Home » Materials » Questions and Answers » "Penis Disuntik, PNS tewas"

"Penis Disuntik, PNS tewas"

Itu headline dari salah satu koran yang ada di meja saya tadi pagi. Menyedihkan sekali. Sekarang ini ada banyak sekali cowok yang begitu insecure dan mencoba
mengatasinya dengan jalan keluar yang tolol.

Mereka sama sekali tidak mengerti bahwa masalah selalu berakar pada frame yang salah. Jika kamu tidak mengenali frame yang salah itu, apapun yang kamu lakukan tidak akan memperbaikinya, malah mungkin menambah masalah.

Lex pernah menulis sesuatu tentang mengatasi frame ketakutan menghadapi cewek. Baca Mengejar atau Dikejar? sekarang.

Anyways, menjelang Free Oneday Workshop for Girls besok dan Hitman System Exclusive Workshop III minggu depan, saya terus melihat email pertanyaan dan komentar yang membanjiri inbox kami. Saya rasanya sulit untuk mempercayai bahwa Hitman System belum berumur setengah tahun, tapi sudah menjaring begitu banyak minat dari masyarakat.

Dari semua aktifitas saya dan instruktur lainnya, mengatur schedule workshop adalah pekerjaan yang paling berat, sehingga ada banyak peserta yang terpaksa kami gugurkan karena situasi yang tidak mendukung atau sikap yang kurang kooperatif. Anyways, itu tidak membuat kami kehilangan semangat untuk memberikan yang terbaik untuk semua cowok-cowok kesepian dan ngarep di luar sana.

Salam,
Jet



>> TANYA
"Gw punya cewek, tapi komunikasi tidak lancar. Pacaran jarak jauh gitu dech. Padahal gw selalu berusaha untuk telpon cewek gw,tapi jarang di angkat. Alasannya sibuk.kalo gw sms jarang di balas alasannya ga punya pulsa,cewek gw jg sering batalin janji kalo ada planing jalan ma gw. tp di lain waktu tiba2 dia sms gw dengan mesra banget,pake sayang2 gw segala, cuma ujung2nya suka minta tolong sesuatu,misalnya minjem duit ma gw. Lama kelamaan gw ngerasa ngejalanin seperti bukan pacaran,karna gw ngerasa cewek gw cuma manfaatin gw.

Akhirnya pada suatu waktu ,gw punya alasan untuk marahin cewek gw. Gw bilang lain kali kita ga usah bikin janji kalo sering di batalin. Bagaimana nich menghadapi cewek kaya gini? Gw sebetulnya benci banget sama org yg suka berbohong. unek2 gw ma cewek gw belum terucap,gw pingin banget sampaikan unek2 gw ma cewek gw terus gw pingin putusin dia? gmn nich gw harus bersikap?"
- RA

>> KEI MENJAWAB
Kei Hitman System - Solusi Anti Jomblo Yang Kamu Tunggu-tungguSejak pertama saya membaca baris pertama email kamu dan menemukan kata-kata "PACARAN JARAK JAUH" saya langsung gatal untuk menjawabnya. Semakin saya membaca lebih lanjut, makin gatal saja rasanya.

Dan inilah jawaban saya: STOP PACARAN JARAK JAUH! Buat saya pribadi, LDR (Long Distance Relationship) hanya buang-buang waktu, emosi, energi dan biaya tanpa ada hasil yang sebanding dengan pengorbanan kamu. Ada 2 alasan kenapa saya berkata seperti itu:

1. Tujuan kamu berpacaran atau berhubungan dengan cewek, selain untuk mencari pasangan hidup, soulmate atau apalah namanya, seharusnya juga adalah untuk mengalami masa-masa yang menyenangkan. Saling belajar mengenal satu sama lain and have great times together. Bagaimana itu bisa terjadi kalau kamu terpisah ribuan kilometer jauhnya dan hanya bertemu sekali atau duakali dalam setahun?

