Home » Materials » Questions and Answers » Apakah Kamu Hidup dalam Realita?

Apakah Kamu Hidup dalam Realita?

Hi guys, ini Lex.

Saya ingin bercerita sesuatu sebelum memulai sesi Q&A. Tadi pagi ketika membaca tulisan Nietzche yang berjudul Beyond Good and Evil, saya menemukan baris yang benar- benar menyentuh hati saya.

"Learning transforms us. One sees it only as a footstep to self-knowledge, signpost to the problem which we are -more correctly, to the great stupidity which we are- to our spiritual fate."

Ketika saya memulai perjalanan mempelajari semua yang kamu sekarang temukan dalam Hitman System, waktu terasa sangat lambat. Saya memulai pagi dengan kegagalan demi kegagalan. Rasanya seperti berjalan di tempat saja. Setelah itu di malam harinya saya masih harus berhadapan dengan cermin besar, melihat bayangan diri saya melakukan semua hal yang tidak seharusnya saya lakukan.

Saya tidak tahu apakah Nietzche memiliki petualangan yang fantastis dengan cewek, tapi melihat tulisannya di atas itu, dia benar-benar memahami pengalaman yang saya dulu.

Sama seperti saya, Kei, dan Jet sangat memahami apa yang kamu sedang alami sekarang.

Have some drinks.

Enjoy your new Q&A learning today.

Sahabatmu,
Lex



>> KOMEN
"Terus-terang saya suka dengan gaya bahasa dan materi-materi yang anda sampaikan melalui internet. Saya suka dengan orang-orang yang realistis, karena perjalanan hidup saya saat ini akhirnya membawa saya pada tahap dimana saya harus mulai bersikap realistis menghadapi realita hidup yang sebenarnya kejam dan tidak seindah apa yang dibicarakan orang tua kita semasa kita kecil. Saya rasa cukup untuk menyampaikan seberapa besar ketertarikan saya pada bahasan dan falsafah anda oleh karena itu saya tidak akan berbicara panjang lebar lagi. Saya cuma ingin minta tolong alamat email saya ini bisa didaftarkan pada milis anda jadi saya bisa mengikuti perkembangan materi anda dengan rutin. Sebagai informasi, saya usia 25 th, tinggal di yogyakarta. Sekian dan terima kasih."
-DBC

>> LEX MENJAWAB
image Kamu benar, sedikit sekali kita yang dididik dalam realita. Sekalipun kita memiliki keluarga yang sempurna dan teladan, tetap tidak banyak yang berani membukakan kepada kita tentang apakah realita yang sebenarnya tentang hubungan cowok-cewek.

Pertama, mungkin karena mereka memang tidak mengerti tentang realita tersebut. Kedua, mungkin karena mereka ingin melindungi kita dari kerasnya realita dan memastikan hidup kita terpola rapih, aman, dan seperti-yang- seharusnya.

Sayang sekali, karena semua ajaran mereka tentang bersikap seperti-yang-seharusnya, banyak dari kita tumbuh menjadi cowok yang disfungsional terhadap cewek. Ide bahwa kita wajib rajin memberi perhatian, bersikap dewasa dan sopan yang biasa disebut Gentleman itu lebih sering membawa kita berputar di Lembah Ngarep yang tidak ada habis-habisnya.

Saya sudah pernah di sana, bertahun-tahun malah.Berapa banyak cowok di luar sana yang berpikir bahwa untuk mendapatkan cewek, kamu harus 'membeli' perhatiannya dahulu? Saya pikir hampir semua. Misalnya dengan jadi temen curhat, supir pribadi, memberi kado saat ultah, selalu ada ketika dia membutuhkan, dsb.

Sekilas itu memang memberikan efek yang kamu idam-idamkan. Persahabatan kamu dengan cewek itu akan menjadi lebih intens dibanding dengan cowok-cowok lain. Atau jika situasi mendukung, akan muncul sejumlah gosip tentang kalian berpacaran dsb. Kamu merasa taktik 'membeli-dan-menyokong' itu berhasil. Cewek itu juga terasa sangat nyaman dengan dirimu. Kamu begitu menikmati semua gosip dan ledekan-ledekan itu, sampai kamu lupa bahwa sebenarnya kalian tidak seperti itu.

