Facebook: ternyata orang Indonesia goblok!

Para tetangga kita di Malaysia pasti menyenangi judul entri ini. 😀 But nope gue ngga mau ikutan ribut dengan isu Indon vs Malingsia yang sempat ramai tempo hari, malah kalo ngga salah masih terus berlanjut sampe sekarang.

Aneh banget, kita adalah negara yang sudah merdeka, total mandiri dan lepas landas (hahaha, jadul banget nih istilah!)… lantas kenapa kita masih perlu bantuan orang dari negara lain untuk menghina bangsa sendiri?

Kita sudah dewasa, sepantasnyalah kita tidak manja dan bisa melakukan hal itu sendiri!

Bangun wahai pemuda-pemudi Indonesia, tidak malukah kita membiarkan bangsa lain mengambil apa yang sudah menjadi hak kita? Menjelang dirgahayu Indonesia ke-64 dalam satu bulan ke depan ini, kita wajib berdiri tegak, membusungkan dada untuk merebut kembali hak tersebut: marilah kita mengejek, memaki, menyumpah serapah dan menginjak-injak martabat bangsa kita sendiri sebanyak mungkin agar negara-negara lain terpaksa diam gigit jari karena habis tidak punya sisa bahan hujatan lagi.

Dan ijinkan gue jadi orang yang pertama melakukannya.

Ternyata orang Indo goblok… karena main Facebook aja sampe perlu buku panduan.

Tadi sore gue mampir ke Gramedia untuk sekedar ngeliat tren buku-buku baru yang lagi beredar. Betapa terkejutnya gue ketika ngeliat berderet-deret buku tentang Facebook.

indonesia goblok facebookWell, sebenarnya hal itu sendiri tidaklah aneh ataupun bodoh karena wajar saja jika para penerbit berlomba-lomba mencari profit dengan mengangkat salah satu segmen budaya yang sedang happening banget. Kata ‘Facebook‘ berhasil menjaring 31 buah judul buku di Barnes & Noble dan 106 buah judul buku di Amazon.

Yang menjadi aneh adalah ketika gue merhatiin secara detil judul dan isi konten dari buku lokal yang beredar di Indonesia: kebanyakan adalah sekedar membahas bagaimana cara menggunakan Facebook!

Amazon dan Barnes & Noble memang punya jumlah koleksi yang lebih gila banyaknya, tapi sekitar 80%-nya adalah buku-buku yang berisi analisis tren Facebook dari segi budaya, ekonomi, bisnis, teknologi, dsb (The Facebook Era, Facebook Marketing, The Founding of Facebook A Tale of Sex, Money, Genius, and Betrayal, Facebook Marketing Bible, What The Church Can Learn From Facebook, The Phenomenon Of Facebook Status, dsb ) serta tutorial Facebook tingkat-lanjutan untuk para developer dan hacker (Facebook CookbookFacebook Markup Language Fundamentals, Facebook Application Development, Developing Facebook Platform, Facebook API Guide, Facebook Advanced 2.0, dsb).

Tapi tidak demikian di negara kita yang tercinta ini.

Orang Indonesia ternyata sebegitu payah, dungu, dan menyedihkannya sehingga kita butuh segudang buku cetak tentang korelasi Facebook dengan gejala autisme membuat aplikasi Facebook kinerja Facebook dalam kampanye politik tehnik mengembangkan third-party software Facebook strategi mengalahkan popularitas Facebook panduan dasar menggunakan Facebook!

Lihat saja judul-judulnya.