Apanya yang menyenangkan kalau kamu harus menahan rindu setengah mati dan menghabiskan banyak biaya hanya untuk mendapatkan secercah pelepas rindu yang semu lewat sms, telpon ataupun chatting online.

2. Ketika berbicara mengenai relationship kita juga berbicara mengenai komunikasi dan interaksi, baik emosional maupun fisik. Sebuah hubungan harus dibangun dan dipelihara bukan hanya lewat telpon, sms ataupun chatting online tapi faktor terpenting adalah menghabiskan waktu bersama-sama.

Kontak fisik sangat penting. Meskipun hanya sekedar tatapan mata namun itu jauh lebih berarti dibanding sms, telpon dan chatting di mana kita tidak pernah tahu apa yang sedang dilakukannya dan bagaimana ekspresinya saat itu.

Terlebih lagi cewek kamu adalah cewek rese yang mendominasi kamu dan menyiksa kamu secara emosional. Yang pasti hal itupun disebabkan KARENA SEJAK AWAL KAMU TIDAK BISA MENJADI COWOK DOMINAN DAN MEMIMPIN CEWEK KAMU.

80% kue kesalahan hubungan ini ada di tangan kamu!

Si cewek datang hanya pada saat dia butuh sesuatu dari kamu, entah karena kenyamanan emosional ataupun materi dan kalau kamu membiarkan hal ini terjadi terus pasti karena kamu takut kehilangan dia. Rasa takut kehilangan membuatnya berada di atas kamu dan mendominasi kamu.

Rasa takut kehilangan hadir dalam diri cowok yang merasa tidak mampu untuk mendapatkan cewek lain, dia MEMBUTUHKAN cewek tersebut untuk membuatnya merasa berarti. Dan hanya cowok-cowok LOSSY yang seperti ini. Cowok bernilai tinggi tidak membutuhkan romantisme semu dari cewek hanya untuk membuatnya merasa berarti. Cowok bernilai tinggi MENGINGINKAN cewek, bukan MEMBUTUHKAN cewek.

Saya menyebut cowok seperti kamu dengan sebutan Cowok Dispenser. Kamu seperti dispenser air yang hanya didatangi ketika cewek kamu sedang haus saja. Si cewek akan mengambil air sebanyak yang dia perlukan dan lalu pergi. Untuk apa berlama-lama bersama dengan sebuah dispenser? Sakit memang rasanya. Saya juga pernah mengalaminya dulu.

Namun mulai hari ini, katakan pada diri kamu jangan pernah lagi menjadi Cowok Dispenser! Jadilah cowok bernilai tinggi.

Akhiri hubungan kamu dengannya. Tidak perlu kamu jelaskan atau mengungkapkan kekesalan kamu. Cukup akhiri dan cari cewek baru. Dan mulailah merubah sikap dispenser kamu. Dengan melakukan hal ini kamu sudah menyatakan sikap sebagai seorang cowok bernilai tinggi. Saya yakin, ketika kamu memutuskan hubungan dengan cewek kamu pasti dia akan shock luar biasa karena kamu tidak pernah bersikap sedominan itu sebelumnya. Dan karena kamu telah menunjukkan bahwa kamu yang menjadi pemimpin, maka cewek kamulah yang akan merasa takut kehilangan kamu dan memaksa kamu untuk kembali padanya. Saya berani taruhan.

Dan jika itu terjadi kamu punya 2 pilihan: terus melanjutkan hubungan dengannya dan merubah sikap kamu dan menjadi pemimpin (yang biasanya tidak akan berlangsung lama), atau kamu bisa memutuskan untuk mencari pengalaman seru dan cewek-cewek baru disekitar kamu, sehingga kamu tidak perlu lagi merasakan tidak enaknya LDR dan dapat bersenang-senang tanpa terlalu banyak biaya.