Alasan cewek itu nyaman dan asyik-asyik aja adalah cuma karena dia bisa mendapatkan sesuatu dari kamu. Saya mengenal sejumlah cewek yang mengaku dengan mulutnya sendiri di depan saya bahwa mereka tidak keberatan dianggap pacaran dengan cowok tertentu kalau bisa mendapatkan fasilitas yang menarik. Beberapa bahkan berani sampai benar-benar pacaran. Tidak ada batas bagi apa yang akan cewek lakukan agar mereka bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Ajaran umum berkata, "Berilah perhatian dan bersikap gentleman terhadap si dia, maka dia akan tertarik kepadamu." Tapi realita berkata bahwa dia tidak tertarik padamu. Dia hanya tertarik pada semua resource yang kamu miliki, dan tidak segan-segan beralih ke cowok gentleman berikutnya yang bersedia memberikan fasilitas serupa atau lebih besar.

Kalau kamu tidak keberatan berhubungan dengan cewek yang hanya tertarik pada fasilitasmu daripada dirimu, silakan saja. Saya juga tidak begitu peduli, tinggal kirim email ke Hitman System minta agar kamu dikeluarkan dari milis ini.

Tapi kalau kamu ingin menjadi seseorang yang bisa menarik perhatian cewek, tanpa peranan fasilitas dan sebagainya, terus baca semua artikel di milis ini. Kirimkan pertanyaan-pertanyaan. Ikuti workshop yang ditawarkan. Dan bawa semua yang sudah kamu pelajari di sini ke dalam kehidupan nyata.

Saya berbicara tentang realita. Realita bahwa untuk memiliki hubungan yang benar, kamu harus memulai dan memicu ketertarikan dengan benar. Menjadi gentleman TIDAK MAMPU memicu ketertarikan yang benar. Itu hanya mampu membawanya sebatas hanya-teman-saja.

Ada banyak artikel kami tentang bagaimana seharusnya kamu bersikap ketika menghadapi cewek. Salah satu bagian terpenting adalah dengan memiliki KEPRIBADIAN YANG MENARIK. Kalau kamu sempat ketinggalan tulisan itu, baca Apakah hidupmu menarik?

Kalau kamu sudah membaca tulisan tersebut, baca sekali lagi! Baca sampai kamu merasa muak membaca dan ingin langsung mencobanya sendiri setiap kamu bertemu dengan cewek.

Hitman System hanya berbicara tentang realita. Itu sebabnya tidak perlu waktu lama bagi cewek-cewek untuk menunjukkan respon yang berbeda ketika kamu mulai beraksi dengan semua pengetahuan baru ini.

Lagipula, apapun reaksi mereka, itu jauh lebih bagus daripada kamu yang harus lagi-lagi terperosok ke dalam Lembah Ngarep, 'kan?

Sahabatmu,
Lex



>> TANYA
"Kan dari kemaren ngomonginnya soal gimana dapetin cewek, gimana caranya ndeketin cewek, skarang gue mo nanya, gimana ya, supaya cowok yang lo suka, suka balik sama lo?gimana sih cara ngedeketin cowok tanpa di sangka 'gatel'? soalnya selama ini kan cewek2 di stereotipe-kan sebagai kaum yg menunggu, sementara cowok tinggal memilih syapa yg bakal dideketin, tp kalo nungguin terus, capek bos.. gimana dong?"
- Tari

>> KEI MENJAWAB
image Jika saya merasa prihatin dengan cewek yang menutup diri karena kurang gaul atau memang karena jual mahal, saya merasa eneg bila melihat cewek yang selalu tebar pesona, menggoda dan memberi ratusan hints kepada cowok yang mereka sukai.