  1. Tips & Trik Facebook. Berisi pembahasan cara menemukan teman lama, memberikan informasi terupdate tentang diri, memposting dan memberikan komentar atas tulisan, foto, atau video teman, membuat grup berdasar hobi, serta memanfaatkannya untuk bisnis.
  2. Panduan Cepat Menguasai Facebook. Berisi dasar-dasar penggunaan facebook, pembuatan grup, pembuatan halaman kelompok penggemar, dsb.
  3. Gaul Ala Facebook Untuk Pemula. Buku ini akan memandu kamu dari cara membuat account baru sampai cara bergaul di Facebook. OMG!
  4. Gaya Gaul Anak Muda Dengan Facebook. Judulnya, oh double OMG!!
  5. Mau Gaul? Mau Sukses? Pakai Facebooks! Berisi cara pengoperasian website jejaring sosial tersebut agar tidak akan lagi merasa canggung. Duh please!
  6. Add Me On Facebook. Berisi cara menggunakan layanan e-mail, comment, show profile, game, ngisi kuis, dan upload foto.
  7. Berteman & Berbisnis Lewat Facebook. Berisi cara mendaftar ke Facebook, melakukan konfigurasi utama, merombak tampilan facebook sehingga lebih menarik, teknik jitu menambah teman-teman Anda dengan cepat, dilanjutkan dengan teknik promosi efektif.
  8. Facebook Untuk Semua Orang, Untuk Semua Urusan. Berisi tentang cara menggunakan berbagai fasilitas dari Facebook yang membuatnya menjadi sangat terkenal seperti memanfaatkan coretan dinding (wall), berbagi foto, chatting, berbagi video, bermain games, dan menambahkan aplikasi.
  9. Pake Facebook: Gaya Loe… Maximal! Judul oh judul triple OMG!!!
  10. Seri Penuntun Praktis Facebook. Berisi tentang cara bergabung, mencari teman, membentuk sebuah grup, upload foto video, menambahkan aplikasi sesuai selera.
  11. Step By Step Facebook. Berisi pembahasan mengelola profil, menambahkan foto dan video, mencari teman, menambahkan aplikasi, bergabung dengan grup-grup komunitas, mengirimkan pesan, chatting, dll.
  12. One Stop For All Facebook. Berisi pembahasan mencari teman di Facebook, upload foto dari ponsel, menggunakan fasilitas Facebook untuk berpromosi, berkomunikasi asyik di Facebook.
  13. Panduan Praktis Mengoptimalkan Facebook. Berisi pembahasan cara menandai dan berbagi foto, menemukan teman lama, mengingat kembali momen yang terlupakan, sekaligus mengomentari foto tersebut, chatting, membuat notes, bermain games, mengabarkan aktivitas terkini, upload foto, dan mengoptimalkannya untuk keperluan bisnis.
  14. Menjadi Terkenal Lewat Facebook. Berisi pembahasan kelebihan Facebook, cara mendaftar Facebook hingga melakukan verifikasi akun, mengelola Data Diri yang meliputi pengisian data diri, visualisasi profil,dan penataan halaman profil, melakukan Komunikasi dengan Facebook yang meliputi memberi testimonial, berkirim pesan dan komunikasi dengan fungsi chat, membuat album foto  dan mengelola album serta foto yang sudah diupload kedalam profil, blogging dalam Facebook yang meliputi cara menulis note, melakukan format penulisan serta menerbitkan catatan tersebut. Judulnya sih canggih, bahkan daftar isinya juga ditulis dengan cara yang terasa berbobot; tapi kalo dibaca baik-baik… ternyata sama aja, STD!
  15. Ayo Buat Facebook-mu Menarik! Berisi pembahasan bagaimana mendaftar di Facebook, membuat dan mengelola profil Facebook, memasukkan foto dan video ke Facebook, mengirimkan hadiah ke teman, berjualan di Facebook, menambah aplikasi-aplikasi menarik.

Masih ada banyak buku-buku lokal lain yang berusaha sedikit terlihat cerdas dengan menyisipkan fokus atau penekanan tambahan pada ulasan Facebook-nya, seperti Bisnis Menggunakan Facebook, Facebook For Cari Duit, Panen Duit Pake Facebook, dsb… tapi rata-rata isinya sama standar juga.

Daftar di atas cuman sebagian kecil aja karena masih ada banyak banget judul lainnya yang gue liat tadi berjejalan di Gramedia (dan ngga bisa ditemuin online). Total jumlahnya berlipat-lipat ganda dibandingkan jumlah buku lokal yang mengungkit Facebook dalam bentuk wacana analisa, kebetulan gue cuma inget satu aja yang berjudul F-Marketing dari Media Ide. Kalau nanti ada yang niat, tolong masukin kata kunci ‘facebook‘ di komputer database Gramedia dan tolong kasih tau di sini ada berapa banyak judul terkait yang ada di sana.