Kalau kamu tanya saya, jelas pilihan ke-2 terdengar lebih menggoda. Minggu depan kami mengadakan workshop yang akan memampukan kamu dengan berbagai strategi untuk membuka hubungan dengan cewek DI MANA SAJA dan KAPAN SAJA.

Kamu pasti menyesal kalau ketinggalan acara ini.

Sahabatmu,
Kei



>> TANYA
"Selamat siang.bisa ngga the hitman sytem juga punya tips untuk cara ambil hati nyokap si cewe. thanks bung."
- Arif

>> LEX MENJAWAB
Kei Hitman System - Solusi Anti Jomblo Yang Kamu Tunggu-tunggu Kalau kamu bertanya mengenai mengambil hati nyokap si cewek, berarti saya bisa simpulkan kalau kamu sudah dalam relationship dengan si cewek? Benar begitu? Karena kalau kamu sama sekali belum berada dalam relationship dengan si cewek, tidak ada gunanya kamu memikirkan cara untuk menggaet hati sang nyokap.

Fokuskan saja dulu segala energi dan daya upaya untuk menggaet si cewek. Karena kalau si cewek sudah tertarik pada kamu, apapun yang pendapat sang nyokap tentang kamu TIDAK AKAN MENGHILANGKAN KETERTARIKANNYA pada kamu.

Kalau kamu sudah sampai pada tahap ini baru kamu bisa melancarkan strategi untuk mengambil hati keluarganya, sang nyokap dan bokapnya.

Cara untuk mengambil hati nyokap sebenarnya gampang saja. Pertama, you have to LOOK NICE. Saya tahu kamu mungkin punya idealisme tentang style fashion tertentu, tapi untuk tahap ini, lupakan segala sesuatu yang berbau lusuh dan preman. Anting mungkin tidak terlalu masalah, asal kamu memang tidak bertampang kriminal. Rambut gondrong is a no. Perbanyak stok kemeja dan kaos polo.

Kedua, GET A JOB! Orang tua cewek sangat khawatir anaknya tidak akan bisa terawat dengan baik dan langsung menilai cowok yang dekat dengan anaknya dari seberapa baik kamu bisa merawat anaknya. Kalau kamu belum memiliki kerjaan, well go get one! Orang tua juga sangat menyukai sikap niat bekerja yang dimiliki oleh anak muda. Tunjukkan pada mereka kalau kamu memilikinya dan mereka akan menyukai kamu.

Ketiga, bagaimanapun galak dan cueknya si nyokap, pada dasarnya dia tetap cewek yang memiliki sikap dan pola pikir sangat KHAS cewek, yakni sok ngerti tentang romance, cinta, moral berpasangan, dsb. Dia akan banyak berkomentar ini itu tentang hubungan kalian, jadi jauh sebelum dia mulai beraksi, tunjukkan bahwa kamu lebih mengerti tentang hal tersebut, atau setidaknya setingkat dengan dia. Dengan begitu dia akan cenderung untuk bersekutu, bukannya melawanmu. Lakukan apa saja untuk bisa mencuri start itu, masa depanmu bergantung padanya.

Undang Hitman di resepsi kalian,
Lex



>> TANYA
"hi, orang2 di belakang hitmansystem. temen gue - cowo �" ada yang jadi gay gara2 patah hati ditinggal cewenya kira2 bisa ngga hitmansystem mengembalikan temen gue itu ke habitat asalnya?selain agak2 jijay gue juga khawatir temen gue tuh diazab kaya kaumnya Nabi Luth.so please help him (ntar gue paksa dia daftar di hitmansystem deh)."
- SG

>> JET MENJAWAB
Kei Hitman System - Solusi Anti Jomblo Yang Kamu Tunggu-tungguWohooo, saya salut dengan concern kamu pada sahabatmu, tapi Hitman System sepertinya bukan bengkel yang tepat untuk persoalan seperti itu.

