Iron Man vs Rusted Metal Wire Woman

noorsyaidah kawat perut iron man Ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk komplain dan khotbah Conqueror yang justru membuktikan kalau blog HS selama ini melakukan tujuannya dengan baik persis seperti tertulis di entry pertama dahulu. Thanks a lot, bro, karena mulai sekarang ini gue, Kei, dan Jet semakin terpacu untuk bicarain topik yang OOT melenceng dari Hitman System, sebisa mungkin jauh dari seputar area romansa. Dengan begitu, nanti akan semakin terlihat juga mana fans dan pembaca yang benar-benar cerdas bin serius untuk ngembangin diri, bukannya rewel pusingin soal cewek melulu kayak bocah ingusan. Mantap, ‘kan?

So akhirnya skarang gue ngga kuat lagi. Gue udah setengah mati nahan diri berusaha ngga komentar apapun semenjak pertama kali denger tentang kisah heboh terbaru dari Kalimantan, Ibu Noorsyaidah sang Manusia Kawat. Buat yang belum tau sama sekali, silakan googling nama “Ibu Noorsyaidah” dan “Manusia Kawat” untuk dapetin berjibun link perkembangan beritanya yang makin lama makin menyedihkan.

Yang gue maksud menyedihkan bukan karena kasihan melihat penyakit naas yang menimpa perempuan berusia 40 tahun itu. Yang menyedihkan justru karena melihat sikap, respon, dan analisa sementara dari segenap pemberitaan dan para pihak yang terlibat dalam kisah fantastis itu.

Ulah sihir gelap, santet dan para paranormal jahat? Perlu langkah-langkah penyembuhan dengan ritual metafisik dan non medis? Oh please, grow up, you Indonesian!

Yang Ibu Noorsyaidah perlukan adalah tim kriminolog dan ahli jiwa untuk menangani kasusnya karena sampai saat ini gue sangat yakin Kisah Sang Manusia Kawat tidak lebih dari atraksi debus yang tidak teranalisa dengan baik, ditambah lagi komplikasi kesimpangsiuran berita dan bumbu-bumbu bodoh lainnya seperti yang baru-baru ini terjadi dengan kisah lagu Gaby.

Berikut adalah beberapa analisis gue atas Kisah Sang Manusia Kawat.

Kawat-kawat besi yang tertancap di tubuh Ibu Noorsyaidah dilakukan oleh dirinya sendiri, atau mungkin dibantu oleh anggota keluarganya. Bodoh dan sakit, tentunya, tapi manusia bersedia melakukan apa saja demi perhatian dan segenggam ketenaran. Atau ada beberapa motif lainnya yang mungkin juga terhubung, misalnya Ibu Noorsyaidah dibohongi oleh seseorang bahwa tindakan seperti itu adalah sejenis ritual atau kaul demi mendapatkan sesuatu.

Gue sampai pada kesimpulan ini karena (a) kawat-kawat itu tertancap di daerah yang sangat mudah diraih, (b) berada di daerah perut yang notabene tidak fatal, gue cuman nemu satu foto yang nunjukin ada kawat di daerah dada, dan (c) semua kawat tersebut ada yang runcing pada satu ujung, ada juga yang runcing pada kedua ujungnya, seolah-olah memang cocok untuk di… ehm, tancapkan. Hmmm, kebetulan-kebetulan yang luar biasa.

Semua media terus-menerus menggunakan kalimat, “kawat-kawat yang tumbuh di sekitar perut…” walaupun tidak ada satu pun yang bisa memberikan dokumentasi kuat kawat itu benar-benar hidup dan tumbuh. Kata ‘tertancap’ jauh lebih tepat dipakai di sana, tapi semua orang terus mengumandangkan kata ‘tumbuh’ yang keterlaluan bodohnya karena anak kecil pun tahu besi itu benda mati! Pers lebih bodoh dari anak kecil, fakta yang menyenangkan.