Memperhatikan tren kelima belas judul buku di atas, mungkin ada yang kepikiran apakah jangan-jangan orang Indonesia gaptek?

Nope, sobat, orang Indonesia tidak gagap teknologi, karena kalau memang gaptek, then Facebook ngga bakalan bisa jadi tren sama sekali.

Jawabannya cuma satu: orang Indonesia goblok, titik. Matanya udah melek teknologi, tapi otaknya belum. Itu aja, simpel kok.


Udah cukup punya duit dan punya niat untuk ke warnet or langganan internet, tapi masih terlalu lemot untuk inget kalo internet SELALU punya jawaban untuk segalanya, apalagi untuk hal-hal yang sederhana. Kalau sama sekali tidak ada panduan berbahasa Indonesia yang mudah dimengerti, mungkin okelah kalau sampai perlu diterbitkan sejumlah buku yang menjawab kebutuhan itu.

Tapi pada kenyataannya, Google dan Yahoo selalu siap menuntun ke jalan yang benar karena ada ratusan blogger Indonesia yang udah pernah nulis tutorial Facebook dengan berbagai macam gaya penulisan dan tutur bahasa. Semua GRATIS!

Salah satu penerbit bahkan menuliskan promosi, “Buku ini disajikan dengan bahasan yang praktis, tidak bertele-tele…” Oh please… bisa yah LEBIH praktis dan LEBIH tidak bertele-tele dibandingkan dengan tutorial help dari situs Facebook sendiri? Hwarakadah!

Lagipula kalau tujuannya sekedar untuk iseng dan main, Facebook ngga sesulit itu sampai perlu baca buku manual!

Apa susahnya sih klik register, login, upload?

Dhuasar orang Indonesia guoblok. Ganyang Indon!

Dan setelah pegel ganyang-ganyang, ngga ada salahnya bergabung di Facebook Page Hitman System… 😀 Kalo ngga ngerti caranya, gampang ini dikasih tutorialnya gratis, ga perlu beli buku!

Tinggal pencet yang dilingkarin itu. Kegunaannya apa? Nanti aja liat sendiri… 😉

Anyways, ada intermezzo sedikit. Tadi selagi muter di Gramedia, gue ngeliat buku ‘biografi’ SBY yang berjudul Harus Bisa. Kaget… kenapa mirip banget yah ama slogan Obama “Yes We Can” ? Bukan cuman itu, warna bukunya juga. Bukan sekedar kebetulan ‘kan?

Karena iseng, gue coba googling untuk ngecek. Bener aja, ada banyak tulisan blog dan ulasan yang menyuarakan hal sama, seperti tulisan SBY Mau Meniru Obama dan Review Website SBY & Obama. Dan yang paling visual adalah gambar di samping ini dari blog ncplus. Klik untuk perbesar.

Intermezzo selesai.

So, kita udah sampai di ujung entri, jadi saatnya untuk berdiskusi:

  • Pernah beli buku lokal tentang Facebook? Jika ya, ada gunanya?
  • Orang Indonesia itu goblok, setuju atau tidak setuju?
  • Para penerbit itu goblok karena ga seleksi mutu buku, setuju atau tidak setuju?
  • Lex dePraxis itu goblok, setuju atau tidak setuju?

Jadilah penghujat dalam roh dan kebenaran…


279 Responses to Facebook: ternyata orang Indonesia goblok!

  1. Orang Indonesia memang goblok, tapi kalau 238 juta orang Indonesia kompak kencing dan berak bareng-bareng pasti negara mu itu (MALINGSIA ANJING) TENGGELAM SAMA KOTORANNYA ORANG INDONESIA…!!!!!

