Musik, Michael Jackson, dan Mellow

Dalam entri Ask Lex Anything tempo hari, ada satu pertanyaan yang belum sempat gue jawab karena emang rencananya gue munculin di topik sendiri. Komentar dari Gokera berbunyi, “Nanya dong boss, gw nemu lagu hanya romansa dr temen gw di bulbo fs, itu beneran bwatan elo?

Trus sekitar beberapa minggu yang lalu juga sempat ada yang munculin di Facebook.

Jadi sekarang sekalian aja deh dipublikasikan ke umum. 🙂

Buat yang belum tahu, ini lirik lagunya.

Yup, Hanya Romansa adalah ciptaan gue di pertengahan 2008 kemarin (kalo ga salah) ketika lagi iseng angkat gitar lagi setelah bertahun-tahun ngga nyentuh. Waktu itu kebetulan lagi ada gitar orang nganggur ketinggalan di rumah, so iseng main-main eh nemu musik yang catchy. Coba dilanjutin ke lirik, eh di luar dugaan ternyata ngalir juga dapet yang enak.

Ngga kehitung tepatnya brapa lama semenjak terakhir kali gue ngulik ciptain lagu. Dulu gue doyan banget kotak-katik nada begitu, secara (mwakakaka, akhirnya kepake juga nih istilah!) gue sempet sok sibuk main band. Yups, itu adalah ‘era keemasan’ dimana gue masih super gondrong metal, pakaian serba hitam, dan otak penuh dengan virus ngarep-ngarepan.

Modus operandi favoritnya adalah nyiptain lagu yang nunjukin perasaan gue, baik itu berisi pesan romantis atau pesan betapa despretnya gue, dengan harapan si cewek bisa ngerti, tersentuh, dan mau jadian ama gue.

Ngga perlu gue lanjutin lagi lah, cos kita semua udah tau persis apa ujungnya kan… 😉

Dan setelah tahun-tahun pilu itu lewat dengan berusaha ngendaliin ngarep dan disiplin glosifikasi, kreatifitas aransemen musik itu juga sekonyong-konyong memudar perlahan-lahan. Mulai males pegang gitar, apalagi untuk mainin dan mentok juga ga bisa buat musik baru. Jadi ketika tempo hari muncul inspirasi yang glossy untuk Hanya Romansa, gue kontan berasa super duper hepi and semangat abis. Langsung deh bongkar arsip program, install Cool Edit Pro yang selalu jadi software audio andalan gue, dan rekam seluruh lagunya.

Tapi sayang, gue terlalu iseng kutak-katik eksperimen tuh program karena kangen dah lama ga pake, salah klik save dan akhirnya hilang file mentahnya. Hanya tersisa adalah versi di bawah ini, sekaligus lagu-lagu lainnya dari jaman baheula (ada dua yang cover version)  yang tersimpan di hard disk yang mulai sekarat ini.

Engga perlu pake lirik lah, males nulisnya. But ketika ngedengerin lagu-lagu itu lagi sekarang, terasa mengigil bin merindings… 😀 plus mellow sebagai efek samping dari makan siang ikan bakar dengan olesan bumbu rahasia (yang konon katanya bisa melipatgandakan performa seksual, tapi ke gue efeknya malah sendu-sendu gini).

Jadi inget tadi pagi ketika nonton acara memorial Michael Jackson. Untuk pertama kalinya gue terhenyak, menyadari bahwa salah satu inspirasi terbesar dalam hidup gue itu sekarang udah bener-bener pergi. Berita kematiannya pada tanggal 25 Juni emang udah gue denger dan baca sekilas di beberapa media massa. Tapi ini semua baru trasa banget-banget nyata subuh tadi waktu CNN Facebook nyiarin prosesi peringatan kehidupan dan kematiannya.

Baru kali ini juga gue telponan sama orang dan ngaku gue nangis karena seorang cowo yang bahkan ngga kenal gue juga. Terserahlah, buat gue MJ adalah sosok yang lebih dari skedar seleb atau tokoh terkenal dunia. Dia yang pertama kali ngebuka mata gue tentang arti sebuah impian. Gue jadi bisa ngeliat contoh nyata bagaimana gue bisa ngeraih mimpi setinggi apapun sepanjang gue trus komitmen pada totalitas seratus persen seperti dia.

Ngga ada satupun karyanya yang gagal nyentuh gue. Seolah-olah Michael ngomong secara pribadi ke gue lewat lirik lagunya, lewat antuasiasmenya, lewat keunikan gaya hidupnya, lewat pilihan-pilihan yang dia ambil, dan lewat tekanan-tekanan yang dia alamin waktu kecil, dewasa, bahkan menjelang tahun-tahun terakhir kehidupannya.