Lagipula, sepanjang pengetahuan saya, homoseksualitas adalah masalah pilihan, jadi sepanjang teman kamu itu memang masih menginginkannya dan menyukainya, mau kamu paksa untuk ikut workshop jutaan kali juga tidak akan berguna apa-apa.

Dia tidak butuh Hitman System dan orang asing lainnya untuk dapat kembali pada orientasi seksualitasnya yang semula. Dia butuh KAMU dan TEMAN-TEMANNYA untuk membantunya keluar dari pelariannya tersebut.

Dan hindari film Brokeback Mountain!

Semoga berhasil,
Jet



>> TANYA
"Gw baca ulasan pertanyaan cewek2 di milist warga .... that's cool! (I mean really cool). Gw dukung deh perjuangan hitmansystem, mudah-mudahan bisa memberikan secercah cahaya buat cowok2 diluar sana yang lagi "terjerembab". Hohohoho .... show must go on!!!! BTW, kapan ke bandung?

Oh iya, gw ada pertanyaan nih .... (cowok boleh nanya juga khan?) Gw lagi ngecengin anak SMA (kelas 1) nih di Bandung ... nah masalahnya umur gw nih terpaut 9 tahun!!!!! Ada saran nggak? Kondisi saat ini sih so far so good, sering SMSan lah, telpon �" telponan lah, ketemu, bahkan rencana mau bikin film indie bareng! hohoho .... So, gimana nih biar gw jadi asyik ..! (dimata cewe umur 15thn). Gw serius nih!"
�" MM

>> LEX MENJAWAB
Kei Hitman System - Solusi Anti Jomblo Yang Kamu Tunggu-tunggu Berarti umur kamu sekarang 25 tahun?

Cowok 25 tahun yang ingin mendekati cewek umur 16 tahun. Lucu juga kasusnya. Coba kamu tanya pada diri kamu sendiri, kenapa kamu ingin mendekati si cewek itu meskipun kamu sudah tahu bahwa tidak lazim bagi cowok seumuran kamu mendekati cewek kelas 1 SMU?

Karena tidak ada cewek lain yang bisa kamu dekati? Karena kesepian? Karena kebetulan si cewek ada dan kesempatan terbuka? Atau apa?

Saya ingin kamu jawab dengan jujur.

Saya tidak berbicara tentang perbedaan umur yang jauh. Tidak. Bagi saya perbedaan umur bukanlah satu halangan bagi setiap cowok untuk membuka hubungan dengan cewek. Hanya saja yang harus diperhatikan adalah umur si cewek. Cowok berumur 30 tahun dapat berhubungan dengan cewek berumur 20 tahun dan itu normal. Bahkan cowok berumur 40 tahun dapat berhubungan dengan cewek berumur 25 tahun dan itu juga masih normal. Tapi apabila ada cowok berumur 20 tahun lalu mendekati cewek berumur 15 tahun, meskipun perbedaan umur hanya 5 tahun, apakah itu normal? Atau seorang cowok usia 23 mendekati cewek berumur 14 tahun, apakah itu normal?

Hey, umur segitu masih termasuk anak-anak! Kamu tidak ingin masuk Poskota karena tuduhan pelecehan pada anak di bawah umur, bukan?

Bukan masalah perbedaan umur, tapi tingkat kedewasaan si cewek yang menjadi pertimbangan. Bagi seorang cowok berusia 25 tahun, tentu kamu menginginkan cewek yang juga mengerti kamu. Tentu kamu menginginkan cewek

yang juga sama dewasanya seperti kamu. Cewek umur 16 meskipun fisiknya sudah dewasa dan matang, namun biasanya mentalnya masih cenderung kekanak-kanakan.

Emosi yang labil dan ketidakmampuan untuk bersimpati dan berempati. Kalau kamu hanya ingin bersenang-senang, silakan saja. Tapi kalau kamu ingin berhubungan serius dengannya, saya menganjurkan kamu untuk berpikir kembali. Kamu akan menghadapi banyak masalah yang sebenarnya tidak perlu terjadi kalau kau berhubungan dengan cewek usia ABG.