Itu menunjukkan bagaimana mereka sebenarnya desperate, bernilai rendah dan mencari validasi harga diri lewat banyaknya cowok-cowok (atau cewek!) yang bisa ngarep terhadapnya.

That's sick.

Saya harap kamu bertanya sebagai cewek yang selama ini tertutup dan menunggu, bukan sebagai cewek yang memang sudah sakit seperti di atas.

Jadi bagaimana caranya supaya kamu tidak terlihat 'gatel'?

Ya tunjukkan bahwa kamu tidak mupeng digaruk! :)

No, seriously, saya sama sekali tidak bercanda.

Kamu harus tahu bagaimana menciptakan interaksi premium dengannya, interaksi yang menunjukkan bahwa kamu bukan cewek murahan atau gatel. Justru kamu adalah cewek bernilai tinggi yang tidak sembarangan memberikan KESEMPATAN kepada cowok yang beruntung.

Kami di Hitman System menyebutnya Pay Per View.

Apa itu PPV?

Saya tidak akan membocorkan di sini.

Itu hanya dibagikan dalam workshop perdana untuk cewek bulan Mei nanti. Ini adalah kesempatan spesial karena kami akan membuka konsep baru yang tidak mungkin pernah kamu dengar dimanapun karena kami memang masih terus meraciknya dalam laboratorium Hitman System.

Jadi para cewek peserta workshop nanti akan mendapatkan kehormatan untuk melakukan test drive pada strategi ajaib ini. Itu sebabnya kami tidak memungut biaya apapun untuk workshop ini. It's totally free.

Hot and interested?

Baca info lebih lengkap di Kejutan buat Cewek!

Salam,
Kei



>> TANYA dari alumni HSEW II
"Guys, hari Sabtu kemaren kan gue main bilyard ama saudara gw. Nah di tempat bilyard itu ada segerombolan cewek sedang main bilyard. Saudara gw sih cuman bilang, tuh ada cewek2. Soalnya gw udah bilang kalo 2 hari
kemaren, gw belajar gimana ngobrol ama cewek yg belum gw kenal. Nah tiba2, langsung aja tuh gw dateng ke tablenya cewek2 dan…

Gue : { INTRO, TIME ILLUSION }
Cewe : Okay, ada apa?
G : Begini, { INTRO }
C : Well kalo gw sih itu bagus, keep practicing aja.
G : Iya ya. Tapi bukannya kalo kayak gitu dilihatnya nggak keren yah.
C : Nggak papa kan, toh nggak ada yg ngeliatin ini.
G : (Bingung mau bilang apa, karena belum mental rehearse. Plus ada unsur panik karena nggak tau mau bilang apa, jadi langsung begini deh). Eh, { BRIDGE, P+, MDB } ?
C: Iya udah.
G : Yakin?
C : Belum.
G : { MDB INTRO }
C : Males ah.
G : { J2 }
C : Katanya cuman bentar.
G : (The moment I lost my confidence) Hmmm, oke deh kalo gitu, gimana kalo { INTRO 2 }
C : Gw sih illfeel kalo jadi temennya.
G : Oke thank you. (Cabut ke kursi gw, tanpa nanyain nama, terlebih no. telp. Abis itu main bilyard lagi seperti biasanya dan saudara gw and temen2nya ketawa2 aja. I feel so embarassed that day.)

Tolong sarannya ya. Setelah kejadian ini nih, malemnya nggak bisa tidur karena mikir, apakah yg telah kuperbuat itu salah atau nggak. Atau sebaiknya gw diem aja. Oh iya kalo gaya arogan, haruskah dipakai setiap waktu, kayaknya kalo gw dirumah, gw jadi seperti cemen abis."
- Ichi

>> LEX MENJAWAB
image Pertama-tama, untuk pembaca yang bingung dengan semua singkatan di atas, itu adalah MATERI EKSKLUSIF workshop Hitman System.

Satu-satunya cara untuk mempelajarinya adalah dengan mendaftarkan diri dalam kesempatan workshop berikutnya, yakni bulan Mei depan nanti.

Oke sekarang kembali ke kasus Ichi.

