seputar fenomena hipnotis.

Gue cuman bisa senyum, suruh dia baca info dan e-book-nya, lalu langsung ikut pelatihannya supaya ngerasain sendiri kegunaan hipnotis dalam hidup sehari-hari. Widi bilang iya bakalan ikut gelombang FAST Hypnosis berikutnya asal dikasih kesempatan untuk foto-foto di depan handout hipnotisme itu. Alhasil, jadilah galeri foto narsis di atas.

Setelah sesi foto-foto, gue ngebangunin Fuu dan ngenalin dia ke Widi. Di luar dugaan, Fuu bersikap sangat ramah dan bekerjasama dengan kehadiran Widi. Ngga ada sekalipun Fuu bertingkah atau menonaktifkan diri di sepanjang perkenalanannya dan selama proses perpindahan data. Benar apa kata orang, pengalaman near death experience selalu mengubah sikap dan persepsi akan kehidupan.

Sekarang semua data sudah ditransfer dengan baik, keadaaan aman dan terkendali. Fuu masih terus bertugas namun hanya sebagai pelengkap saja, sambil menghabiskan sisa-sisa waktu terakhirnya. Sepertinya kehadiran seorang sahabat seperti Widi membuatnya lebih tenang dan santai, apalagi ketika gue nguping mereka yang cekikikan ngegosip ria ketika saling ngoper file TXT surat jadoel dari partner gue dulu ketika masih kuliah

Dearest Lex,

Gue senang banget sepanjang liburan kita di Sukabumi, terutama sewaktu di area air terjun. Kejadian di sana cukup membuat gue menghilangkan keraguan mengenai loe di dalam hidup gue. Mau tahu komentar gue? Ternyata lo romantis banget yah…

Saat itu gue benar-benar merasa memiliki seorang kekasih yang begitu melindungi, walaupun sebenarnya dari awal dulu gue udah rasain. Gue cukup berimajinasi saat itu. Hmmmm, seandainya waktu bisa gue kendalikan, maka gue akan kontrol supaya apa yang gue rasain saat itu tidak berlalu dengan cepat. Lo benar-benar orang yang mengisi hidup gue dengan begitu kompleks.

Ingat waktu lo pegang tangan gue waktu masuk ke dalam air? Mau tau apa yang gue rasain? Kelembutan yang mengalir melalui tangan loe. Gue bisa ngerasain dengan jelas hati lo yang lembut banget. Gue benar-benar merasa aman dekat sama loe.

Lalu masih ingat waktu kita pulang dan lo selalu mengijinkan gue untuk tidur bersandar di dada… awalnya malu, tapi setelah beberapa waktu akhirnya gue tertidur juga dan waktu gue tersadar ternyata kepala gue udah bersandar dengan manisnya di dada loe. Gue merasa aman.

Terpesona,
CM

Hahaha, jaman lossy abis tuh, tapi kisahnya canggih.. karena cowok lossy kadang bisa hoki. 🙂

Duh, rasanya sedih sekali jika Fuu harus pergi nanti. Banyak banget kenangan dengannya sepanjang tiga tahun terakhir kemarin, dan gue yakin banget bakalan lebih banyak lagi petualangan lainnya dengan si Widi Merah. Gue tahu judul entri kali ini adalah Tips Trik Hard Disk External dan sampai detik ini belum ada satu pun tips dan trik begituan, alasannya adalah justru karena gue minta pengunjung dan pembaca yang saling berbagi ngasih informasinya.

Hence, undangan komentar kali ini adalah…

  • Gimana cara pakai dan maintenance hard disk portabel supaya lebih tahan lama?
  • Tips cara revive atau resusitasi hard disk yang mulai suka error ga ke-detect?
  • Pernah hoki sewaktu jaman lossy? Gimana kisah awal dan akhirnya…

Please, jangan pikirin permen Kis, nanti terhipnotis!


74 Responses to Tips Trik Hard Disk External

  1. 1. Gimana cara pakai dan maintenance hard disk portabel supaya lebih tahan lama?

    **Cukup gampang sih, amankan dari suhu ekstrem, goncangan keras dan magnet. Juga kalo bisa baru cabut setelah kompi yang dipake dimatikan, tapi ya ini terserah kita.

    Tips cara revive atau resusitasi hard disk yang mulai suka error ga ke-detect?

    **Masukin freezer, jangan lupa bungkus dulu pake kantong plastik tapi. Mungkin konyol, tapi ampuh gw coba :D. Secepatnya hidangkan saat masih dingin.
    **Dimiringin waktu headnya baca data, jurus lama dari psOne 😀

    3. Pernah hoki sewaktu jaman lossy? Gimana kisah awal dan akhirnya…

    **Ga pernah, soalnya gw udah baca milis Hitman sejak masih SMA 😀 dan ternyata JJ udah jadi bagian personal gw yang asli.

  2. dah lama ga mampir nih…
    1. Tips maintainance dari newbie,

    -. Hindari tempat2 magnetik krn piringan HDD ext kebanyakan juga sama dengan HDD biasa yaitu dengan cakram magnetik…. lain cerita kalo HDD ext nya berupa SSD (solid state disk).

    -. Kalau bisa di akses tiduran aja, membantu head (jarum pengakses HDD) untuk bekerja lebih mudah….

