Ahem ahem

Berhubung gak ada yang update and gw lagi ada waktu kosong, so gue isi deh. Kali ini mau ngejawab langsung seorang cowo or cewe, (sepertinya sih cowo) yang dengan pengecutnya mengirimkan email ini ke Hitman System. Well, actually lebih ditujukan ke gw sih kalau diliat dari emailnya.

“Gile.. Is Jet orgnya matre and Mata cw amat.. Apa2 pic.. Tulus Ga sih ngajarinnya? Hmm.. Ato jgn2.. Mo nyari cw ye? Knp? Kan yg ngajarinn.. Kok nyari cw d sini?? “

Kenapa pengecut? Karena satu, dia tidak memberikan email aslinya, nomor telepon aslinya dan tentu saja nama aslinya. So, biasanya sih males ngejawab, but daripada webnya kosong, here my response.

Yap gw super matre karena gw menolak untuk bayarin cewe yang selama ini terlalu sering dibayarin cowo-cowo seperti elo. And gw mata cw banget (apapun itu artinya).. LoL

Gw juga gak tulus ngajarin apapun itu ke orang yang gak mau usaha mencari tahu brapa banyak artikel free yang udah ditulis kita bertiga, and yap gw juga cari cewe dari internet, karena kalau di dunia nyata gw itu sangat pemalu buat kenalan sama cewe, makanya mendingan gw kirim email minta pic and nungguin mereka respon.

Selesai, there my ‘true’ confession 🙂

Email tolol sebaiknya dibalas dengan reply tolol.

Huaemm.. anyway, let me share you some secret. Line yang sering gw gunakan untuk ngebales email dari cewe-cewe itu sebenernya bisa dipakai juga in real. But kalo kamu cukup pintar or cukup cepat menganalisa. Udah ah itu aja..

Gw mau mengeluh lagi, guys before you decide to send us a question, pleaseee, I beg you, please write it dengan smart. And don’t use kata-kata singkatan gak jelas kayak ‘Aq’ or apapun itu karena email itu mencerminkan siapa kamu sebenarnya. Either seorang cowo yang butuh solusi or seorang anak kecil yang centil dan malas.

Hidup Mata Cewe! (apaan sih artinya, hahaha..)


144 Responses to Ahem ahem

  1. Good morning, lads!

    Berbicara tentang kejujuran, reaksi pertama yang saya berikan ketika membaca kata-kata tersebut keluar dari salah seorang sister seperjuangan, cuma bisa tertawa.
    Tertawa merasa geli terasa sampai di perut, tapi juga sekaligus merasa miris bahwa saya masih belum bisa banyak membantu perubahan pola pemikiran di luar sana.

    Kemarin saya sempat menonton “Naked Science” di salah satu stasiun televisi yang mengeksplorasi pengertian seksi. Di dalamnya dibedah satu persatu mengenai pemahaman dari dua sisi, kalau menurut cowok seksi itu mudah saja – ya dari sisi visual memang cewek yang dia lihat memiliki curves (lekukan tubuh) yang memenuhi instingnya (secara genetika sehat dan subur) untuk meneruskan gen dan melahirkan anak-anaknya dengan sehat.
    Sementara, kalau dari sisi cewek, kita lebih cenderung untuk menilai mampu atau tidaknya si cowok menjadi penerus gen kita dan menjaga kelangsungan hidup keluarga melalui kepribadiannya. Ini mungkin salah satu alasan mengapa Rumini memasukkan kejujuran sebagai salah satu unsur mendasar sebuah hubungan jangka panjang.

    Rumini, baru saja kemarin juga Lex bertanya kepada saya, kenapa sih cewek itu begitu rumit? Apakah memang kita terlahir demikian, atau karena kita terbiasa dididik, dibesarkan untuk menjadi rumit.

    Lalu saya menjawab kemungkinan yang ada adalah bisa jadi memang kita sebagai cewek dengan sifat alaminya yang ingin melindungi sudah dari sananya terlalu banyak pertimbangan, sulit mempercayai apa yang kita dapatkan, terlalu banyak berpikir bahwa kita pintar (atau berusaha terlalu keras terlihat pintar seperti yang saya lakukan saat ini hehe.)