Biarkanlah ABG berhubungan dengan ABG. Biarkan mereka saling belajar tentang dunia mereka. Dan 4-5 tahun mendatang ketika mereka sudah cukup dewasa, disitu saatnya kamu dapat mengharapkan sebuah hubungan yang seimbang dan menyenangkan dengan mereka.

Dan kalau masalah kamu adalah sulit membuka hubungan dengan cewek yang seumuran kamu atau 20 something, tentu saja kamu dapat ikutan workshop Hitman System yang akan memberikan kepada kamu semua materi dan konsep yang kamu butuhkan untuk membuat mereka tertarik kepada kamu.

Kirimkan aplikasi kamu dan buktikan sendiri setelah kamu ikutan workshop. Baca info Ada apa di bulan Mei 2006?

Kami sudah memikirkan kemungkinan untuk membuka workshop eksklusif di Bandung, bahkan kami sudah sempat bertanya kepada beberapa orang tentang biaya, penginapan dan kemungkinan banyaknya peserta yang mengikuti workshop. Nantikan saja kabar berikutnya. Atau kalau kamu ingin membantu kami mempersiapkan segala sesuatunya, kami akan sangat berterima kasih dan memberikan kamu harga khusus (kalau situasinya mendukung, malah mungkin kami akan memberikan kamu harga cuma-cuma) untuk ikutan workshop.

Sahabatmu,
Lex



>> TANYA
"Halo. Setelah membaca semua email kalian, aku jadi berminat bertemu langsung dengan kalian. hehehhe hanya saja waktunya yang tidak tepat mungkin untuk acara free one day berhubung sulit untukku ijin di luar urusan kantor tapi sebenarnya ada yang ingin aku tanyakan ke kalian dan aku harapkan emailku ini tidak dipublish didalam program kalian. jujur saja, aku belum terlalu lama ngejomblo cuma ya sampe sekarang masih jomblo dan gatau kenapa saat aku ketemu cowo yang cocok ternyata ud punya orang atau sebaliknya akunya ga cocok tuh cowo malah mau hehheheh. tapi sebenarnya aku ud banyak mengurangi kriteria ya katakanlah ditoleransi tapi tetep aja belum dapat banyak yang bilang aku orgnya cukup tegas dalam bersikap memang aku pendiam dan tidak terlalu banyak bergaul seperti jalan2 dengan teman berhubung temen2 ku kebanyakan cowo dan rata2 mereka jauh2 tinggalnya jadi hanya sms dan telp doang tapi untuk jalan2 tidak pernah atau jarang.

Pertanyaannya adalah aku harus gimana? hope kapan2 kita bisa bersahabat mungkin bukan hanya melalui program ini saja tapi juga sahabat diluar program ini karena aku pengen punya sahabat yang bsia curhat dan bisa deket bukan hanya telepon atau sms. lam kenal ya untuk kalian. Dari seorang cewek tulen."
- YG

>> KEI MENJAWAB
Kei Hitman System - Solusi Anti Jomblo Yang Kamu Tunggu-tungguSaya bisa menebak bahwa kamu adalah cewek yang tidak konsisten dengan sikap kamu. Kenapa saya bisa berkata seperti itu? Terlihat dari email kamu yang mengatakan ingin bertemu dan bersahabat dengan kami tapi kamu tidak mencantumkan nomor telpon untuk kami hubungi atau foto untuk kami lihat.

Sebenarnya kamu serius atau tidak?

Kami sangat menyukai hangout dengan cewek-cewek, ngobrol mengenai mimpi-mimpi mereka, mendengarkan permasalahan mereka dan tentunya ditraktir makan. Tapi tidak sembarang cewek bisa hangout dengan kami, karena itu kalau kamu memang serius silakan kirimkan foto dan nomor HP kamu dan kami akan lihat apakah kita bisa hang-out bareng atau tidak.