    -. Jgn terbanting2 (ya jelas ya kalo yg ini mah hehehe)

    2. Revive HDD di partisi ulang aja semua dengan low level format, dan dengan software akan di tandai mana2 aja yg bad sector (ini untuk kasus bad sector ya) kalo misal head sudah lemah ataupun ada masalah dari PCB, sebaiknya serahkan ke ahli aja untuk mencegah data rusak / kondisi HDD semakin parah

    3. Pertanyaan no 3 harus di jawab??? Hmmm di bagian forum buat member aja kali ya, Yg jelas HS itu mantep, penjelasan nya juga menarik, sayang saya belum sempat kumpul2 lagi ya sejak seminar.

    Salam,
    Reaper

  3. aku pernah masukin ext hard disk ke freezer. awalnya sih aku cuman pengen ndinginin bentar. gara2 ext ku tiba2 panas banget waktu aku pake bentar. takut ada apa2, aku masukin ke freezer bentar (rencananya). tapi malah kebablasan.

    T_T waktu aku kluarin… ext ku… terlihat berembun. aku takut ngak bisa nyala dan dalamnya basah karena embun. trs… bodohnya… aku karena kalut, aku lgsg coba colokin ke laptopku.

    Untungnya… masih bisa jalan. semua ngak ada yg rusak. tapi entah kenapa… ngak tau berapa lama kemudian, aku baru nyadar ada beberapa data yang hilang.

    T_T sedihnya…

  4. gue waktu lossy.,,pernah hoki dounk!
    gue mpe dikejar-kejar cwe dah.tp gx bs ngapa2in.alna ngarep gt.gue jd kliatan dungu.,.,…..shit….tp
    gue jg bangga dikejar kejar cwe..hehehehe

  5. Lex uda setres…
    Kebanyakan kerjaan,eh pegangan jiwanya anvaal…

    jadi aja dia bikin entry begini…

    Btw, speaking of Gothic Chick, google my nickname to see one of the hottest (comic) gothic chick in existence…

  6. hahaha, widi cakep ya lex…

    mau ah…

    btw, pas zaman lossy dulu gue juga pernah beruntung, milikin cewek vitamin 8,5 trus sempet “…..” juga, tapi gue di 3in sama tuh cewek. beruntungkah itu?

  7. basicly, ext HDD dibuat untuk memback-up data.. so, pastikan MASTER data loe “duduk manis” di tempat lain. meskipun para vendor HDD mengklaim bahwa product mereka tahan goncangan, tapi sama halnya seperti tidak ada yg tahu kapan sebuah bajaj belok dan berhenti, yang pasti cuma Tuhan dan supir bajajnya sndiri yang tau (karena rata2 hampir semua bajaj gak pake lampu rem dan lampu sign) begitu pulalah umur si HDD, cuma Tuhan dan si HDD itu sendirilah yg tau kapan tuh HDD ” wafat ” siapapun nama tuh HDD loe 😀

    bukan supir bajaj,

    so, cm bisa kasi saran: play save, simpen data loe juga ditempat laen.

  8. kita menggunakan produk yang sama bro
    Western Digital Passport Essential 250 gigabytes sampe sekarang gak pernah ada masalah cuma kalo bisa jauhkan dari medan elektromagnetik.. thanks for the review bro

  9. Mas Lex, kalau hard disk hampir error biasanya suka bunyi trettt2 gitu kan?
    Mungkin sebaiknya anda beri program tune up (seperti tune up utilities 2008/2009) pada komputer anda, supaya tingkat error pada hard disk bisa diminimalisir.

    Mengenai hoki pada masa lossy saya hanya pernah sekali kissing ma salah satu mantan, setelah itu diputusin ma dia. Habis dulu juga belum di tune up sih, jadi ya “hard disk” saya waktu itu juga masih error… ;p

  10. Wah… Kunjungan pertama neh..
    Buat si Widi, beliin bajunya aja biar ga kedinginan n mengurangi benturan.. Jgn pernah make ext HD kalo ga yakin tegangan lstrik kompi stabil, biar tegangan jntung si Widi bisa tahan lama..

  11. Wah seru banget, lex pandai bercerita yah..ada Sassy, Fuu sama Widi kirain beneran orang.
    sukses terus HS, (I don’t see afis in this post)

  12. {saya pernah lossy hoki waktu sma dulu} {jadi ceritanya si cewek adalah anggota palang merah remaja yang biasa bertugas jaga barisan sewaktu upacara} {suatu ketika saya sedang pusing karena bergadang, lalu istirahat di ruang kelas ditemani oleh dia dan beberapa temannya}

    {dari awal yang tidak sengaja itu, akhirnya jadi dekat dan sempat jadian tiga minggu} {putusnya karena dia dapat cowok lain yang lebih keren dan kenalannya karena insiden sakit di upacara juga}

  13. haqhaqhaq…persis deh seperti yg pernah saya lakukan ama barang2 elektronik ketika barang itu ngambek alias ngadat. bisa di bilang agak ampuh juga sih cara tradisional kayak gitu. di ketok2, dibanting pelan eh bisa idup lagi tuh barang hehe….

  14. Lex,
    Tips nya dinyalain, trus lo miringin dikit.. ampe 45 drajat. itu pernah juga HDD temen gue error. pas di miringin, entah napa.. muter lagi tuh piringan magnetic didalem.

  15. lex Said: Pernah hoki sewaktu jaman lossy?

    heuheu pernah bro…..

    7 kali pacaran
    dari 7 kali pacaran cuma 1 kali gua nembak
    dari 7 kali pacaran cuma 1 kali gua tinggalin tuh cewe (sisanya ninggalin gua wakakaka)

    right now? don`t do this @home..heuheu

Leave a Reply