Instead of feeling terribly down, you should have a big toast for yourself that night, brother! Kenapa? Karena kamu sudah menembus batas yang nyaris 80% cowok lainnya tidak berani hadapi. Jangankan menembusnya, membayangkan saja sudah bisa bikin mereka panik dan muntah-muntah.

Yup, saya tidak mengada-ngada. Berdasarkan sebuah data statistik, sekitar 80% dari populasi cowok tidak berani untuk memulai percakapan dengan cewek asing, sementara sisanya tidak mengalami kesulitan yang berarti. Dari 20% itupun, hanya setengahnya yang berhasil mengubah perkenalan tersebut menjadi sebuah hubungan yang berarti, entah itu persahabatan atau pacaran.

Kamu tahu apa itu artinya data di atas? Kamu sudah melompat keluar dari himpunan 80% itu, dunia cowok lossy! Apakah kamu berhasil atau tidak mengeksekusinya adalah faktor yang sama sekali tidak perlu dipusingkan.

Saya percaya kesuksesan berbanding lurus dengan pengalaman, dan untuk mencapai tingkat yang begitu kamu impikan itu, kamu harus bisa belajar melihat dan menghargai transformasi apapun yang sudah kamu alami sekarang, tak peduli sekecil apapun itu.

Ingat kata kunci yang diajarkan pada hari pertama workshop, sesi dekonstruksi yang paling brutal dan 'mengganggu': From LOSSY to GLOSSY. Bayangkan selama ini kamu hidup dan belajar bagaimana caranya menjadi LOSSY, cowok yang kalem, biasa-biasa saja, dan cenderung menghindari segala sesuatu yang mampu mengangkat social value kamu.

Entah kenapa orang menyebut sikap itu, "Dewasa dan tidak norak."

Saya menyebutnya, "Rendah diri."

Melalui workshop Hitman System, kamu menyadari itu semua dan tiba-tiba memiliki kekuatan untuk melawan semua paradigma yang sudah dicekoki ke dalam hidupmu selama lebih dari 20 tahun itu. Kamu bersemangat untuk menjadi GLOSSY, cowok yang demikian bercahaya karena begitu bernilai tinggi. Dan tidak seperti banyak cowok-cowok lain yang hanya suka mengumpulkan pengetahuan dan merasa dirinya bisa, KAMU BENAR-BENAR KELUAR SANA UNTUK MELAKUKANNYA.

You are not an ordinary guy anymore, Ichi.
You are an EXTRAORDINARY one.
That's a fact.

Pertanyaan besar yang menganga di depan kamu sekarang ini bukan lagi APA saya bisa menjadi glossy, tapi lebih ke KAPAN hal itu akan terjadi. Kalau kamu terus aktif menggunakan semua materi yang diajarkan, memodifikasi pola-polanya, kamu tidak sadar waktu itu datang lebih cepat dari dugaanmu.

So, here's what you can do to improve your performance next time.

Remember the Intro & P+  pattern? You have to learn to stick with that rule, man. Itu adalah URUTAN ALUR yang harus kamu jalankan ketika sedang hit cewek asing. Artinya, jika kamu belum bisa mengeksekusi Intro dengan baik, maka jangan dulu masuk ke dalam P+ karena besar resikonya kamu langsung ditembak jatuh.

Itu yang kamu alami dalam set di atas.

We invented the OPPC pattern for multiple reasons. Pertama, Intro & P+ sebagai speedometer. Kamu bisa melihat seberapa responsif cewek itu kepada kamu ketika kamu bisa dengan mudah berpindah dari satu fase ke fase lainnya. Mudah tidak selalu berarti cepat, tapi most of the time, jika kamu melakukannya dengan benar, seluruh percakapan terjadi dengan cukup cepat dan dalam waktu yang singkat kamu sudah pergi membawa nomor teleponnya.

Kedua, dia berguna sebagai peta percakapan. Kamu akan jauh lebih nyaman berdialog jika tahu kamu sedang berada dimana dan hendak mengarah ke mana. Besarnya tekanan skenario dan kecepatan menyampaikannya (karena kamu grogi) bisa membuatmu bisa kehilangan arah hingga berakibat fatal.