Mengutip dari Kompas, “Kakak kandung Noor, Hj Siti Robiah, menceritakan, penah juga menyaksikan langsung operasi yang dilakukan oleh empat orang dokter spesialis bedah terhadap adiknya itu. Para dokter tersebut bahkan terpaksa menggunakan besi berani (magnet) agar kawat bisa ditemukan dalam tubuh Noor,” itu adalah pernyataan berita paling kocak yang pernah gue baca!

Pertama, dokter mengaplikasikan magnet untuk membantu menemukan kawat di dalam perut? Gue bukan dokter, tapi yang jelas cerita itu terdengar terlalu lucu untuk dipercaya. Ya ya ya, sama menggelikannya dengan orang-orang yang selalu menganggap atraksi terbang David Copperfield, David Blaine, Criss Angel dan pesulap lainnya berhubungan dengan penggunaan magnet yang besar. Kedua, empat orang dokter spesialis bedah sudah mengoperasi Ibu Noorsyaidah itu pasti berasal dari luar planet bumi dan menggunakan teknologi Kripton karena dari semua foto yang beredar sampai detik ini kita ngga banyak melihat tanda-tanda bekas operasi pada tubuh Sang Manusia Kawat!

Ditambah lagi, mana pernyataan validasi resmi dari empat dokter spesialis yang pernah membedah itu? Fenomena seperti itu tentunya tidak akan terlewatkan begitu saja dari catatan jurnal medis, mengapa media tidak pernah mengungkit masalah itu? Sudah puluhan operasi lho, kata sang Ibu yang semakin bersinar tenar ini. Luar biasa.

Masih dari Kompas, “Namun, nasib baik tetap tidak berpihak kepada perempuan berusia 40 tahun ini karena setelah kawat dicabut dari tubuhnya, beberapa hari kemudian bermunculan lagi. Untuk mengeluarkan kawat tersebut memang tidak mudah karena kawat sangat melekat erat di badannya. Noor bercerita, pernah suatu saat ia dibantu kakak kandungnya mencoba untuk mencabutnya sendiri, tetapi yang terjadi justru kawat tersebut masuk ke dalam tubuhnya dan beberapa saat kemudian muncul kembali di bagian badannya yang lain.” Kalau sudah mengalami penyakit selama 17 tahun, maka ketika kawat-kawat putus dengan sendirinya ataupun dicabut oleh pihak lain, tentu akan meninggalkan bekas. Berdasarkan foto-foto yang beredar, mana bekasnya? Lalu setelah dicabut, akan muncul di bagian badannya yang lain? Bagian mana, wong yang muncul cuman seputar perut saja.

Tujuh belas tahun kulit perut ditembus kawat, pasti bentuk permukaan kulitnya sudah hancur berantakan dong. Lalu kenapa semua fotonya menunjukkan kulit yang masih relatif halus dan bersinar?

Kejanggalan lainnya dari Surya: “Seringkali kawat-kawat itu lepas sendiri dari tubuhnya. Seingat Noor, dalam 7 bulan terakhir ini, sudah lebih 100 batang kawat yang lepas sendiri.” Kenapa di banyak wawancara lainnya beliau mengaku dalam 6 bulan belakangan kawat yang muncul di perutnya bertingkah aneh karena tidak mau lepas seperti tahun-tahun sebelumnya?

Yang lebih lucunya lagi adalah pemberitaan dari Suara Merdeka: “Ancaman? Ya, beberapa dokter yang hendak mengoperasi Syaidah selalu ditemui dua orang asing yang mengancam jika operasi tetap dilakukan. Parahnya lagi, terkait atau tidak, ada dokter yang meninggal dunia beberapa hari sebelum mengoperasinya.” Ahahahaha, this is just too hillarious, can’t comment more… lol!

Like I said before, Ibu Noorsyaidah tidak perlu dirawat oleh tim dokter medis apapun selain untuk mengeluarkan kawat-kawat yang telah ditancapkan ke dalam kulit tubuhnya itu. Setelah luka-luka sembuh, beliau perlu segera dialihkan kepada koordinasi kriminolog, psikolog dan psikiater yang udah pasti bisa menggali cerita yang sebenarnya.

