Facebook: ternyata orang Indonesia goblok!

Para tetangga kita di Malaysia pasti menyenangi judul entri ini. ūüėÄ But nope gue ngga mau ikutan ribut dengan isu Indon vs Malingsia yang sempat ramai tempo hari, malah kalo ngga salah masih terus berlanjut sampe sekarang.

Aneh banget, kita adalah negara yang sudah merdeka, total mandiri dan lepas landas (hahaha, jadul banget nih istilah!)… lantas kenapa kita masih perlu bantuan orang dari negara lain untuk menghina bangsa sendiri?

Kita sudah dewasa, sepantasnyalah kita tidak manja dan bisa melakukan hal itu sendiri!

Bangun wahai pemuda-pemudi Indonesia, tidak malukah kita membiarkan bangsa lain mengambil apa yang sudah menjadi hak kita? Menjelang dirgahayu Indonesia ke-64 dalam satu bulan ke depan ini, kita wajib berdiri tegak, membusungkan dada untuk merebut kembali hak tersebut: marilah kita mengejek, memaki, menyumpah serapah dan menginjak-injak martabat bangsa kita sendiri sebanyak mungkin agar negara-negara lain terpaksa diam gigit jari karena habis tidak punya sisa bahan hujatan lagi.

Dan ijinkan gue jadi orang yang pertama melakukannya.

Ternyata orang Indo goblok… karena main Facebook aja sampe perlu buku panduan.

Tadi sore gue mampir ke Gramedia untuk sekedar ngeliat tren buku-buku baru yang lagi beredar. Betapa terkejutnya gue ketika ngeliat berderet-deret buku tentang Facebook.

indonesia goblok facebookWell, sebenarnya hal itu sendiri tidaklah aneh ataupun bodoh karena wajar saja jika para penerbit berlomba-lomba mencari profit dengan mengangkat salah satu segmen budaya yang sedang happening banget. Kata ‘Facebook‘ berhasil menjaring 31 buah judul buku di Barnes & Noble dan 106 buah judul buku di¬†Amazon.

Yang menjadi aneh adalah ketika gue merhatiin secara detil judul dan isi konten dari buku lokal yang beredar di Indonesia: kebanyakan adalah sekedar membahas bagaimana cara menggunakan Facebook!

Amazon dan Barnes & Noble memang punya jumlah koleksi yang lebih gila banyaknya, tapi sekitar 80%-nya adalah buku-buku yang berisi analisis tren Facebook dari segi budaya, ekonomi, bisnis, teknologi, dsb (The Facebook Era, Facebook Marketing, The Founding of Facebook A Tale of Sex, Money, Genius, and Betrayal, Facebook Marketing Bible, What The Church Can Learn From Facebook, The Phenomenon Of Facebook Status, dsb ) serta tutorial Facebook tingkat-lanjutan untuk para developer dan hacker (Facebook Cookbook, Facebook Markup Language Fundamentals, Facebook Application Development, Developing Facebook Platform, Facebook API Guide, Facebook Advanced 2.0, dsb).

Tapi tidak demikian di negara kita yang tercinta ini.

Orang Indonesia ternyata sebegitu payah, dungu, dan menyedihkannya sehingga kita butuh segudang buku cetak tentang korelasi Facebook dengan gejala autisme membuat aplikasi Facebook kinerja Facebook dalam kampanye politik tehnik mengembangkan third-party software Facebook strategi mengalahkan popularitas Facebook panduan dasar menggunakan Facebook!

Lihat saja judul-judulnya.