Ketiga, Intro & P+ berguna sebagai safety-line. Artinya, jika kamu mengalami kesulitan untuk maju ke fase berikutnya sekalipun sudah mengeluarkan semua skenario yang ada, kamu lebih baik segera keluar dari set karena kamu akan bertemu penolakan yang lebih mengerikan bila memaksa maju terus.

Eject from the set! They're not fun. No use to stick around with cold bitches. Save yourself from any unneccessary pressures.

Saya pribadi biasanya terus mencoba menembus halangan jika cewek menahan saya pada salah satu fase. Itu saya lakukan karena saat ini penolakan sama sekali bukan masalah bagi saya. Justru saya senang untuk melihat bagaimana (lihat saya menggunakan kata ini, bukannya 'apakah') saya bisa memutar keadaan yang ada, sambil berharap bisa menemukan pola-pola baru. Sementara bagi newbie yang baru saja mendalami Hitman System, ada baiknya kamu langsung eject bila sudah mencoba lebih dari dua kali di fase yang sama.

Jika kamu merasa sayang meninggalkannya begitu cepat, ingat bahwa bukan kamu yang kehilangan mereka, tapi MEREKA yang kehilangan kamu, karena kamu adalah THE BEST THING they could ever get in the world.

Jika kamu merasa malu meninggalkannya begitu cepat (mungkin karena dilihat orang lain), ingat bahwa tidak peduli bagaimana cowok-cowok meledek kamu, mereka hanya bisa BERMIMPI melakukan apa yang baru saja kamu lakukan. Kamu pernah di posisi mereka dulu, jadi kamu tahu sebenarnya mereka iri dan apapun yang mereka ucapkan sama sekali tidak perlu dipedulikan.

Dalam melakukan hit, kamu tidak perlu memilih-milih cewek yang sesuai dengan selera. Lakukan dengan siapa saja karena intinya kamu sedang melatih fisiologi dan mentalmu menghadapi tekanan situasi yang belum pernah kamu alami sebelumnya. Tapi sesudah berada dalam set, jika mereka rese atau terus menutup diri, kamu tidak perlu melanjutkan lebih jauh.

Kamu boleh meninggalkan mereka karena mereka bukan cewek yang menyenangkan.

Think about this a hundred time starting of tonight: kamu sekarang memiliki OPTION dalam berhubungan dengan cewek. Tidak seperti dirimu dulu yang pasif dan ngarep, kamu kini memiliki kekuatan untuk memilih, hubungan mana yang layak, cewek mana yang tidak layak, dsb.

Itu adalah sesuatu yang totally asing dalam hidupmu sekarang, tapi akan menjadikanmu sebagai cowok yang lebih hidup, lebih menarik. Kamu juga akan jadi terlihat secure dan percaya diri. Bukannya arogan, seperti yang disebut oleh saudaramu. Alasan mereka atau teman-temanmu yang lain akan menyebut seperti itu adalah karena kamu hanya berfokus pada transformasi body language TANPA mengimbanginya dengan transformasi mental.

Ichi, lakukan hit dengan lebih konstan. Lakukan dimana saja. Tidak ada kegagalan, yang ada hanya pengalaman. Baca lagi artikel Mengejar atau Dikejar? untuk memacu kembali frame-mu yang melemah.

You're getting there, bro.

Sahabatmu,
Lex



>> KOMEN
"Hahaha..menggebu2 skali messagenya. well..despite the fact bahwa cuman 3% persen kemungkinan akan berhasilnya suatu hubungan lewat dunia cyber, Friendster tetep aja hiburan tempat cuci mata hemat, cepat, dan fun. emang sih banyak yg di-palsuin foto2nya, cuman, yah sudahlah...jagn terallu dibawa perasaan. namanya juga dunia maya. buat have fun aja...ya ga? untung2 kalo kejadian beneran,..(hahaa..teteup..ngarep..)"
- TJ

>> JET MENJAWAB
imageHiburan? Cuci mata? Menyedihkan sekali. Kamu baru saja dengan sukses menunjukkan bahwa kehidupan sosialmu tidak lebih menyenangkan daripada browsing dunia maya.