Dan kini dengan kepergiannya, gue ngerasa hampa, retak, merana sendirian.

… ugh, ikan bakar keparat.

Mellow begini enaknya dipake untuk nulis lagu lagi. Tapi apa daya, sekarang udah ngga ada gitar.

Undangan komentar kali ini adalah:

  • Ada yang banyak temen yang bilang Hanya Romansa mirip lagu soundtrack sinetron remaja gitu. What do you think?
  • Dari 25 daftar lagu di atas, mana yang paling loe doyan dan apa alasan-alasannya?
  • Pernah strategi PDKT dengan buatin lagu ke cewe? Gimana hasil akhirnya?
  • Ada yang bisa nebak apa bumbu rahasia ikan bakar yang konon berefek ledakan seksual itu  (atau dalam kasus gue, malah mellow)?
  • Ada yang nonton memorial Michael Jackson kemarin dengan sdikit ngarep tiba-tiba peti Michael kebuka dan dia lompat sambil nyanyi senyum-senyum, “You know I’m bad, I’m bad, you know it… hee heee!
  • Gue bolos nyontreng, ada yang bolos juga? 😀

Seandainya ada yang pengen donlot: Hanya Romansa (full) & Hanya Romansa (chorus for ringtone).


66 Responses to Musik, Michael Jackson, dan Mellow

  1. Afis emang hebat,
    ampe ‘anak-anak’ Lex kegatelan dan akhirnya nulis comment.

    minjem kata-kata sou di postingan ‘Hate Mail’:

    “yah biarinin ajalah…
    afis menggonggong, hitman system terus maju~”

    @Lex
    Time for new post, dad.

  2. O ya Lex lagu reign with christ dan Our day itu lagu ciptaan Loe ya?

    ane paling suka tuh lagunya , kalau boleh bisa di masukin dalam lagu band gue hehe kalo boleh

  3. @Afis:
    Dedy Corbuzier Lo biLang jenius, Fis?
    gw punya banyak pesuLap Lain yg Lebih jenius dari dy, cuma beda dy terkenaL dan mereka nggak.
    dy maenannya gimmick semua.
    kayak gitu jenius?

    Ahmad Dhani jenius? yeah, Lagu2 dy memang berani. n gw ga tau banyak tentang dy so gw ga ngomen bnyk.
    but okeLah kLo dibiLang ada “pemusik jenius” yg secara Lisan mengkritik (atau menurut persepsi RedZz menghina) orang Lain.

    itu karna mereka jenius Fis.

    pertanyaan gw cuma satu:
    Lo jenius gak?
    *pasang tampang merendahkan*

  4. doh.. puluhan comment gw pikir buat nanggepin karyanya Lex

    Keren Lex,
    coba kalo ga pake suara chipmunx, better nampaknya..

    yang ‘i know’ gw suka bro,
    garap ulang bakal asik tuh,
    trus dipublish..
    bisa nggantiin (konon)hits indo skrg yang..
    “tak gendong..kemana mana..”

  5. standing ovation for afis..

    and then tereaak, “we want more!! we want more!!”

    lalu kembalilah afis dari belakang panggung yang megah itu untuk melakukan encore saat tur konsernya mampir di San Diego.

    gue suka gaya lu bro…

    tapi, kalo musik lu mahal, kenapa karya lu gak pernah terdengar di hadapan publik ya?

    yaa, at least di radio, atau salah satu dari sngle andalan lu di review di majalah, atau bahkan muncul di chart MTV.

    atau lu memang bukan musisi yang berjalan di bawah naungan dunia musik popular?

    kalo begitu gue lebih salut lagi, bro!!

    gue malah sangat penasaran sama karya-karya kontemporer lu, atau mungkin lu udah membuat karya symphony atau mungkin pilharmonic ?? atau mungki lu meng-compose karya-karya yang dibayangi oleh musik di era impresionis ala claude debussy???

    damn maannn!! gue berani bayar kalo emang bener lu seorang composer hebat yang juga memainkan pattern harmoni multitone ala danny elfman.

    so, gue bukan nagih karya lu bro, kan lu sendiri yang bilang kalo musisi sejati itu akan memperdengarkan karyanya demi menghibur orang-orang, memperindah dunia bla…blaa..blaa dan apalah itu..

    so, dimana musik lu bisa INDONESIA denger??

    kalo menurut gue sih wajar apabila ahmad dhani punya hobi mencela karya orang lain.