Kalau media dan pihak terkait memang benar-benar berminat untuk membantu dan mengusut kasus ini dengan tuntas, seharusnya ngga perlu waktu lama bagi mereka untuk masukin Ibu Noorsyaidah ke ruangan yang dijaga oleh beberapa kamera super detil selama 24 jam penuh untuk mendokumentasikan apakah klaim beliau tentang pertumbuhan kawat itu benar-benar terjadi atau sekedar dongeng publik saja.

Gue yakin sebenarnya tim dokter Indonesia tidak sebodoh itu untuk menganggap penyakit Manusia Kawat ini benar-benar terjadi seperti yang diklaim oleh Ibu Noorsyaidah. Mereka cuman banyak dapat tekanan dari pers dan organisasi lainnya untuk mengeluarkan respon-respon menggelikan seperti yang terjadi selama ini. Ditambah lagi dengan kultur masyarakat Indonesia yang masih suka mempercayai (baca: membodohi diri sendiri) dengan unsur-unsur magis.

Ah, tapi jujur saja, drama Kisah Sang Manusia Kawat adalah sebuah dagelan yang menarik, tepat sekali untuk memancing perhatian dari masyarakat dunia, mendongkrak kembali semangat Visit Indonesia 2008 yang mungkin meredup di sepanjang tahun ini, mengalihkan perhatian sejenak dari isu-isu panas domestik, serta upaya yang tepat untuk menakut-nakuti Amerika agar berpikir dua kali sebelum mengirim Iron Man menjajah Indonesia.

Tony Stark langsung nyaris mati kena pecahan bom logam yang menancap di dadanya, Ibu Noorsyaidah hidup 17 tahun berternak puluhan kawat karatan yang hidup menari-nari di dalam perutnya!


51 Responses to Iron Man vs Rusted Metal Wire Woman

  1. Pingback: Romantic Renaissance » Blog Archive » Pengunjung dengan keywords aneh

  2. Secara analisis lo ada benarnya Bro.. tapi di dalam dunia ini selain logika,ilmiah, ato pengunkapan fakta dengan mengunakan teknologi canggihpun kita juga tidak bisa melupakan sesuatu yang gaib.. di dalam Islam kita menyakini yang gaib, kalo lo ngak yakin bearti lo menyangsikan adanya setan,jin, malaikat ataupun tuhan sekalipun.. menarik memang berita tentang manusia kawat tsb.. tapi sebagai orang yang beriman itu bisa saja terjadi karna ada saja orang yang hatinya telah bersekutu dengan jin ataupun Syetan.. intinya ada orang yang sakit hati melampiaskan sakit hatinya dengan mengunakan jasa paranormal yang telah bersekutu dengan jin…

    Oke saya kasi contoh yang menurut logika lo masuk.. Manusia memiliki Raga dan Jiwa.. terkadang Raganya tidak sejalan dengan Jiwanya contohnya saya walaupun saya terlahir sebagai laki laki namun jiwa saya adalah Wanita.. selama 25 tahun saya bertanya siapa saya.. walau telah banyak artikel artikel yang menjelaskan keberadaan jiwa yang terperangkap pada tubuh yang salah namun tetap saja tidak ada yang bisa di jawab secara logika..

    Sekarang pertanyaan saya kepada anda bisa tidak anda menjelaskan ini secara logika, dan satu pertanyaan lagi anda kenapa anda ada.. bagaimana cara pembuatan anda..silahkan jawab sendiri.. memang dunia ini banyak pertanyaan yang membingungkan tapi semua jawabnya adalah bagaimana anda menyikapi semua pertanyaan tadi.. dan sebagai manusia biasa yang memiliki keterbatasan dan kekurangan seyogyanya kita menyikapi dengan bijaksana semua yang terjadi dimuka bumi, tapi aku juga salut dengan analisisnya kamu bro…

  3. I m so surprise and happy, ternyata ada juga orang yang logis dan kaga mistik minded di Indonesia. Gitu dong kalo mau jadi the winner, yang suka lari ke gaib hanyalah the looser,looser and looser. Ingat ancaman santet buat Bush? lagu orang kalah bo,hehehe……..