  2. mas, sayang artikel ente gak bermutu… di teliti kualitas pendidikan indonesia jauh lebih maju sekarang… kalo cuma buku ja, jangan di buat ukuran… toh sekarang yang lebih pandai di bidang IT malah indonesia… kalau produk IT memang thailand, malaysia, dan singapura… soalnya tenaga kerja untuk piranti lunak lebih murah di sana.. jadi banyak perusahaan milik investor asing di sana.. urusan hacker,,,,indonesia nomor 1 di dunia…

  3. Saya memang orang Indonesia, tetapi saya keturunan Yidis (Arab + Yahudi). Menurut saya, tidak semua orang Indonesia itu goblok. Jika saya harus mengelompokan siapa saja yang termasuk goblok di antara orang-orang Indonesia, maka penyelanggara blog ini akan saya kelompokan kedalamnya.
    Jika memang pembuat blog ini genius, ia tidak perlu bikin blog semacam ini karena pekerjaan tersebut hanya membuang waktu! Kerjakan saja pekerjaan lain yang lebih bermanfaat dan tidak perlu membuang waktu ataupun membuang biaya untuk hal-hal semacam ini.

  4. Gw suka nih sama ini blog entry.

    Internet itu bukan sesuatu yang bisa dibuat manualnya seperti DVD atau PS2 atau apalah.

    Internet itu adalah suatu kultur, suatu fenomena, lebih dari sekedar penemuan teknologi dan informasi. Percuma ada buku panduan tapi yang baca orangnya norak. Makanya jangan heran banyak banget alay-alay di Facebook yang gayanya NORAK sekali dan sok keren, ditambah dengan tulisan yang 9aK j3l4z (gak jelas). Menurut gw, kalau emang udah berusaha me-utilize facebook tapi ga ngerti-ngerti, saatnya anda keluar dari internet. Atau, berusahalah untuk lebih mengerti.

    Lagipula membuat buku yang kesannya short-term (keren dengan facebook dsb) cuma hanya akan relevan selama beberapa saat, sedangkan kalau buat buku dengan penjelasan mengenai konsep dari facebook itu sendiri, lalu bagaimana membuat facebook menjadi sesuatu yang produktif, itu lain soal.

    Gw sendiri merasa JIJAY dengan istilah 'gaul'. Buat apa gaul tapi tingkah laku ga enak diliat? Buat apa facebook keren-keren tapi isi postingnya sampah semua? Sorry, mendingan ga usah punya account facebook sekalian.

    Catatan terakhir : Cara pakai facebook ada di websitenya sendiri. Kalau ga bisa bahasa inggris, kan facebook kalau tidak salah bisa jadi bahasa Indonesia. Masa ga ngerti juga????

    Buat LexdePraxis : Mungkin istilah 'become a fan' buat orang indo jadinya 'menjadi kipas angin'

  5. SST! jangan bilang-bilang sebenarnya orang indonesia cuma pura pura tidak pintar, tapi sebenarnya pintar koq… Yang goblok justru orang yang percaya kalo orang indonesia tidak pintar, apalagi ditelan mentah-mentah. Memang apa untungnya meyakini bahwa diri Anda sendiri tidak pintar?

  6. mending orang goblok yang ngerasa dan tau dia goblok, maka dia akan belajar,… dari pada orang yang sok pinter tapi ternyata gobloknya terselubung,..

    berharap yang terbaik untuk indonesia kawan,..

  7. Mau Ganyang Malaysia ? Indonesia Celaka ? SILAKAN bila bila masa..
    Ingat Konfrantasi dulu..berapa ribu askar Indon MAMPUS di Johore..ditembak seperti ayam ayam kurap dijalanan..oleh angkatan bersenjata Malaysia yg terdiri orang orang keturunan Jawa dan Minangkabau sendiri..BODOH DAN SOMBONG BANGSA KAMU.TERUTAMA ORANG JAWA..Negara yg penuh korapsi. Tidak maju seperti Malaysia. INGAT..ada 3 juta rakyat INdonesia Celaka tinggal di Malaysia…kami bisa PENGGAL LEHER MEREKA bila bila masa.

    Osman Ali
    Petronas Carigali, L14
    603-23313310

    • mank brp bnyak sii orang malysial smpe lo brni ngmong kya gtu…
      kndaraan2 tmpur ngra lo sbrpa bnyak siii di bnding indonesia…
      negara lo tu secuil sekali orang indonesia nyerang tenggelam tu negara lo….
      skrang gni ja waktu piala AFF brlangsung di malaysia banyak orang indonesia hadir karna mreka gk takut apa pun….
      swaktu maen di GBK mana orang2 yg sok berani kaya lo….
      lo tu mirip kaya ANJING bisa nya cuma nge gonggong doank….