    Selain berakar dari sifat bawaannya tadi itu, ditambah juga dari tekanan-tekanan lain yang kita para perempuan dapatkan.
    Bisa dari didikan orang tua bahwa cewek itu harus nerimo, harus lemat lembut, waktu kecil anak cewek ya mainnya boneka, cewek baik-baik itu ga merokok.
    Bisa dari tradisi patrialkal yang begitu biadab, yang membuat kita selalu menjadi warganegara kedua, di mana pendapat kita, suara kita sebagai perempuan dianggap tidak sedominan para pria. Di mana para lelaki bisa seenaknya saja melakukan poligami, kekerasan dalam rumah tangga tapi masih dipandang sebagai kebenaran oleh masyarakat sekitar.
    Yang paling besar dan paling parah pengaruhnya adalah tentu dari media yang sedemikian rupa berhasil membentuk sudut pandang di masyarakat bahwa kecantikan yang sebenarnya begitu subjektif berlaku pada setiap orang, menjadi sesuatu yang ada patokannya. Bodoh sekali bukan bahwa perempuan yang cantik itu harus memenuhi kriteria: tinggi, putih, langsing, berambut hitam panjang. Maka jadilah kita menjadi korban, bukan korban pancingan para lelaki buaya, tapi termakan oleh mitos-mitos yang ironisnya dibuat orang lain untuk mengekang kebebasan hak asasi perempuan yang sama manusianya seperti laki-laki.

    Dari pertimbangan-pertimbangan di atas maka menurut saya rasanya sedikit tidak adil bukan bahwa kata-kata mengenai kejujuran itu datangnya dari seorang perempuan karena sepanjang hidup sebagai perempuan, saya bertanya-tanya masih adakah kejujuran itu sendiri ketika nilai diri kita tak lebih dari sekedar label yang ditempelkan lingkungan terhadap kita. Semuanya begitu superficial, saya rasa tidak banyak orang yang mau selamanya hidup dalam kepalsuan.

    Saya lebih menyukai istilah higher consciousness (kesadaran diri yang lebih tinggi) dan sudah meninggalkan istilah kejujuran jauh di belakang.

    Menurut saya apa yang para brothers kita lakukan di hitmansystem justru mendobrak semua mitos-mitos pemikiran mengenai bagaimana seharusnya para laki-laki berpikir dan bertindak. Ya, bukan hanya cewek yang menjadi korban, para lelaki juga mengalaminya. Yang mereka lakukan hanyalah mengadakan revolusi besar-besaran dari apa yang selama ini ditempelkan pada para pria seperti misalnya mereka harus mendahulukan perempuan, bahwa laki-laki itu harus kuat dan penuh dengan logika maka menunjukkan emosi itu adalah tabu.

    Mengutip dari Sir Francis Bacon “knowledge is power,” sudah selayaknya bukan hanya kita para perempuan dengan berbagai issues yang rumit perlu diperlengkapi dengan berbagai pengetahuan lebih meluas mengenai apa yang melatarbelakangi jati diri kita, demikian halnya dengan para laki-laki juga memiliki kesempatan yang sama untuk memiliki kembali power yang menjadi bekal dalam membuka hubungan secara benar.

    Bisa menelaah secara meluas dan memiliki kesadaran yang lebih tinggi akan apa yang telah, sedang, dan akan terjadi di dalam kehidupan romance, itu yang saya maksud ketika berbicara mengenai peta-petaan. Bukan melulu mengenai peta wanita yang dibaca oleh pria ataupun wanita yang mendapatkan peta pria glossynya tapi ternyata aslinya lossy, tapi tentang konsep relationship itu sendiri.

    Arti sebuah relationship sendiri jauh lebih dalam dari sekedar sang perempuannya saja yang unggul karena merasa sang lelaki perlu mengejarnya karena “Hey, you want my pussy? Then you show me your quality” (ini sih ujung-ujungnya pernikahan malah menjadi pelacuran terselubung) tapi tentang bagaimana kedua individu bisa memandang hubungan secara sehat, bahwa tidak ada yang menang maupun yang kalah, yang ada adalah mutual partnership di mana kedua pihak setuju untuk memberikan yang terbaik dari dirinya tanpa mengharapkan adanya harga tertentu sebagai bayarannya.