  4. Life, all life,
    is about asking questions.
    not about knowing answers.

    It is wanting to see what’s over
    the next hill that keeps us all going.

    We have to keep asking questions.
    wanting to understand.

    Even when we know
    we’ll never find the answers.

    we have to keep on
    asking the questions.

  5. @munch-munch

    bneran tuh?? dmana?? istrinya sapa??

    bneran lu liat sndiri?? liat yg mna?? adegan selingkuhnya?? huekekekekekekekk…

    wartawan-infotemen,
    Fab Cavalino

  6. Wuahhh… ngeriii…

    the truth is out there…

    tp gw nyoba bk mata klo mang d indonesia hal2 gt mang masi ada… bukannya syirik, but te2p waspada aj okeh…

    gw mw ngasih crita.. gw pny tmen yg kakaknya (cowok) dicurigai dipelet gt (dbuat ksengsem ma pacarnya).. mpe rela habis duit banyak bwat tuh ceweknya.. emang sih, dah maw k jenjang pnikahan, but masa sgitunya si… makany tmen gw mpe curiga..

    gw mpe ngeri n merinding… duh jgn sampe deh kepelet cwe..

    gw ma tmen2 glossy gw mpe bkin kesepakatan… klo sampe ad salah 1 anggota qt btindak tlalu jauh dan d luar batas sehat dan akal cowok, bakal nembak kaki tuh cowok… dsadarkan dari hal2 lossy!! saling ngingetin!! gettooo!!!

  7. Wew, pandangan yang skeptis kalo dilihat dari kebanyakan penduduk Indonesia yang masih lugu2x.

    Tapi kita memang perlu skeptisme agar sesuatu pandangan bisa lebih berimbang dan tidak menjadi chauvanistic.

    Hanya hati2x saja, skeptisme di Indonesia biasanya sering dihadapi oleh oposisi dengan pemikiran pendek.

  8. ORANG SAKIT ADA YANG PERGI KE DUKUN

    TAPI KALAU DUKUN SAKIT PERGI KE DOKTER

    ORANG MINTA NOMER KE DUKUN TAPI DUKUN NYA TETEP

    KERE ALIAS MISKIN

    TANYA KENAPA?

    Dikutip dari mantan dukun terkenal PDT Daud tonny

  9. tuk mjwb prtanyaan mbak tika
    @tika

    Kenapa gak ada dukun santet/teluh/pelet yang jutawan?
    – kijoko bodo(salah satu parnom yg jutawan)
    pernah liat rmhnya(MTV rumah gw)

    Kenapa Donald Trump bisa kaya raya tanpa menyantet sesama orang kaya?
    – donal trup pke otak buat kaya, krn die started from basic, not get the short way(maen dukun),
    jadi masuk akal die g tau soal santet menyantet..

    Kenapa gak pernah denger dukun santet/teluh/pelet yang bergelar sarjana?
    -mereka gelarnya bukan gelar umum mbak,, tapi tingkatan mnurut ilmu mrk masing2

    Kenapa sinetron bertema religius di Indonesia menampilkan dukun-dukun sebagai antagonis?
    -krn dukun itu pake ilmu sesat, bekerjasama ma setan, iblis. “nyembah setan”

    kenapa oh kenapa?
    yah bgitu ajah,,

    duh masih banyak pertanyaan Ò€¦
    apa donk..!!

    masalah org bule, klo dunia barat tdk mpcayai hal2 bginian, gw mau tanya soal ilmu “Voodo”?

    dan knp org barat sring mmbuat film horor?

    that’s it
    kurang puas..
    nonton ‘4 Mata’ aja, ntar pasti Puas.. Puas..
    afis vamos al grano

  10. hmmm… entah benar ato tidak… pertama kali liat beritanya keknya emang rada gimanaaa gitu… kalo aku siy liatnya kawat itu barang mati… dia tidak berakar ataupun mempunyai daya hidup… bagaimana dia bisa tumbuh sendiri? bandingkan dengan rambut dan kuku… mereka punya sel2 hidup… rambutpun punya akar…

    tapi yahhh… kebenaran pastilah terungkap πŸ™‚

  11. hehehe bener juga ya. Sebetulnya hal2x kyk gitu itu kebanyakan hanya kita terima mentah2x beritanya. Abis gimana lagi, berita itu keluarnya di harian nasional. Mau percaya koq agak aneh, mau ga percaya lha koq sampe jadi menasional. Tp gpp, wong SBY aja bisa ketipu krn kasus blue energy.