    • Gw mw tnya ma orang yg sok brani….
      mank brp bnyak sii orang malysial smpe lo brni ngmong kya gtu…
      kndaraan2 tmpur ngra lo sbrpa bnyak siii di bnding indonesia…
      negara lo tu secuil sekali orang indonesia nyerang tenggelam tu negara lo….
      skrang gni ja waktu piala AFF brlangsung di malaysia banyak orang indonesia hadir karna mreka gk takut apa pun….
      swaktu maen di GBK mana orang2 yg sok berani kaya lo….
      lo tu mirip kaya ANJING bisa nya cuma nge gonggong doank….

  8. Gi mana IndonesiaCELAKA bisa maju….para pememimpin nya KORAPSI semua..Banjingan..

    Osman Ali
    24536 ( staff No. )
    Petronas Carigali Sd. Bhd.
    Tel : 603 23313310
    KLCC, Kuala Lumpu

  9. Memang Indon ini GOBLOK BANJINGAN TENGGEK…
    Mau buat Bisniss di Indonesia bukannya MUDAH..banyak korapsi..dARI pAK sUPIR HINGGA bAPAK mENTERINYA SENDIRI Harus di suapkan dengan Wang..
    Saya adalah ahli perniagaan Dari Malaysia.

    Osman Ali
    ( T ) 60323313110

  10. Ya..Ambalat itu serahkan saja pada MALAYSIA …agar lebih cepat maju. Atau kalau mau ikut sama seluruh SUMATERA..masuk aja kedalam Malaysia…justru orang orang Malaysia asal keturunan nya dari sana.juga.mereka lebih pintar dari orang Jawa yang Korapsi dan kurafat.

  11. Kenapa gambar pemimpi Indon di wang seratus ribu Rupiah itu menutu muakanya..?

    Jawabanya..Kerna supaya rakyat Indonseia sendiri tidak mengenali pemimpinnya yang KORAPSI

  12. bukannya goblog gan, kesenggangannya parah banget kalo kata ane, dimana yg pinter semakin pinter, yg bodoh semakin bodoh dan terus ketinggalan.

  13. ga bs di pungkiri klo bangsa ini mang bobrok,banyak orang hebat,pintar tp jarang orang yg cerdas,dan ga da orang yg sadar klo kita selalu trus di bodohi dengan bangsa lain dan yg lebih parah nya dengan bangsa sendiri,mungkin pernyataan orang yg satu ini memang sangat tajam untuk menghinakan nama besar bangsa indonesia,menginjak2 nama besar bangsa indonesia,tp apakah kita sadar dengan segala nyata yg terjadi di bangsa ini terlepas siapa dia? atau apa dia orang indonesia? atau di mana rasa nasionalisme orang tersebut kalau memang dia orang indonesia bukan semua itu yg menjadi alasan paling tidak orang ini sudah mencambuk hati dan logika kita untuk,menghardik kita dengan kata2 yg teramat kasar agar kita sadar akan segala nyata yg ada di bumi indonesia…..jangan terus tinggikan ego ga kan ada guna,jangan terus menyangkal padahal kita sangat mengetahui hal sebenarnya,jangan terus berkilah atas kebenaran yg ada….buka mata harfiah dan qalbu kita lebar2 bahwa seperti apakah bangsa kita….kita harus banyak belajar supaya pintar dan alikasikan kepintaran kita untuk membangun bangsa ini……INGAT INI ADALAH PENGHINAAN BAGI SELURUH BANGSA INDONESIA TAPI SEPATUT NYA JG KITA HARUS BERUCAP TERIMA KASIH KEPADA ORANG INI KARENA TELAH MENYADARKAN SAYA PRIBADI SEBAGAI ORANG INDONESIA YG BODOH INI YG HARUS BELAJAR LEBIH BANYAK LAGI TENTANG SEMUA HAL

  14. Logikamu salah mas. Lu bilang indonesia goblok krn masih butuh buku panduan fb, sementara lu sebut-sebut terus tentang buku panduan fbnya dan tidak satupun lu sebut orang indonesia baca buku-buku panduan fb itu. Mungkin orang indonesia gak goblok bos, buktinya masih banyak buku tentang facebook terpajang di rak2 toko buku. Tidak laku, mungkin.