Jawabaan atas pertanyaan kamu sudah ada dalam email kamu sendiri. Kamu bilang kamu pendiam dan jarang bergaul. Kalau kamu seperti itu terus bagaimana kamu akan mengharapkan akan bertemu dengan cowok menarik yang selama ini kamu idam-idamkan? Go out there and have fun!

Apakah kamu sudah membaca artikel saya yang berjudul Apakah hidupmu menarik? Kalau belum, baca sekarang! Meskipun artikel itu ditujukan untuk cowok, namun hal itu berlaku untuk semua orang, tidak terkecuali cewek.

Cowok tertarik dengan cewek yang independen, happy, penuh semangat dan lively. Meskipun mungkin secara fisik tidak begitu menonjol namun cewek yang happy dan periang mempunyai daya tarik tersendiri yang tidak bisa dihindari oleh cowok manapun. Pasti kamu pernah melihat teman kamu yang tidak terlalu cantik namun penuh percaya diri dan periang mendapatkan semua cowok-cowok yang diinginkannya.

Meksipun masih ada banyak faktor lain yang harus dibereskan sebelum kamu dapat benar-benar mengatasi masalah kamu, namun paling tidak kamu bisa melakukan yang ini dulu. Saya heran, kenapa kamu tidak mengirimkan aplikasi untuk workshop khusus cewek yang akan diadakan minggu ini? Karena kamu akan mendapat begitu banyak masukkan yang akan merubah diri kamu dan menempatkan kamu di tengah-tengah pilihan setiap cowok.

Mulailah menjalani hidup kamu yang menarik, sebagai langkah pertama kamu bisa menawarkan diri untuk hang out dengan kita. Kalau kamu janji mentraktir kami dan kalau mood kami sedang baik, mungkin kami akan memberikan materi-materi cuma-cuma kepada kamu!

(Calon) Sahabatmu,
Kei



>> TANYA
"Hi sobat quw…mel mau curhat deh, boleh ga? gw punya tmn sebut aja nm nya Tania dia punya co sebut aja nmnya fay,tania uda jadian ma ni co kira2 8 bulanan selama 8 bulan ini dia Cuma ketemu sama fay Cuma tiap malem minggu aja,trus kalo hr biasa palingan Cuma 1x itu pun Cuma skitar 2 jam an,fay pernah bilang sama Tania kalo dia orangna mang cuek gitu..da itu fay ini sering bgt ngeledekin Tania ttg ce lain gitu (katanya maksudnya tuk bikin jealous),trus fay ini punya latar belakang playboy tapi semenjak jadian ma Tania dia janji mau berubah,Tania ini bingung kayaknya jadwal pacaran sama fay ter-schedule skali,trus fay ini kok cuek bgt..oya dia belum pernah sama skali dijemput sama fay ini (kalo Tania pulang kantor).

nah yg jadi masalah gw kan juga cewe jadi kalo gw ngasi masukan ke dia otomatis gw sesama ce pasti juga bingung,gw juga mau liat pandangan co knp co bisa bersikap demikian karna gw tau co punya cara sendiri tuk nunjukin rasa sayangnya ma ce,btul ga?trus sarannya gmn ngadepin co yg punya sifat kayak gitu?makasi bgt yah"
- Ica

>> JET MENJAWAB
Kei Hitman System - Solusi Anti Jomblo Yang Kamu Tunggu-tungguSaya ingin mengingatkan bahwa Hitman System tidak mengurusi relationship, walaupun jika kamu sudah mengerti semua konsepnya, relationship is not a big deal anymore.

But anyway…

My suggestion is, ignore him, tolak ajakan perginya yang terlalu dijadwalkan itu. Atau konfirmasi aja langsung, you don't have to be afraid.