    1. karena semua orang tau, kalo ahmad dhani seorang songwriter, arrangger, composer, producer, player, singer yang hebat (dari sudut relativitas) yang membentuk trend musik di Indonesia.

    2. Karena karyanya laku, disukai banyak orang, dan akhirya menghasilkan duit yang buanyak!! dan jadilah dia kaya raya! so, wajarlah kalo dia pandai mencela karya orang lain, denga tolak ukur : “karya gue bagus, laku, disukai orang banyak. gue dikenal jutaan orang di indonesia termasuk afis didalamnya.”
    dengan tolak ukur itulah dia bisa bilang,

    “..hey, karya lo kayak sampah, karya gue bagus!! buktinya artis2 gue kebanjiran banyak manggung, duit gue banyak, trus lu mau apaa??..”

    yaa, itu ahmad dhani, lain lagi jika Musisi Maestro Slamet Abdusyukur yang mengkritik (baca : mencela) karya orang, dia akan mengeritik secara konstruktiv dari sudut pandang musikal yang benar2 musikal.

    lalu tolak ukur afis menghina karya orang lain dari sudut pandang apa, fis?

    lafagreen ingin mengetahuinya untuk perbandingan cara menghina kita, bro.

    @lex

    kepalang OOT ya bro.

    makanya, kita remake lagu hanya romansa itu oke bro! melodinya udah catchy, tinggal aransemen musiknya bisa dibikin lebih oke lagi tuh bro. santai….

  6. hmmm… i feel you bro!!

    Dulu gw sering banget bikin lagu yang terinspirasi dari seorang ce ngarepan gw.. dan klo boleh jujur banyak banget lagunya. dan waktu itu serasa gampang aja bikin lagu. tp sekrang lagu itu cuman bisa jadi alunan musik yang indah dibanding kan dengan liriknya yang ingin gw ubah.

    klo bertanya berhasilkah gw dengan lagu2 romantis yang beraliran melodic punk itu? jawabanya NOL BESAR (gw keburu ikut hs jadi berharap lagu itu tak terdengar olehnya) 😀 hahaha..

  7. Btw i just wondering.. apakah pemusik jenius or sama artinya dengan pemusik sejati ?

    or Pesulap genius ( or so called genius ) sama artinya dengan pesulap sejati ?

  8. @Afis.

    Ahmad Dhani and Deddy corbuizer.

    Oh god.you really don’t know bout these guys dude.really..
    How he pay the other to sing his song and claimed that he sang it.

    For DC.How they Mimic another mentalist called MaxMaven.

    If you called this is jenius.

    So maybe you must change jenius description in world’s dictionary from

    # someone who has exceptional intellectual ability and originality;
    # brilliance: unusual mental ability
    # ace: someone who is dazzlingly skilled in any field
    # exceptional creative ability
    # flair: a natural talent

    to

    “people who do anything to get famous”

    Sins

  9. Afis memang selalu komen dengan kata2 yang ga bermutu dan lossy tapi ga mau sadar2…
    Mengapa orang super lossy begini bisa ada di Hitmansystem?
    Pertanyaan gue untuk hitmansystem crew:
    Kalo lu orang ketemu Afis di jalan apa yang akan lu orang lakukan?
    a)Sapa
    b)Diemin aja
    c)Marahin
    d)Tonjok
    e)Berangus dan bakar

  10. Dear,

    Hmmm, gw jujur saat gw bilang lagu “Hanya Romansa” itu lagu tidak jelas. Dari vokalny yg memakai efek alpine, settingan equalizer yang ga selaras n annoying, apalagi pada saat reff.

    Diantara lagu-lagi LEx diatas, gw recomend yg judulnya: “JUST A MAN”, better than all.

    @lafagreen
    Mau denger lagu gw? enak aja, gw kutip dari kata2 Joker di TDK:
    -If You’re good at something, NEVER do it for FREE-.

    @sins
    maybe YES, maybe NO.
    Keep positive thingking

    @redzz
    maksud gw ttg keJANTANan jangan diartikan secara HARFIAH, -> cape dech. Pikir sendiri.

    Pemusik sejati tdk pernah menghina karya org lain.
    Ahmad Dhani ?? (salah satu musisi jenius d Indonesia)
    Deddy Corbuizer ?? (pesulap jenius dan terkemuka diindonesia).
    Contoh dua orang diatas yg jenius hingga tak terhingga apakah ga pernah dari lisan mereka mengkritik(atau menurut persepsi anda menghina), orang lain.