  15. saya tidak setuju dengan penggunaan kata goblok, tapi saya lebih setuju dengan penggunaaan kata malas

    rakyat kita tuh terlalu malas untuk berpikir, mereka hanya mau menimatinnya saja
    pantas saja Indonesia lebih suka ekspor bahan mentah ke luar, karena terlalu malas untuk mengolahnya

    buat bung ow aka ….
    latar belakang saya bukan IT, dan saya baru melek komputer ketika saya kuliah, tapi alhamdulillah saya dapat mengikuti perkembangan tekhnologi, karena saya mau tahu dan belajar, mungkin hal itu yang banyak orang tidak miliki.
    saya pikir kenapa buku bapak tidak di review, mungkin karena buku bapak sudah berada pada jalan yang benar, sementara yang lain masih mencari penunjuk jalan, satu lagi saya akui bapa hebat, kenapa karena sambil menyelam minum air
    berkomentar sekaligus promosi buku bapak.
    hehehe

  16. haha
    indonesia dah banyak yang tercandu dengan MALAS
    karena dulu Indonesia belum merdeka
    rata2 kakek moyang kita sudah memiliki tanah yang luas banget
    jadi kerjanya jadi petani tanam sayur,rempah2,sbgnya.

    jadi sesudah indonesia merdeka,
    kakek moyang kita Berpikir dan sekaligus berharap yang melanjutkan pekerjaan tanam menaman adlah anaknya/cucunya

    *jadi ngapain skolah lagi kalo sudah ad harta(tanah yang ber hektar2 luasnya)?
    Mending mending malas2an aja d*

    pikiran kakek moyang kita itu lah yang membuat kita jadi ketularan malas2an
    dan tidak ada minat buat kerja

    Di tambah Indonesia jarang ada yang berpikir untuk menabung
    rata2 pemuda indonesia stiap ada uang,di gunakan untuk membeli miras,rokok,dan alat2 pelengkap yang tidak ada gunanya dengan kebutuhan yang bener2 di butuhkan

    bayangin aja rokok,miras bisa merusak kesehatan
    Rokok juga bisa melemahkan Daya berpikir Otak

    so ngapaen menghabiskan uang untuk mencari penyakit baru?

    coba aja jika orang indo rata2 bisa menabung uang untuk membeli barang2/buku2 yang berguna untuk perkembangan ILMUnya

    indonesia tentu tidak di remehin dengan negara lain kan?

  17. sebenernya kita ga goblok atau bodoh… contohnya ada pak Habibie dgn teori “crack”-nya… trus byk Ilmuwan2 dan engineer handal aseli Indon yg ngendon di negara2 lain… (he he… bis disini ga dpt apa2!!)

    kita cuma ga kuat melawan hawa nafsu…
    hawa nafsu utk segera “terlihat” mapan… maju… canggih… tnp tau esensinya…

    contoh 1 : udah tau jalanan sesak, macet, polusi tapi masih aja pada kredit motor, mobil, daripada naik kendaraan umum.. cuma karena malu ma saudara dan tetangga kalo ga pny mobil…

    contoh 2 : kalo mau lihat sinetron itu baru pa lama, lihat aja HP yg dipegang pemainnya… he he… kalo sinetron thn 2009, berarti HP-nya udah BB-mania dgn keyboard qwerty-nya…

    intinya… kita ga goblok… tp kita malas dan manja… biasa lah… negara tropis, ga ada musim dingin…. jd bisa santai2 terus. kecuali kalo ada gempa bumi ma tsunami….
    salut dgn saykoji dgn lagu “online”-nya yg mengkritik para onliners yg kbanyakan mggunakan internet buat seneng2 doang….

    bro… sista… sebenernya yg plg baik adalah kita “berkaca” dan melakukan perubahan dari hal kecil, dari diri kita sendiri dan saat ini juga…. (he he.. mengutip AA Gym)

    anyway… aku tetep cinta negeriku ini…. dan optimis, kita bs bangkit!!!!