    Tp kalo misalkan bener ya wallahu’alam. Tuhan maha tahu.

    thx ya uda visit πŸ™‚

  12. Kalau masalah Ibu noorsyaidah ini berita-nya tidak pernah sampai di media luar negeri, berbeda dengan berita tentang Dede si manusia Akar/pohon yang dokter nya didatengkan langsung dari luar negeri. Kalau percaya silakan anda google noorsyaidah di bagian News-nya. Tidak akan keluar apa2. Ini yang membuat saya dari awal ragu kalau hal ini dibuat2 untuk hiburan aneh lokal

  13. gw setuju yg lex blg.sepertinya indonesia ni makin kacau aja.pers yg suka berbohong tentang berita lagu gaby “konyol”yg bs jd terkenal, kawat syaidah yg “ajaib”, dan nomor telepon merah yg “berhadiah”.belum lagi sinetron2 yg msh berbau cinta ABG, hantu “jeruk nipis”, dan silat2.

  14. Cuci otak…huahahaha semua tlah di cuci otaknya ma lex and media masa…wah bener2 dah orng indo gak bsa menganalisa and bikin opini masing2 ya?..sukanya nurut aja ma orng lain…mental inlander masih meraja lela dalam diri manusia indonesia..hargain dung perbedaan opini masing2 individu yg ada..jgan gampang percaya ma berita dikoran and opini orang..

  15. lagi pula ngapain mau tenar nunggu 17 tahun? ga ada kerjaan apa, kita harus percaya dengan yang ghaib juga, seperti adanya Allah menciptakan jin dan manusia. Kasihan ibu Noor,kok malah dianggap mencari ketenaran.

  16. Sihir itu emang ada buddy, tapi itu hanyalah sistem,taktik or siasat yang dah diramu dan dikaji oleh our most valuable villain, Syaiton. Buat nguji kita yang terombang ambng ini, apakah kita akan percaya n meyakini bahwa dengan jalan yang gak direstui oleh Allah tu adlah benar n baik?(eh kebaikan tu belum tentu benar loh, dukun AS nyatain klo bunuh wanita2 itu baik,coz kekuatannya bisa nambah,)atau kita tetap berjalan di arah yang benar?dan apakah, percaya bahwa, misalnya,batu cincin bisa ngasih berkah atas izin Allah alih-alih gak langsung nyembah kepada Yang menciptakan batu tu?Syaiton tu makhluk canggih dengan intelejensi tinggi,manusia gak mampu mempertahankan diri, so yang kudu kita lakuin yaitu, nemuin super weapon yang pas untuk menggebuk those bad guys!that’s our religion, Islam

  17. Pertanyaan yg sama terLintas sejenis sama Tika.. Yup, kalo kita ngomongin Mistis mah egk bakaL ada abisnya, SAMA seperti kaLo kita ngomongin Logika dari ke-mistisan tsebut ^^

    Yah, kita sebagai orang yg berpenghasiLan Lebih dri 1 Dollar/hari (incLuding uang jajan) cobaLah buat Lebih kritis dalam pengoLahan informasi.. Meskipun pada praktek nya gw adaLah Penyihir. Aahahahahahahaha!