Mau tahu apa yang saya sebut hiburan dan cuci mata?

Hangout with real friends, get some chicks, do something crazy, and play with them until day's over.

Now THAT's a solid entertainment.

Saya tidak suka bermain dunia maya. Bikin ngarep dan menghabiskan waktu saja. Tapi sepertinya belakangan ini Lex dan Kei juga sedang asyik menggarap konsep baru yang menjamin cewek online bisa dibawa kopi darat. Mereka sering membicarakannya, tapi bila saya bertanya, mereka berpura-pura tidak tahu atau sedang bercanda saja.

Hmm, if only I can sneak into their computers and see what's happening there...

Keep silent please,
Jet



>> TANYA
"Sebelumnya terimakasih dan saya sangat salut kepada milis ini. Saya AR 25th. Saya ngebaca ini pas banget karena baru abis putus, itu sekitar tanggal 31 maret 2006. alasannya orang tua, tapi karena filing saya kuat ternyata dia selingkuh sama teman kakaknya. saya dah pacaran 5thn, baru 1 kali pacaran dah sering dikhianantin olehnya (rosa). yang saya tau dari sahabat2nya yang juga cewek. dia lelah untuk pacaran lagi ama saya.padahal dia sama saya sudah berhubungan badan dan sempat aborsi. Saya sangat mencintainya. kalo masalah ortukan saya blum kerja tapi sekarang saya dah kerja. gimana bikin dia mengejar saya, dia padahal dia kuliah psikologi. Dan satu lagi gimana ibunya bisa tertarik sama saya, karena saya dah melakukan kesalahan bertengkar dirumahnya. terima kasih atas sarannya.Good Luck."
- AR

>> LEX MENJAWAB
image Man, forget about her!

Kamu sama sekali tidak salah membaca. Lupakan cewek itu, dan lanjutkan sisa hidupmu yang terbuka lebar untuk banyak petualangan besar. Terus berpegangan pada memori-memori manis tidak akan membuatnya ingin kembali kepadamu. Demikian juga dengan sering menelpon, mengirim email, atau berkunjung ke rumahnya.

Saya tahu kamu pasti berpikir jika kamu terus konsisten setia menyatakan perasaanmu, suatu saat dia akan menyerah kembali. Saya juga tahu kamu pasti berpikir macam-macam skenario untuk menunjukkan betapa kamu menyayanginya, seperti memperbaiki sikap, memberi lebih banyak kebebasan, bergaul lebih erat dengan orangtua agar dapat merebut hatinya kembali. Taruhan kamu pun terpikir untuk menangis tersedu-sedu di depannya, berharap hatinya tersentuh dan hangat kembali.

It's not gonna happen.

Lupakan dia, lupakan ibunya, lupakan seluruh keluarganya.

Justru bagus kalau sekarang kamu putus karena untuk apa kamu terus berhubungan, or bahkan menikah, dengan cewek yang mengaku sudah lelah dengan dirimu.

Apa yang bisa diharapkan dari hubungan yang seperti itu?

Trust me, you are EXTREMELY lucky to lose your relationship with her. I know all your emotions and feelings say the opposite, but that's because they're too fucked up to function properly now.

Rasa sakit, perih, or whatever yang kamu rasakan sekarang sama sekali bukan pertanda bahwa itu adalah cinta sejatimu atau bahwa kalian seharusnya terus saling bersama. Itu cuma reaksi NORMAL ketika menghadapi penolakan. Kita, cowok, adalah makhluk yang paling menyedihkan bila harus berhadapan dengan hal ini. Biasanya kita membutuhkan waktu tiga bulan untuk bisa keluar dari kegilaan depresi itu. Beberapa malah lebih dari enam bulan sampai satu tahun.

Guess what makes it so long and painful?

