Voila!

So here’s my first posting.

Kira-kira 2 minggu lalu, cewek gue ngasih tau soal CCF Printemps. Jadi Pusat Kebudayaan Prancis ngadain banyak event-event arts & culture selama beberapa minggu ke depan, dari pameran fotografi, pagelaran musik, dance, sampe drama dan sebagainya. Cewek gue minta ditemenin ke beberapa event tersebut dan since gue juga dari dulu sebenernya rada pengen tau juga seh soal ginian, so gue keliling Jakarta deh.

Hari Jumat (18/05/07), kita ke kedutaan Belanda: Erasmus Huis di Kuningan buat liat pameran Loesje. Jadi Loesje ini komunitas yang dibentuk sekitar taon 80an oleh segerombolan aktivis yang pengen menggunakan kekuatan KATA-KATA dan HUMOR untuk menyebarkan pesan-pesan sosial, perdamaian dan lingkungan. Yah mirip-mirip Joger atau Dagadu lah, cuma bule punya en sedikit lebih meaningful aja. Selain konsepnya yang emang solid en keren banget, pamerannya sendiri gak terlalu impresif.

Sabtu (19/05/07), gue, cewek gue, Lex en Piper, pergi ke Galeri Nasional buat liat pameran fotografi Gerard Rondeau. Ceritanya si Gerard mau menampangkan kisah kehidupan Jakarta lewat foto-fotonya, tapi ternyata malah foto-foto lamanya (yang diambil bukan di Jakarta) malah jauh lebih bagus dan layak dipamerin. Foto-foto Jakarta dan tokoh-tokohnya sendiri biasa aja, malah banyak yang kayaknya blur accidentally. Gue en Lex juga bisa foto-foto kayak begitu doank seh.

Selasa malem (22/05/07), gue en cewek gue pergi ke Graha Bhakti Budaya di TIM buat nonton pertunjukkan dance hip-hip dari group yang (katanya) udah ngetop banget di dunia Internasional, Pokemon Crew. Terus terang awalnya gue cuma pengen tau aja, kayak apa seh pertunjukkan dance hip-hop orang Prancis, sedikit meremehkan malah. Gue pikir bakal biasa-biasa aja. Tapi ternyata gue salah besar.

Canggih bro!

Jadi pertunjukkan dimulai dengan gelap gulita. Backdrop panggung hitam pekat. Nah tiba-tiba muncul tangan-tangan dan kaki-kaki glow in the dark, tanpa badan tanpa kepala, dan mulai menari-nari. Keren abis. Ngerjain otak gue banget. Jadi karena backdropnya item pekat, gue gak tau ada berapa orang sebenernya yang lagi ada di panggung. Dan ketika otak gue lagi berusaha keras nebak apakah kaki dan tangan tersebut berasal dari orang sama atau gak, eh tiba-tiba mereka pisah! Bikin ilusi kayak badan kebelah-belah. Mantap.

Dan abis itu lampu dinyalain, ternyata ada 8 orang di panggung. Terus mereka mulai deh dance hip-hop breakdance gitu. Lengkap dengan salto, headstand, whirlwind dan segala macem gerakan akrobatik ala capoeira lainnya. Pertunjukkannya cuma kurang lebih 1 jam seh, tapi intense banget. Loe gak mao ngelewatin satu detikpun tanpa terkagum-kagum.

Jadwal berikutnya, hari Rabu malem (30/05/07), gue bakal ke Graha Bhakti Budaya lagi buat nonton pertunjukkan ballet. Yup! Ballet! Hahaha… Gue belum pernah nonton ballet sebelumnya, so rada penasaran juga seh. Terutama sejak nonton Pokemon Crew yang kemaren, apalagi cewek gue bilang ini ballet ‘avant garde’ (apapun itu maksudnya). Mungkinkah ballet yang bakal gue tonton ini bukan sekedar ballet biasa? Ballet pake musik metal ato trance, mungkin?

Yah mudah-mudahan aja sehabis nonton semua pertunjukkan ini gue jadi lebih ‘berbudaya’ dan ‘beradab’. Selangkah lagi menuju glossy yang sejati =P


3 Responses to Voila!

Leave a Reply