Mau ngamuk!

Kalo ada satu hal di dunia ini yang selalu bikin gue ngerasa bodoh, terganggu sampe panas mau marah, then itu adalah Stereogram. Buat yang belon tau apaan itu, kata Wikipedia adalah ilusi optis gambar 3D yang diciptakan dari sebuah gambar datar 2D. Di internet ada banyak beredar contoh gambar stereogram, mulai dari yang simpel sampe yang sulit, tinggal google aja atau lihat kompilasi di Eyetricks. Sementara dalam bentuk publikasi buku, dikenal seri Magic Eyes dan Keajaiban 1 – 8.

It is so damn annonying cos semenjak pertama kali tahu tentang fenomena itu di jaman SMP dulu, sampe detik ini gue ngga bisa ngeliat the whole friggin hidden thing! Udah coba entah ratusan kali sepanjang lebih dari 15 tahun ini. Setiap kali browsing di bookstore pasti sempetin mampir bentar untuk ngecekin the latest stereogram book. Kalau lagi online juga biasanya ada aja yang forward’in email berisi gambar keparat itu. Setiap kali dicoba, tetep aja ngga ngga ada perubahan.

My recent attempt was last week bareng sama Piper. She didn’t know at all about this stuff, so she was excited to learn the deal. Gue yang udah langsung emosian ketika ngeliat gambar-gambar absurd itu mendadak jadi surut dan ikutan semangat lagi cos kali ini ngerasa ada temen untuk belajar bareng. So kalaupun tetep ngga bisa, then minimal ngga ngerasa bego sendirian.

Ini adalah gambar stereogram yang dipake hari itu. Kita habisin lebih dari satu jam (yang seharusnya untuk persiapan HS Roadtrip Surabaya) berolahraga mata, micingin, kotak-katik fokus, ngeliat dari jarak dan posisi yang beda, dan akrobatik bloon lainnya… tanpa pernah bisa ngeliat gambar yang diinginkan, yakni Gelas Anggur (wineglass)! Gambar kaga dapet, yang dapet malah mata perih, kepala pusing and perut mual.

Well, actually gue sempet bisa ngeliat bayangan siluet oval dari gelas itu, tapi terlihat sangat kabur dan tipis, jadi gue ragu apakah memang seperti itu keliatannya atau jangan-jangan cuman halusinasi gue doang. Barusan ini gue udah udak-aduk internet untuk cari variasi tutorial untuk cara ngeliat stereogram, tapi ngga satu pun yang berhasil ngebantu munculin stereogram tersembunyi itu.

Bikin penasaran abis, dasar gambar inflasi!

Here are some different technique tutorials in Bahasa: Stereogram (BEST tutorial, tapi tetep aja kaga ngebantu), Magic Eye, dan Stereogram & Magic Eye (ini juga bagus, tapi idung gue kesetrum ketika nempel di layar monitor, mwakakaka!). Sementara untuk yang bahasa inggris: The Logical Approach to Seeing 3D Pictures, video lesson to see stereogram, and another detailed video tutorial on stereogram.

What about you, guys? Gampang ngeliatnya? Sulit? Ada yang bisa ngajarin dengan cara lain? Come on, udah bertahun-tahun mentok begini, it’s hard NOT to think that jangan-jangan mata or otak gue ada cacatnya… 😀

Buat yang ngerasa bisa ngeliat, silakan coba tebak benda apa yang ada dibalik GAMBAR INI yang original gue buat pake software stereogram. But skalipun gue tau gambar apa yang tersembunyi, tetep aja kaga bisa ngeliat ada dimana tuh barang.