Karena kamu terus tenggelam di dalamnya. Cukup mendengar penolakan itu saja sudah terlalu menyakitkan, mengapa masih ditambah lagi kamu harus mengulang-ngulang kejadian itu dalam bayangan kamu setiap harinya, mengenang keindahan masa romantis dulu, membuka-buka hadiah atau surat yang pernah dia berikan, melirik foto kenangan, mendengar lagu-lagu favorit kalian, dan berharap kamu tidak melakukan apa yang sudah dilakukan dulu?

Rejection sucks. There's no point of mentally repeating it in your mind. Jadi keluarlah dan mulai bersenang-senang. Kembali pada hobi yang dulu biasa kamu lakukan sebelum bertemu dengan si cewek rese itu.

Dan jika kamu ingin memulihkan diri dengan 300 kali lebih cepat, segera daftarkan diri untuk workshop Hitman System untuk bulan Mei nanti. Saya akan menulis info tentang workshop itu besok pagi.

Sekarang kembali ke LA Lakers vs Phoenix Suns. Tim favorit saya ketinggalan jauh. Argh!

Go, Suns, Go
Lex

Related Articles

Catatan: Seluruh tulisan yang ada pada website Hitman System (hitmansystem.com), termasuk tulisan-tulisan pada blog Romantic Renaissance boleh Anda gunakan dan sebarluarkan selama Anda mencantumkan sumber tulisan, yaitu website hitmansystem.com dan link menuju website hitmansystem.com.

PLATINUM - JAKARTA
HSEW TANGGAL BIAYA DAFTAR
PLATINUM134 19-20 Nov 2016 Rp 5.000.000 sold out
PLATINUM135 17-18 Des 2016 Rp 5.000.000 daftar
PLATINUM136 04-05 Feb 2017 Rp 5.000.000 daftar
PLATINUM137 01-02 April 2017 Rp 5.000.000 daftar
PLATINUM138 03-04 Juni 2017 Rp 5.000.000 daftar
PLATINUM139 05-06 Agst 2017 Rp 5.000.000 daftar
PLATINUM140 07-08 Okt 2017 Rp 5.000.000 daftar
PLATINUM141 02-03 Des 2017 Rp 5.000.000 daftar
PLATINUM - REGIONAL
HSEW TANGGAL BIAYA DAFTAR
BANDUNG34 19-20 Nov 2016 Rp 3.000.000 sold out
JOGJA59 19-20 Nov 2016 Rp 3.000.000 sold out
SURABAYA60 19-20 Nov 2016 Rp 3.000.000 sold out
BANDUNG35 17-18 Des 2016 Rp 3.000.000 daftar
JOGJA60 17-18 Des 2016 Rp 3.000.000 daftar
SURABAYA61 17-18 Des 2016 Rp 3.000.000 daftar
BANDUNG36 11-12 Feb 2017 Rp 3.000.000 daftar
SURABAYA62 18-19 Feb 2017 Rp 3.000.000 daftar
JOGJA61 18-19 Feb 2017 Rp 3.000.000 daftar
BANDUNG37 06-07 Mei 2017 Rp 3.000.000 daftar
JOGJA62 20-21 Mei 2017 Rp 3.000.000 daftar
SURABAYA63 20-21 Mei 2017 Rp 3.000.000 daftar
BANDUNG38 12-13 Agst 2017 Rp 3.000.000 daftar
SURABAYA64 26-27 Agst 2017 Rp 3.000.000 daftar
JOGJA63 26-27 Agst 2017 Rp 3.000.000 daftar
BANDUNG39 11-12 Nov 2017 Rp 3.000.000 daftar
JOGJA64 18-19 Nov 2017 Rp 3.000.000 daftar
SURABAYA65 18-19 Nov 2017 Rp 3.000.000 daftar

 

 
Mobile Version

Home | About | Trainings | Products | Counseling | Articles | Blog | Konfirmasi | Contact Us

Copyright © 2006-2016
PT. Trans Realita Utama
Jakarta, Indonesia