  18. daripada menghujat bangsa sendiri, memang tak ada jalan lain untuk menjadikan bangsa kita menjadi lebih pintar dari “goblok”-nya yg skarang menurut anda?? sebelum menghujat, lebih baik bercermin diri terlebih dahulu, jangan hanya melihat dari satu aspek, misal FB. lebih baik, coba untuk mengaplikasikan “kepintaran” anda itu pada hal yang positif dan berbudi, misal mengajarkan komputer, internet, FB dsb'y pada anak2 di luar daerah yang mungkin belum pernah merasakan kepuasan dalam berteknologi seperti anda dan teman2 forum anda. sukses selalu! I Love INDONESIA dan tanya dalam diri anda Cinta kah anda pada bangsa ini?

  19. he..he..meskipun judulnya agak ekstrim..tapi sy setuju tuh…masa’ facebook atau fs pake panduan…buat blog pake panduan…perasaan..anak smp aja bisa…ya ga’sich..Thx..n salam kenal..

  20. Tak Perlu Heran dengan Indonesia Tercinta kita yang Mayoritas Gaptek dan selalu ketinggalan, dsinilah peran Orang2 Jenius sprti anda dibutuhkan. Long Life Indonesia.

  21. Wah!! rame banget nih komennya, kayak di forum aja.
    Btw, dari ujung tulisan diatas yang jadi permasalahan kan, kalu ENTRY ini di baca mang si Malingsia.
    Kalu ane punya komment gini aje deh
    “Kalau emang orang Indo goblok, orang MALINGSIA “BIANGNYE GOBLOK”.

    ye kan? kalau gitu kan, masih mending jadi orang Indo yang goblok dari pade jadi orang MALINGSIA yang udeh “BIANG GOBLOK”, trus suka jadi maling lagi.

    Gitu aje deh

  22. saya rasa ada 2 fenomena yang bisa dilihat
    1. bahwa orang indonesia jeli akan peluang bisnis, sehingga ketika ada yang trend langsung bikin panduannya
    2. internet belum memasyarakat di indonesia. dan patut disyukuri bahwa sekarang pembelajaran intenet sudah ada di tingkat sekolah menengah sehingga di generasi yang akan datang tentunya mencari informasi melalui google akan jadi trend
    semoga

  23. Iya tapi kalo semua isi bukunya SAMA PERSIS dan cuman copas dari menu HELP fesbuk, apa nggak kelewatan nih?

    Diusir dari bumi Indonesia? Ehem ehem Sobat ini dunia maya bukan dunia orba. Hati2 orang seperti Anda cepat dimanfaatkan Noerdin Mohammad Top.

  24. NAJIS!
    ORANG INDONESIA BUKAN SEH LOE?
    SEJELEK-JELEKNYA BANGSA KITA, LEBIH JELEK LAGI ORANG YANG NGATA-NGATAIN BANGSANYA SENDIRI.
    SEGOBLOK-GOBLOKNYA ORANG INDONESIA, LEBIH GOBLOK LAGI ORANG YANG NULIS BAHWA BANGSANYA SENDIRI GOBLOK!
    ORANG KAYAK LOE PANTES DIUSIR DARI BUMI INDONESIA!
    BLOGGER MACAM APA LOE?
    NAJIS

  25. Wah judul yang bagus dan benar-benar mengangkat nama Indonesia banget.

    Kenapa orang Indonesia disebut goblok karena ada orang goblok yang menghina bangsanya sendiri dan bukan berusaha memperbaikinnya.

    Emang sudah yakin semua orang di dunia ini sudah bisa menggunakan facebook, emang sudah yakin semua orang bisa menggunakan komputer dan tau cara bersurfing atau bermain internet.

    Pernah baca buku-buku for dummies? atau buku pemrograman untuk para pemula? kalo gw bilangnya buku itu nggak berguna karena gw dah bisa, tapi gw nggak bilang goblog orang yang membelinya.

    Jadi kalo ingin membuat sebuah statement coba dipikirkan pake otak. Dan satu hal lo termasuk orang goblok kalo gw baca statemen elo karena lo masih warga negara Indonesia.

    Untuk yang setuju dengan tulisan si penulis di atas gw bakal nyebut lo goblok kalo beli buku-buku yang masih dasar.

Leave a Reply