    So Rumini, kenapa harus mengkhawatirkan bahwa para alumnus hitmansystem akan menjadi predator-predator palsu yang berkeliaran memangsa para cewek? Saya pikir justru semakin banyak pria-pria glossy di luar sana justru membantu kita para perempuan untuk juga bersikap tidak terlalu difensif terhadap hal-hal baru dan segar. Kasihan kan mereka para pria, yang tanpa kita perlu berusaha terlalu banyak memoles dengan make up yang tebal, stiletto shoes yang tinggi, maupun tanktop kekecilan juga sudah memuja kita. Percayalah, mereka masih mendahulukan kita di atas apapun, justu apa yang mereka lakukan di hitmansystem semakin memperkuat itu. Pertanyaannya lalu, mau berapa lama lagi kita menjajah mereka?

  2. Kalo bhs gaulnya (re jet vs jessica): “Udah deh kita kawinin aje ni berdua”.
    Nanti anak jet vs jessica, bernama: jetssica. 🙂

    Lagi kata orang, kalo antar teman suka saling ceng ceng an, (jgn2) jodoh tuh 🙂

    😉

    (You’re what u believe)

  3. Go go go Piper (vs Rokmini? apa Rumini?) qqq 🙂

    Great post Lucky. Gw ampir post jwban yg mirip.
    Kpd teman2 hitman gw pernah post: “emangnya kita jadi glossy krn motive utk ‘tipu-tipu’ cewe -or- pura2 jadi other self, biar cewe2 bisa kita ‘mangsa’?” Gw pernah jawab tegas: Engga tuh.

    Lgpula aneh juga: kalo seorg cewe ‘anggap’ kaumnya jadi ‘korban/ikan’ lelaki? Think abt that again!
    Pola pikir semacam itu, biasanya merasuki orang2 bermental lousy+lossy! Istilah sec.psikologi: ‘sindrom suicide/korban’.

    Gw ikut Hitman + learn become Glossy bukan utk motive spt itu. Gw rasa itu kembali ke motive masing2 pribadi, apa tujuan ikut Hitman.
    (I like to say it again, he3x).

    Gw sendiri join Hitman, krn ‘tahu’ ada bagian dari diri gw yg blm maksimal (ie: dulu lossy) dlm banyak hal, gak cuma soal romance. Dan gw perlu ‘sistem cepat’ utk push diri gw ke arah ‘my best self’ (dlm hal spesifik, yi: romance + social life). So nothing wrong with that. AGree? Pasti agree! (yg membantah, pasti krn ego nya tersinggung krn kebenaran dlm kata2 gw, he3x).

    Nuf said.

  4. I think jet… you’re way too cocky here… why don’t you give a bit of explaination so both parties can be satisfied….

    me personnally also think you are too cocky… just remember you’re maybe good… but you’re not the best ^^

  5. Eh.. sori gw cuman bentar..
    Gw cuman ngingetin aja, ko lama-lama topiknya jadi mlenceng JAUUH bener y??

    Awalnya kan cuman masalah Jet ama Jess..

    Sekarang ada Rumini, ada Windi, ada Adventure, ada Gandalf, frodo, dkk
    Ada juga dari alam gaib : Dajjal

    Gimana kalo sekalian aja kita kumpulin semua, terus kita adu maen bola?
    (team Jet vs Jes gt)

    Kan semua hal2 negatip bisa dilampiaskan di kasur
    eh.. mksd gw di lapangan

  6. u/ Rumini:

    Gue salah satu alumni HSEW. Sejak awal gue baca-baca artikel hitmansystem, gue udah mulai melakukan perubahan, tentunya berubah ke arah yang lebih baik. Apalagi setelah gue ikut HSEW, tambah berubah lagi. Ada yang bimbing gue, ada yang ngasih tau gue mana yang harus dibenerin dari gue. Jadi, seperti yang diajarin di hitmansystem, gue memang harus jadi diri gue sendiri, tapi yang harus gue lakukan adalah gue harus jadi diri gue yang TER-baik, bukan menerima apa adanya diri gue yang sekarnag ini. Gue kurang suka nulis/bicara dengan bahasa inggris, tapi untuk ini sepertinya harus. Banyak orang bilang: ‘be yourself/myself’. Terserah sih kalau mau begitu. Tapi dari pengalaman gue, ‘be the best of yourself/myself’ hasilnya jauh lebih baik. Seperti yang dibilang Zen, jadi diri kita yang terbaik ini memang nggak mudah, dan awalnya seakan-akan dipaksakan, tapi lama-lama akan jadi biasa dan menempel dalam diri.