    Regards
    afis gAK praXIS

  11. Afis mau liat kejantanan Lex? Terus mau diapain Fis? RedZ yang bukan pria aja ga pernah berani ngomong begitu… Afis memang double loser.
    Ada cewek RSJ ngejer Afis? Siapa suruh main musik di RSJ…

  12. hmmmm….
    IMHO, musik lo oke lah, tapi gw ga begitu suka vokalnya, sorry to say.
    terus berkarya!

    gw sempet kepikiran juga ngebuatin lagu buat gebetan,
    urung dilakukan karena gw ga mahir maen alat musik, apalagi suara gw pales.

    lo korban DPT, Lex?

  13. nice song

    hahaha si afis ini byk musuhnya yah di blog ini. buat sins kok tulisanya kebanyakan kalo gw salah yah, bener kali.
    Lafagreen sdg menantang afis.
    redzz gemes sama si afis, hati-hati loh ntar malah suka.

  14. Dulu ada tika yang selalu beropini lain dan bertentangan dengan apa yang di tulis lex. Sekarang ada afis. Jadi penasaran korelasi antara afis dan tika? apa mereka itu satu orang yang berganti nama aja? atau mungkin tika dan afis merupakan perwujudan pribadi lain dari orang yang sebenarnya menyetujui juga alias orang yang sedang latihan untuk memiliki kepribadian ganda?
    anyway lex baru kepikir aja, gmana seandainya tiba2 si jacko bangkit and langsung nyanyiin lagu hanya romansa elo di depan publik? Menurut lo apa yang akan terjadi dan apa yang akan lo perbuat? Apakah hal itu mungkin terjadi? 🙂

  15. @AFIS:
    RedZz gemes.
    u tau musik sebeLum gw Lahir?
    buat lagu, ngeband, record, juara festival sebelum gw blajar nulis n baca??
    sayangnya musisi sejati ga akan pernah menghina musik orang Lain.
    every music has their own taste n range.
    kecuaLi seLera musik u cetek dan terbatas hanya sampe buat Lagu2 tanpa ritme n nada, ngeband pake Tam2 dan dua gitar di bus, record pake recorder HP, dan juara festivaL 17 Agustusan di RT setempat.

    dan ngapain juga u nungguin KEJANTANANNYA Lex DePraxis?????
    itu tanda tanya besar buat gue.
    Lo nungguin KEJANTANANNYA, cuy?
    seriusan?

    @Lex: i guess u shouLd b carefuL from now on.. afis tunggu KEJANTANAN Lo.

  16. Heu.. era keemasan?
    *bayangin Lex dengan rambut super gondrong metal plus baju serba hitam*
    er.. ga jadi ngebayangin deh.. :3

    btw, dt ga tau ada bumbu ikan bakar yang bisa ningkatin gairah seksual.
    Kamu lagi [s]PMS[/s] sensitip aja kali, Lex. Kebetulan aja abis makan ikan bakar aneh itu.
    And please, don’t blame the fish..

    Sayangnya dt ga bisa bolos nyontreng, anggota KPPS gitu. Tapi lumayan lah..
    *lirik duit hasil jadi panitia*

  17. hahaha…si Lex sampai ciptain lagu untuk cewek ngarepannya, pakai acara super gondrong metal, pakaian serba hitam, dan otak penuh dengan virus ngarep-ngarepan…..keren juga katronya….
    jadi keingat masa-masa dulu gw ngejar cewek…

  18. afis menulis :

    1. Lagu ga jelas,

    2. Gak ush bawa2 nama MICHAEL JACKSON.
    kemana aja lw sebelum dia meninggal,
    gubris aja enggak, Giliran meninggal
    baru diinget-inget lagi.
    -Dasar manusia berbulu domba-

    3. Musik itu gambaran diri seseorang yang
    mereka luapkan melalui nada-nada.

    4. klo lw pemusik sejati, lw akan membuat
    musik lw itu didengar oleh banyak
    orang, bukan oleh 1 org, apalagi ce
    doank.

    4. lw bakalan membuat semua orang
    mendengar suara jiwa lw, kreativitas
    lw, menghibur orang, membuat orang2
    terpesona dan mampu melengkapi indahnya
    keajaiban dunia dgn suara musik lw.

    5. afis g praxis
    ditunggu KEJANTANAN LW

    lafagreen ingin mengobrol :

    1. lagu yang gak jelas itu tolak ukurnya apa bro?

    2. lu sodaranya michael jackson dari omnya yang mana bro? nampaknya ada hal yang terlalu sensitif disini.

    3. yep, definisi musik awam.