Aaaargh…

Leave a Reply

  1. Bener tu, si Brontosaurus, kepala di sebelah kiri (posisi mata kiri),lalu ekor di kanan (posisi mata kanan), gimana ya…njelasin nya, pokoknya sekitar 10 detik saya langsung bisa lihat, dan kalau bisa tak bawa maka kaki belakang di atas telapak tangan kanan saya dan kaki depan di telapan tangan kiri saya, gitu kira2 B-)…:)

  2. coba pake kaca transparan. taro tepat didepan gambar stereogramnya. trus lo mundurin muka lo dari gambar tersebud perlahan sambil liad bayangan muka lo sendiri di kaca transparan tadi. kalo mata lo udah fokus liad muka lo sendiri, perlahan2 langsung liad ke gambar stereogram. kalo HOKI, anda akan berhasil liad gambar tersebut. hahahahahaha……. latian trus sampe gak maen hoki2an. ok. wkwkkwkwkkwkw

  3. H,, gw udah bisa ngeliat gambar2 ini dari SD…

    Ada 2 cara, yg gua namain “Jereng” dan “Bengong”…

    Intinya sama, ngerubah fokus mata…

    Klo jereng, fokus mata ada di depan gambar, klo bengong, fokusnya di belakang gambar…

    Buat yg wineglass, ada petunjuknya biar gampang, yaitu 2 buah segitiga di atas…

    Ubah fokus mata biar kedua segitiga itu numpuk/nyatu, maka akan keliatan gambarnya…

    Btw, yang gambar bronto gw baru nyadar pake pola-nya logo HS…^_^

  4. sorry nih gua bisa liat hanya dalam itungan detik 😀 ..itu gambar dinosaurus, posisi kepala di kiri atas dan ekor di kanan kita. FYI mata gua silinder..jadi lebih mudah ngeliat gambar stereo.
    tips dari gua, cara liat nya posisikan 1 jari kita di antara kedua mata kita..tarik pelan2 menjauhi mata..usahakan mata kita sampai melihat jari kita seakan ada 2 dan fokusin pada ke-2 nya. istilah bekennya:jereng-in aja mata lu. efek sperti ini lah yg dirasakan oleh penderita mata silinder spt gua 😀 semoga berhasil.

  5. Bener tu, si Brontosaurus, kepala di sebelah kiri (posisi mata kiri),lalu ekor di kanan (posisi mata kanan), gimana ya…njelasin nya, pokoknya sekitar 10 detik saya langsung bisa lihat, dan kalau bisa tak bawa maka kaki belakang di atas telapak tangan kanan saya dan kaki depan di telapan tangan kiri saya, gitu kira2 B-)…:)

  6. Aku bisa! bisa! bisa!
    Akhirnya Lex nemuin cara yang konyol but somehow works buat bantu orang-orang yang ga bisa liat apa-apa. Gila gw baru sadar ternyata emang seru banget kalo bisa ngeliat *norak mode on*

  7. pas loe liat gambar itu, panah mousenya jadi dua..
    wah.. gue baru tau ada gambar kaya gini.. n gue langsung bisa..
    agak dijuling2in aja tu mata..
    n alhasil jadi juling beneran dech..

  8. Coba bayangin seakan lu ngeliat sesuatu yang ada 30 cm dibelakang tuh gambar/monitor lu,

    tujuannya simple buat pindahin fokus mata lu ke belakang monitor/gambar..

    instant koq biasanya, langsung keliatan!

  9. WTF!
    Gue gak ngeliat apa2 juga!!
    Dari Jaman SMA saat lagi model2 3d dibalik gambar, gw mpe bingung juga apanya yang bisa diliat!!

    Bronto apaan? yang gue liat mosaik2, gerak2..
    mpe jereng2 gak ngeliat ada siluet atau apapun yang berbentuk dinosaur? SHITTTTT

  10. Wah gue bisa lihat itu Bronto/Dinosaurus dalam waktu 10-15 detik saja. HAHAHA.
    (jangan emosi ya Lex… hehehe).

    Malah pas ‘bronto’ itu lagi terlihat ‘ngambang’ di layar laptop gw, gw sengaja gerak2an panah mouse gw, jadi efek ‘ruang kosong’ 3D di sekitar si bronto, terlihat ‘cool’ abisss.

  11. Eh, I already known the deal! Am just accepting the fact that I couldn’t see the frigging-so-called-three-d-image-supposedly-there and it’s fun to know there’re actually ways to be able to see it. I told you itu layar emang nyetrum ehehe now you know 😛