  18. biasanya kalau orang-orang kampung tuh ya, ada hal atau kejanggalan aneh dikit dah dibilang ‘black magic’, santet, atau apalah’ parah-parah…

  19. hmm…anda kayaknya lebih parah dari orang2 yang anda tuduh.
    1. Anda langsung mengambil analisa dari koran2 per bagian dan langsung dibandingkan,men kalau mau lebih ilmiah lagi..tuh orangnya masih idup..datengin,teliti(kalo perlu loe bawa dokter kepercayaan loe),test lab,x ray,dst..baru dari situ loe punya data yang cukup untuk membuat penilaian awal…gak kayak gini baru baca di koran aja dah langsung nuduh2…kalo anda tidak bisa/tidak mampu berbuat itu lebih baik anda diam saja atau mendoakan agar ibu itu diberi jalan yang terbaik..

  20. @cheppy

    gw baru tauk, definisi atheis itu skr sudah meluas yah? gak percaya debus, manusia kawat n dst itu termasuk dalam definisi atheis? gw kayaknya mesti beli kamus baru..

    dan…

    seinget gw arti kata “kafir” itu non-muslim atau sang pendusta. banyak juga muslim yg skeptik ama hal2 gituan (that kawat woman)

    berapa sering si elo belajar qur-an? saatnya elo belajar (LEBIH BANYAK) lagi.

    mending kasi komentar OOT deh cepsay, do not degrade yourself πŸ™‚

  21. Alkisah seorang gadis kecil berumur 3 tahun yg masih lugu memungut sebutir biji nangka, entah karna penasaran dng rasanya atau lagi lapar dia kemudian menelan biji itu, ternyata biji tadi tersangkut ditenggorokannya. karna panik dia lalu mengambil apapun benda yg ada disekitarnya, karna yg ada disebelahnya hanya sikat kawat jadi dia masukan sikat itu dengan maksud mengeluarkan biji. tapi ternyata malah sikatnya ikut masuk.
    Dan terjadilah kawin silang antara sikat kawat dan biji nangka..

  22. wah.. masalah ini udah menyangkut kepercayaan nih, klo didaerah gw hal2 yg aneh seperti ini cukup sering terjadi. jadi gw udah biasa liat yg kaya gini,
    secara ibu itu rumahnya sekitar 500 meter dari rumah gw..

    loe harus liat langsung lex.. ya itung2 loe ke Samarinda skalian ngadaain workshop disini..

    he.. he..

  23. terlintas ga in your mind : kawat yg ada di dlm tubuh nya tu berpindah2? coz udah di USG juga di RS Kutai? penjelasan logic-nya apa?

    Gw ga tau agamamu apa, namun dalam Al Quran juga ada ahli sihir, Kamu percaya debus.. kamu percaya makhluk halus?? Jin dan setan?

    Kl ga pecaya artinya kamu orang Ateis atau org islam bilang kafir.

  24. Nah begini donk, ilmunya dibagi-bagi. Minimal kalo diposting di inet begini, kan pas wartawan pada googling pas cari berita soal si ibu kawatan ini, bisa ada analisa pembanding..

    semoga tulisan ini bisa dikutip di macam2 surat kabar.

  25. @everyone,

    Gw suka heran, bule-bule yang tinggal di Indonesia yg gw kenal gak pernah liat hantu atau diganggu hantu di rumah-rumah yg kata orang Indo ada hantunya, gak pernah liat bule ikutan di program supranatural di TV dulu macam Uji Nyali dan sejenisnya (yg ada bule di program tv yang konyol dan cheesy), gak pernah denger bule kena santet/teluh/pelet meskipun dia bikin cewe-cewe Indo menderita lahir batin (bagaimana bisa menderita kalau anak-anak mix-breed gedenya nanti jadi bintang sinetron atau celeb terkenal di Indonesia? Investasi, bow πŸ™‚ ), gak pernah denger bule-bule ketemu “leak” di Bali atau hantu korban tsunami dan korban konflik di Aceh dsb …

    Kalau ada cerita bule liat yang aneh-aneh biasanya habis minum-minum πŸ˜€

    Kenapa cerita-cerita macam gini banyak muncul di negaraku yang gemah ripah loh jinawi dari orang-orang Indonesia?

    Kenapa santet/teluh/pelet/dan sejenisnya lebih banyak menimpa orang-orang Indonesia yang mungkin penghasilannya gak sampai satu dollar sehari?