    Analoginya gini aja. Si A aslinya hidup di hutan, atau karena sesuatu hal si A ini adalah orang kota yang tersesat di hutan, lalu lama-lama kebiasaan si A mengikuti kebiasaan yang ada di hutan. Jarang mandi, makan apa aja, gak tau aturan, dll. Dan kemudian tiba-tiba si A ketemu peradaban, atau ada orang yang tau peradaban yang menolong si A. Si A sampai di peradaban, misalnya di kota Jakarta. Rumini, kalau elo jadi si A, apa yang elo (atau kalian? soalnya gue baca di atas kalau elo nggak sendirian) lakukan? Tetap jarang mandi, tetap pakai daun sebagai pakaian, tetap nggak mau mengikuti aturan di tempat baru elo, ATAU elo berubah untuk mengikuti peradaban tempat elo tinggal? Awalnya berat, seakan-akan palsu, tapi mau nggak mau harus dibiasakan kan, supaya elo bisa diterima?

    Nah, jadi? Ya sekarang terserah elo gimana memandangnya. Intinya sih, suatu hal yang sudah dibiasakan itu lama-lama nggak akan keliatan sebagai sesuatu yang palsu setelah dibiasakan.

    u/ Zen. Yang gue alami, justru sepertinya gue lebih jujur saat ini, karena kalau dulu kan gue bertingkah laku manis dan seakan dibuat-buat. Dan..itu bohong kan? 🙂

  7. teman-teman disini berhentilah berdebat kusir. kenapa sih ngga bikin ajah blind date gede2an. gue rasa dengan gitu bakal terkumpul satu komunitas dengan niat yang (paling ngga) sama yaitu cari pasangan…

    saran gue, coba jess melihat jet dari sudut pandang lain dan coba jet juga melihat jess dari sudut lain. jess jelas2 cewe banget, karena keliatan dia emosional perasaan. dan jet tentu cowo banget, yaitu terlalu berlogika. gue rasa kalo ditandem bakal saling mengisi dan bisa jadi tim hebat.

    so jet, kenapa ga coba pedekate sama jess? dan jess, gue yakin jet ngga seburuk yang elo pikir…hehehe

  8. @Rumini
    tapi jangan lupa, bahwa relation jangka panjang tersebut harus dimulai dengan kejujuran, karena bila dimulai dengan menipu diri sendiri kekecewaanlah yang akan jadi endingnya … berbahagialah bila pada awal-nya ‘dia’ sudah bisa menerima status loosy pasangannya, karena glossy yang sementara akan luntur bila hanya polesan saja … …

    skrg gini…gua tanya…berapa jutaan cowo yg awalnya ngarep dan bertingkah manis dan tdk pernah menutup2i smua apa yg ada di dirinya(baca jujur) berapa org yg berhasil masuk dalam lingkaran percintaan???(baca perkawinan atau pacaran)
    u got the point..”berbahagialah bila pada awal-nya ‘dia’ sudah bisa menerima status loosy pasangannya, karena glossy yang sementara akan luntur bila hanya polesan saja” emnknnya makeup pake poles2an ini glossy artinya sudah mendarah daging dan bukan hanya cm sekedar tepung yg nempel di ayam kfc!! yg kalo lo mandi glossy lo langsung ilang soalnya cm polesan…kalo gitu tanggung ga usa mandi aja selamanya biar g ilang lol!!!

  9. sedikit lagi tambahan untuk piper:

    “ada korelasi yang kuat antara seorang pria yang sudah bisa membaca peta bagaimana membuka relationship dengan benar maka ia dikemudian hari bisa menemukan dan menjalankan kehidupan romance yang sehat bersama pasangannya”

    peta wanita yang dibaca oleh pria maksudnya? bagaimana dengan wanita yang mendapatkan peta pria glossy nya tapi ternyata aselinya loossy?