    4. kan mr.dePraxis gak ngomongin kalo dirinya musisi sejati…bro… malahan dia bilang diaatas kalo dia “…sok sibuk ngeband…” which means dia cuma iseng maen musik. kalo lu tau musisi sejati itu seperti apa, kenapa lu gak jadi musisi sejati aja? mana karya lu?

    5. maksud??????????

  19. @afis.
    Gw punya temen band yang lagi rekaman dan mulai manggung. jadi gw tau susahnya untuk mempublish lagu supaya di denger banyak orang

    dan sory kalo gw salah, tapi sampai sekarang gw gak pernah liat ataupun denger statement lex tentang dia adalah pemusik sejati.

    and mungkin gw juga salah,
    tapi mungkin posting lo itu cara lo supaya lex mempublish lagunya supaya di denger orang banyak dengan menantangnya.^^.

    Namun untuk lex caranya kurang bekerja karena dia bisa ngeliat itu more than me bro.^^

    Mungkin salah
    Sins

  20. @ frank_thegreatest
    gw bkn GAY — plis dech,
    dibaca bae2 postingan gw, menjawab pertanyaan si lex yang ke-3
    @ervine
    1. loe bkn orang yg ngerti musik,
    2. gak pernah bikin lagu,
    3. gak pernah rasain namanya ancur2an mengejar cew
    answer
    1.Gw tau musik sebelum lw lahir.
    2.Gw buat lagu, ngeband, record, juara festival sebelum lw blajar nulis n baca
    3.Gw g pernah ngejar cewe(coz g penting), cewe yg ngejar gw(itu yg penting)
    @fuck afis
    orang pengecut dan gak pny value yg memakai nama org lain dan mencacinya

  21. waduh lagi nge’homo yang d atas gw.=D
    g ikutan dah..

    om lex baru denger w lagu’nya keren2…,numpang nyedot ya yang hanya romansa.he..he..

    klo buat lagu ke cwe mah gw kagak pernah,pegang gitar aj gemeteran.=P

    kalo MJ ampe keluar dari peti..,sambil nyanyi2 bisa2 sluruh dunia nimpukin dia.wakakaka….

    untuk yang k sekian kali’nya gw absen dari politik.hikz..hikz..

  22. @afis
    menurut gw,
    loe bkn orang yg ngerti musik, gak pernah bikin lagu, gak pernah rasain namanya ancur2an mengejar cew (or maybe u gay ). jadi nulis kayak gitu……..

    cuman mau nanya…. punya tape ga’ dirumah?

  23. @ afis bego..
    Mr. lex lg publikasikan musik kerennya biar di dengar banyak orang..
    khususnya orang bego kayak lo,biar pinter dikit.:)

    Pake nunggu2 kejantanan lagi..
    Blog ini khusus buat orang2 normal,
    bukan homo kayak lo,bung!!
    🙂

  24. Lagu ga jelas,

    Gak ush bawa2 nama MICHAEL JACKSON. kemana aja lw sebelum dia meninggal, gubris aja enggak, Giliran meninggal baru diinget-inget lagi.
    -Dasar manusia berbulu domba-

    Musik itu gambaran diri seseorang yang mereka luapkan melalui nada-nada.

    klo lw pemusik sejati, lw akan membuat musik lw itu didengar oleh banyak orang, bukan oleh 1 org, apalagi ce doank.

    lw bakalan membuat semua orang mendengar suara jiwa lw, kreativitas lw, menghibur orang, membuat orang2 terpesona dan mampu melengkapi indahnya keajaiban dunia dgn suara musik lw.

    afis g praxis
    ditunggu KEJANTANAN LW

  25. mellowwwwww…..
    gw pernah bikin 4 buah juga, bwt gebetan.
    gw dah begadang, ngabisin duit buat take live,
    but, dia malah jadian ma cow laen…….
    disitulah gw nemuin hitman sistem.
    but thanks for nenenk, kalo gak ada elu gak bakal tau rahasia gebet cew2 baru… hikzz

    thanks,

  26. untuk pertanyaan no
    1.pertama gw jarang nonton sinetron remaja so gw gak inget bahkan gak tau lagu sinetron remaja kaya apa,gak kaya afis yang badannya doank ud dewasa tapi pikirannya kaya anak remaja
    2.
    3.gw gak pernah bikin lagu ke cw coz gw gak ngerti musik
    4.lada+cabe+coklat+duren+bir+whiski
    5.wah bakal seru banget tuch
    6.sorry karu hal yang satu ini gw memilih LANJUTKAN GOLPUT!!!!

Leave a Reply