Sebenarnya ada saran lain, tapi sepertinya lewat offline lebih baik, kirim email dengan foto dan telepon kamu ke hitmansystem dan mungkin saya akan berbaik hati untuk mengundangmu ikut workshop sebagai sitter dan melihat langsung pria-pria berkualitas..

Oke lanjut.

Guys read this line over and over:

"Tania ini bingung kayaknya jadwal pacaran sama fay terschedule skali"

BORING!

Mungkin di email tersebut si cewek masih merasa bingung, tapi dia tahu kalau di dalam dirinya dia merasa bosan karena terlalu teratur, seperti gosok gigi dan mandi saja.

Huge lesson here, guys: don't be boring!!

Girls hate boring guys! Setiap kali memulai dan menjalani hubungan, make sure that it's fun and unexpected.

Cewek tertarik dengan hal yang misterius, jadi masukkan unsur itu dalam dirimu supaya bisa menambah daya tarik.

Jangan jadi predictable; jadilah tak terduga!

Sang tak terduga,
Jet

Related Articles

Catatan: Seluruh tulisan yang ada pada website Hitman System (hitmansystem.com), termasuk tulisan-tulisan pada blog Romantic Renaissance boleh Anda gunakan dan sebarluarkan selama Anda mencantumkan sumber tulisan, yaitu website hitmansystem.com dan link menuju website hitmansystem.com.

PLATINUM - JAKARTA
HSEW TANGGAL BIAYA DAFTAR
PLATINUM134 19-20 Nov 2016 Rp 5.000.000 sold out
PLATINUM135 17-18 Des 2016 Rp 5.000.000 daftar
PLATINUM136 04-05 Feb 2017 Rp 5.000.000 daftar
PLATINUM137 01-02 April 2017 Rp 5.000.000 daftar
PLATINUM138 03-04 Juni 2017 Rp 5.000.000 daftar
PLATINUM139 05-06 Agst 2017 Rp 5.000.000 daftar
PLATINUM140 07-08 Okt 2017 Rp 5.000.000 daftar
PLATINUM141 02-03 Des 2017 Rp 5.000.000 daftar
PLATINUM - REGIONAL
HSEW TANGGAL BIAYA DAFTAR
BANDUNG34 19-20 Nov 2016 Rp 3.000.000 sold out
JOGJA59 19-20 Nov 2016 Rp 3.000.000 sold out
SURABAYA60 19-20 Nov 2016 Rp 3.000.000 sold out
BANDUNG35 17-18 Des 2016 Rp 3.000.000 daftar
JOGJA60 17-18 Des 2016 Rp 3.000.000 daftar
SURABAYA61 17-18 Des 2016 Rp 3.000.000 daftar
BANDUNG36 11-12 Feb 2017 Rp 3.000.000 daftar
SURABAYA62 18-19 Feb 2017 Rp 3.000.000 daftar
JOGJA61 18-19 Feb 2017 Rp 3.000.000 daftar
BANDUNG37 06-07 Mei 2017 Rp 3.000.000 daftar
JOGJA62 20-21 Mei 2017 Rp 3.000.000 daftar
SURABAYA63 20-21 Mei 2017 Rp 3.000.000 daftar
BANDUNG38 12-13 Agst 2017 Rp 3.000.000 daftar
SURABAYA64 26-27 Agst 2017 Rp 3.000.000 daftar
JOGJA63 26-27 Agst 2017 Rp 3.000.000 daftar
BANDUNG39 11-12 Nov 2017 Rp 3.000.000 daftar
JOGJA64 18-19 Nov 2017 Rp 3.000.000 daftar
SURABAYA65 18-19 Nov 2017 Rp 3.000.000 daftar

 

 
Mobile Version

Home | About | Trainings | Products | Counseling | Articles | Blog | Konfirmasi | Contact Us

Copyright © 2006-2016
PT. Trans Realita Utama
Jakarta, Indonesia