  1. Tips & Trik Facebook. Berisi pembahasan cara menemukan teman lama, memberikan informasi terupdate tentang diri, memposting dan memberikan komentar atas tulisan, foto, atau video teman, membuat grup berdasar hobi, serta memanfaatkannya untuk bisnis.
  2. Panduan Cepat Menguasai Facebook. Berisi dasar-dasar penggunaan facebook, pembuatan grup, pembuatan halaman kelompok penggemar, dsb.
  3. Gaul Ala Facebook Untuk Pemula. Buku ini akan memandu kamu dari cara membuat account baru sampai cara bergaul di Facebook. OMG!
  4. Gaya Gaul Anak Muda Dengan Facebook. Judulnya, oh double OMG!!
  5. Mau Gaul? Mau Sukses? Pakai Facebooks! Berisi cara pengoperasian website jejaring sosial tersebut agar tidak akan lagi merasa canggung. Duh please!
  6. Add Me On Facebook. Berisi cara menggunakan layanan e-mail, comment, show profile, game, ngisi kuis, dan upload foto.
  7. Berteman & Berbisnis Lewat Facebook. Berisi cara mendaftar ke Facebook, melakukan konfigurasi utama, merombak tampilan facebook sehingga lebih menarik, teknik jitu menambah teman-teman Anda dengan cepat, dilanjutkan dengan teknik promosi efektif.
  8. Facebook Untuk Semua Orang, Untuk Semua Urusan. Berisi tentang cara menggunakan berbagai fasilitas dari Facebook yang membuatnya menjadi sangat terkenal seperti memanfaatkan coretan dinding (wall), berbagi foto, chatting, berbagi video, bermain games, dan menambahkan aplikasi.
  9. Pake Facebook: Gaya Loe… Maximal! Judul oh judul triple OMG!!!
  10. Seri Penuntun Praktis Facebook. Berisi tentang cara bergabung, mencari teman, membentuk sebuah grup, upload foto video, menambahkan aplikasi sesuai selera.
  11. Step By Step Facebook. Berisi pembahasan mengelola profil, menambahkan foto dan video, mencari teman, menambahkan aplikasi, bergabung dengan grup-grup komunitas, mengirimkan pesan, chatting, dll.
  12. One Stop For All Facebook. Berisi pembahasan mencari teman di Facebook, upload foto dari ponsel, menggunakan fasilitas Facebook untuk berpromosi, berkomunikasi asyik di Facebook.
  13. Panduan Praktis Mengoptimalkan Facebook. Berisi pembahasan cara menandai dan berbagi foto, menemukan teman lama, mengingat kembali momen yang terlupakan, sekaligus mengomentari foto tersebut, chatting, membuat notes, bermain games, mengabarkan aktivitas terkini, upload foto, dan mengoptimalkannya untuk keperluan bisnis.
  14. Menjadi Terkenal Lewat Facebook. Berisi pembahasan kelebihan Facebook, cara mendaftar Facebook hingga melakukan verifikasi akun, mengelola Data Diri yang meliputi pengisian data diri, visualisasi profil,dan penataan halaman profil, melakukan Komunikasi dengan Facebook yang meliputi memberi testimonial, berkirim pesan dan komunikasi dengan fungsi chat, membuat album foto ¬†dan mengelola album serta foto yang sudah diupload kedalam profil, blogging dalam Facebook yang meliputi cara menulis note, melakukan format penulisan serta menerbitkan catatan tersebut. Judulnya sih canggih, bahkan daftar isinya juga ditulis dengan cara yang terasa berbobot; tapi kalo dibaca baik-baik… ternyata sama aja,¬†STD!
  15. Ayo Buat Facebook-mu Menarik! Berisi pembahasan bagaimana mendaftar di Facebook, membuat dan mengelola profil Facebook, memasukkan foto dan video ke Facebook, mengirimkan hadiah ke teman, berjualan di Facebook, menambah aplikasi-aplikasi menarik.

Masih ada banyak buku-buku lokal lain yang berusaha sedikit terlihat cerdas dengan menyisipkan fokus atau penekanan tambahan pada ulasan Facebook-nya, seperti Bisnis Menggunakan Facebook, Facebook For Cari Duit, Panen Duit Pake Facebook, dsb… tapi rata-rata isinya sama standar juga.

Daftar di atas cuman sebagian kecil aja karena masih ada banyak banget judul lainnya yang gue liat tadi berjejalan di Gramedia (dan ngga bisa ditemuin online). Total jumlahnya berlipat-lipat ganda dibandingkan¬†jumlah buku lokal yang mengungkit Facebook dalam bentuk wacana analisa, kebetulan gue cuma inget satu aja yang berjudul¬†F-Marketing dari¬†Media Ide. Kalau nanti ada yang niat, tolong masukin kata kunci ‘facebook‘ di komputer database Gramedia dan tolong kasih tau di sini ada berapa banyak judul terkait yang ada¬†di sana.

Memperhatikan tren kelima belas judul buku di atas, mungkin ada yang kepikiran apakah jangan-jangan orang Indonesia gaptek?