  10. dear Piper,
    ehemmm … … you got the point, bahwa “membuka relationship dengan benar maka ia dikemudian hari bisa menemukan dan menjalankan kehidupan romance yang sehat bersama pasangannya” …. tapi jangan lupa, bahwa relation jangka panjang tersebut harus dimulai dengan kejujuran, karena bila dimulai dengan menipu diri sendiri kekecewaanlah yang akan jadi endingnya … berbahagialah bila pada awal-nya ‘dia’ sudah bisa menerima status loosy pasangannya, karena glossy yang sementara akan luntur bila hanya polesan saja … …

    dear Zen,
    tahukah kamu bahwa banyak pasangan yang sudah terlanjur menikah menyesal kemudian karena merasa tertipu pada awalnya?

    saya hanya kuatir bahwa memaksakan diri menjadi gloosy mengakibatkan orang harus merubah jati-diri, dan pada saat semuanya tercapai, sifat sementara glossy tersebut akan kembali ke loosy … …

    salam … …

  11. Waduh..
    Jessica..?
    Aduh.. aduh,.. aduh..

    Mudah”an lo bukan dia..
    Jessica..
    cewe yg plg gw cintai di dunia ini..

    ^_^

    Tp gw rasa bukan..
    Jessica yg gw kenal itu belum bisa mengetik di keyboard komputer dengan benar(kurang bs mengefektifkan tombol “space”)

    yaa.. apalagi dia jarinya agak lentik, lebih cocok main piano.

    Love u, Jesh..

  12. Jessica, Jessica, Jessica, Jessica, Jessica, Jessica, Jessica, Jessica, Jessica, Jessica, Jessica

    @Gatz: Nah Jessica unggul 1 point sekarang!

    *Go, Jessica Go!*

  13. dari nama aj udah mirip, jess en jet.. ini udah firasat Loh! Jgn disia2 in nih buat both of u.. (gw ud kayak ahLi nujum aj) tp gw yakin 2 beLah pihak saLing penasaran 1 sama Laen tuh ^^

  14. Well gw coba logis dari segi statistik :

    Saat ini Jet udh post 2 comment (ditambah post awal jadi=3), Jessica 2 comment

    3-2 untuk Jet

    Jet disebut sebanyak 29 kali, Jess disebut-sebut sebanyak 20 kali (sd terakhir gw post)

    29-20 untuk Jet

    Jadi overall Jet masih UNGGUL 10 point

    Statistichollic,
    Gatz

  15. hehehehe…

    Jet, I agree sm yg ksh comment kalo Jess cm lg nyari perhatian lo. Or mungkin Jess emang pernah ‘merasa’ tersakiti karena ga bisa ngimbangin permainan cowok2 glossy kayak kalian. Jd mungkin aja Jess jd terluka, terus menggugat lo.

    Buat Jess, terus lawan Jet. Kalo Jet ga da yang lawan ntar creativity-nya bisa buntu.Buktiin kalo lo emang cewek yang bisa ngeladenin cowok2 glossy kayak Jet.

    So, Hehehheh…

    Jet vs Jess = ????
    I hope it will be closed by a romantic dinner.

    LoL

  16. *quoute* “mengajarkan bagaimana menangkap wanita, bukan bagaimana mendapatkan pasangan yang ideal” … sehingga kelangsungan hubungan jangka panjang akan sulit dipertanggungjawabkan … …

    kata2 menangkap lo sama aja dengan “saya setujuh sekali dengan jessica bahwa jet memang vulgar dalam ber-tatabahasa … mungkin saja jet tidak dibesarkan dilingkungan keluarga konvensional yang sensitive, tapi dari lingkungan modern yang sangat demokratis, sehingga sering malah kata-kata nya membuat ciut hati pembacanya … … ”
    Gua jg ciut baca tulisan lo pake kta2 menangkap…apakah lo menamai cewe itu sebagai ikan dan kita nelayannya….?? coba di renungin lagi…kata2 lo buat jet sama kata2 balesan lo memiliki cara yg sama…i wonder what u looks like?? hahaha

    kalo cewe aja mau ditangkap berarti skill nelayannya mengagumkan donk?? dan gua mau tanya ke lo…apakah lo tau kalo lo yg dipancing sama nelayan2 glossy??

    apalagi ttg “kelangsungan hubungan jangka panjang akan sulit dipertanggungjawabkan”

  17. Dear Rumini,
    Coba dilihat lebih dalam lagi, ada korelasi yang kuat antara seorang pria yang sudah bisa membaca peta bagaimana membuka relationship dengan benar maka ia dikemudian hari bisa menemukan dan menjalankan kehidupan romance yang sehat bersama pasangannya. Semua harus diawali dengan awal yang baik baru bisa membuahkan fruitful relationship in the end.