    Kenapa gak ada orang yang berniat menyantet para koruptor yang duitnya berkoper-koper? Atau nyantet Osama bin Laden, atau yang deketan, Mas Selamet Kasturi πŸ™‚ ? Kan itung-itung bantu Polri atau Interpol ya? apakah berarti orang2 yang low income yang tinggal di desa itu jahat-jahat, tidak beriman dan bodoh makanya gampang aja jadi korban tindak kejahatan supranatural? BTW, kalau dukun santetnya ketangkep nanti diancam dengan pasal berapa ya?

    Kenapa gak ada dukun santet/teluh/pelet yang jutawan?

    Kenapa Donald Trump bisa kaya raya tanpa menyantet sesama orang kaya?

    Kenapa gak pernah denger dukun santet/teluh/pelet yang bergelar sarjana?

    Kenapa sinetron bertema religius di Indonesia menampilkan dukun-dukun sebagai antagonis?

    kenapa oh kenapa?

    duh masih banyak pertanyaan …

    πŸ™‚

  26. @Lex,
    We really should start Hoaxman System!

    @Bani,
    Dan maksud anda adalah?
    btw, You have nice blog. Seriously fun man!!

    @afis,
    We will be very extra careful …

  27. Gw orang kalimantan. Di daerah gw emang banyak cerita2 tentang hal-hal yang berbau mistis. Mulai dari ajian kebal sajam sampe ajian buat dapetin cewek. Bahkan gw pernah sampe ditawarin sama seseorang yang ngakunya dukun, yang gw kenal (gak sengaja) di jalan. Gw sih gak terlalu percaya sama hal2 gituan. Jadi gw cuek aja.
    Yah, klo masalah si Manusia Kawat sih, analisis Lex ada benarnya juga. Mungkin sesuai dengan artikel HS yang berjudul Fungsi Demonstrasi Power (ha ha, lol).

  28. sihir, pelet, santet, gundam dan sejenisnya itu ada..

    tapi masih byk yg meragukan(skeptis) dengan hal2 tersebut.. krn kebanyakn org2 yang Logis, tdk akan mempercayainya sblm mengalaminya sendiri.. mrk lbh mengutamakn bukti2 nyata yg dilihat dan dirasakn sendiri barulah mrk prcaya.

    contoh kecil: rasa sakit.. tdk ada pakar ilmuwan manapun mampu mnpnyai ukurn/alat ukur tuk rasa sakit, mampu mengambar rasa sakit, & mnganalisa’y.. tp mrka prcaya setelah mrasakn sndiri.

    klo msh g prcaya saya ajak Lex ke sukabumi.. qt lihat hasilnya..
    trkena mantra ce sukabumi,
    u will be NGAREP TO HER all the Time..

    care full to all
    keep nice
    afis vamos al grano

  29. Keraguan Anda yang tercermin dalam tulisan di atas wajar, bagus dan benar. Tetapi pernahkah Anda bayangkan bahwa keraguan itu juga dimiliki siapapun yang menyimak kasus Noorsyaidah?
    Ketika kemudian sejumlah orang datang dan melihat secara langsung (umum, wartawan, polisi, intel,paranormal, dll), pasti akan muncul pula pandangan berbeda.Mereka lalu bersikap sesuai dengan kapasitas yang dimiliki.Dokter memeriksanya,masyarakat mendoakan, paranormal melakukan investigasi supranatural, wartawan menulis dan terus di update setiap saat,dan Anda bersikap skeptik. Sedangkan intelijen, sudah pasti berada lebih dekat dari mereka semua.

  30. hehehe..^^ dasar lex emank dasar skeptik tuh anak..

    but ada bener’y juga tuh dri semua fakta2nya emank ga masuk akal sehh..

    tapi di daerah g ada fakta n g bukan sekedar percaya tapi mengetahui klo ad tetanga g yang kena santet..and then di dalem perutnya banyak paku n dia langsut maot tuh!!

    tapi kok yang stu nih ga maot2 yah?? malah jadi terkenal lagi..hehehehe…

Leave a Reply