  18. well … … another female come … he he he … … tapi yang ini bukan single female, bolehkan ikutan nimbrung urun rembug … …

    saya setujuh sekali dengan jessica bahwa jet memang vulgar dalam ber-tatabahasa … mungkin saja jet tidak dibesarkan dilingkungan keluarga konvensional yang sensitive, tapi dari lingkungan modern yang sangat demokratis, sehingga sering malah kata-kata nya membuat ciut hati pembacanya … …

    dalam ilmu pemasaran hal ini akan sangat merugikan.

    saya sering berpikir “berapakah umur jet sebenarnya?” … … karena berbisnis konsultasi sangat memerlukan kematangan pribadi sehingga semua adpisnya diimbangi kebijaksanaan … …

    diluar semua ini, saya punya pendapat sendiri mengenai hitman system ini, yaitu : “mengajarkan bagaimana menangkap wanita, bukan bagaimana mendapatkan pasangan yang ideal” … sehingga kelangsungan hubungan jangka panjang akan sulit dipertanggungjawabkan … …

  19. Adoh mbak mbak ga bisa ngomong inggris jgn ngomong masa jadi kaco balo…

    Emangnya semua perkataan uda dibuktikan dengan benar ??? Kasi tau deh contoh detailnya…

    Tar KALO sempet kita baca…

    *BANZAI JETT*

  20. pleasseee deh ya.. sapa yg interested in jet????? tau aja kaga.. i was only telling u guys the truth rite?? did i seem buat cari perhatian??? kaga kaleeee….

  21. Wow..Jessica..
    sebelum nya gw minta maaf dolo…gw rada-rada susah ngomong seperti”people yg always talk yg manis2″ itu bahasa indolish yang bener ya ?
    gw rada susah sih indolish.bljr dimana ?IF(Indolish First) ?

    so gw pake bhs indo d.
    Menurut gw mungkin lo yang sedang menarik perhatian jet.dengan mencoba artikel dari hitman.yaitu melakukan hal yang berbeda dari yang lain.
    karena cewe-cewe lain selalu nyari dia.
    gw juga nyoba jujur.
    semoga lo bisa..dpt kesempatan dari jet d.

    CurHat d,
    -Sins-

  22. LoL….

    @jet
    kasi dia kesempatan aja jet hahahaha

    @jess
    btw u r the lickiest give ever…jarang2 tuh jet bisa kasi kesempatan… im tryin to be honest too..same as u 🙂

    “hope this comment can make u be a better ______ “

  23. Ok.. Now that u’ve post this article.. i’ll tell u something.. u’re WRONG regarding who wrote this message.. It’s not cowo yg ga ada nyali seperti yg km bilang! the one who wrote such bad comment bout u is ME!!! and as u can see, there’s no boy or man in this world named JESSICA!! saya bukan ga ada nyali.. cuman saya males aja ngeladenin org kaya km.. ngapain kasi everything yg asli?? no telp?? email?? should i?? or may b.. u wanna get to know me?? mo knalan ?? hmm.. now.. saya ksh km e-mail saya yg asli.. apa lg mo nya??? no telp? if that’s important.. i’ll tell u.. and.. sorry yah.. jgn mikir yg ngak2 ttg comment yg skrg saya tulis.. at first, i’m not too interested with all ur bullshit.. but u know wat?? i’m really interested with all ur friends disscussed here.. saya lbh suka baca article yg dimuat sama lex, and 1 lg ga tau namanya sapa.. u wanna know why i’m not interested in reading urs?? the answer is because.. u’re not as creative as them.. saran2 yg kamu kasi itu semua sangat basic.. it really show that km ga ada experience in this love cases.. no good reason.. pokoknya nothing.. saran yg kamu kasih itu adalah saran yg langsung muncul d otak semua org kalo mereka experience such a situation.. jd actually.. km punya saran can’t help people that much.. or may be, the most terrible thing.. kamu ga help mereka at all!! sorry kl saya ngmng terlalu to the point.. terlalu menyakitkan.. but km sendiri tau kan?? people yg always talk yg manis2, yg bagus2 ttg kamu itu adalah people yg sebenernya mao ngejerumusin km.. saya ga bilang saya baik lohh.. what i’m trying to say is that.. i’m trying to be open to people, to be frank.. hope this comment can make u be a better consultant, that can give saran yg bnr2 meaningful for others!!! All the best!!!

    * By the way, to be honest, actually i agree with all of u yg bikin website ini.. it can really help people especially cowo.. 🙂

Leave a Reply