Nope, sobat, orang Indonesia tidak gagap teknologi, karena kalau memang gaptek, then Facebook ngga bakalan bisa jadi tren sama sekali.

Jawabannya cuma satu: orang Indonesia goblok, titik. Matanya udah melek teknologi, tapi otaknya belum. Itu aja, simpel kok.


Udah cukup punya duit dan punya niat untuk ke warnet or langganan internet, tapi masih terlalu lemot untuk inget kalo internet SELALU punya jawaban untuk segalanya, apalagi untuk hal-hal yang sederhana. Kalau sama sekali tidak ada panduan berbahasa Indonesia yang mudah dimengerti, mungkin okelah kalau sampai perlu diterbitkan sejumlah buku yang menjawab kebutuhan itu.

Tapi pada kenyataannya, Google dan Yahoo selalu siap menuntun ke jalan yang benar karena ada ratusan blogger Indonesia yang udah pernah nulis tutorial Facebook dengan berbagai macam gaya penulisan dan tutur bahasa. Semua GRATIS!

Salah satu penerbit bahkan menuliskan promosi, “Buku ini disajikan dengan bahasan yang praktis, tidak bertele-tele…” Oh please… bisa yah LEBIH praktis dan LEBIH tidak bertele-tele dibandingkan dengan tutorial help dari situs Facebook sendiri? Hwarakadah!

Lagipula kalau tujuannya sekedar untuk iseng dan main, Facebook ngga sesulit itu sampai perlu baca buku manual!

Apa susahnya sih klik register, login, upload?

Dhuasar orang Indonesia guoblok. Ganyang Indon!

Dan setelah pegel ganyang-ganyang, ngga ada salahnya bergabung di Facebook Page Hitman System… ūüėÄ Kalo ngga ngerti caranya, gampang ini dikasih tutorialnya gratis, ga perlu beli buku!

Tinggal pencet yang dilingkarin itu. Kegunaannya apa? Nanti aja liat sendiri… ūüėČ

Anyways, ada intermezzo sedikit. Tadi selagi muter di Gramedia, gue ngeliat buku ‘biografi’ SBY yang berjudul Harus Bisa. Kaget… kenapa mirip banget yah ama slogan Obama “Yes We Can” ? Bukan cuman itu, warna bukunya juga. Bukan sekedar kebetulan ‘kan?

Karena iseng, gue coba googling untuk ngecek. Bener aja, ada banyak tulisan blog dan ulasan yang menyuarakan hal sama, seperti tulisan SBY Mau Meniru Obama dan Review Website SBY & Obama. Dan yang paling visual adalah gambar di samping ini dari blog ncplus. Klik untuk perbesar.

Intermezzo selesai.

So, kita udah sampai di ujung entri, jadi saatnya untuk berdiskusi:

  • Pernah beli buku lokal tentang Facebook? Jika ya, ada gunanya?
  • Orang Indonesia itu goblok, setuju atau tidak setuju?
  • Para penerbit itu goblok karena ga seleksi mutu buku, setuju atau tidak setuju?
  • Lex dePraxis itu goblok, setuju atau tidak setuju?

Jadilah penghujat dalam roh dan kebenaran…


279 Responses to Facebook: ternyata orang Indonesia goblok!

  1. Indo itu emang bego 2x , sampe skrg aja ms third world ugly (I mean country ), ketinggalan sama negara 2x yg miskin tapi jauh lebih sukses karena mereka kerja keras , the easiest way to see how dumb indonesians are is to see their way of living in which they tend to avoid the simplest succesful foundatiosn of being a better human: discipline, respect and common sense!

  2. Menurut w ..
    Tulisan ini cuma hanya membuat rendah bnggsa sndri.
    Qta tuh pemuda pemudi yg harusny pmbela tanah air qta sburuk apapun org2 yg d dalam bngsa ini itu adlh sodara qta yg qta sndri hrus bs mlngkapi supaya mnjadi lbh baik.
    Kl kalian cuma bs mlihat dri kslhan bngsa ini g bs bangkit dong ..shrusny kalian bs merubahnya.
    Intinya..
    Hargai bangsa loe karna dsini lah loe di lahirkan.

    • saya lahir di Bumi, negara itu konsep buatan manusia yang mengeksploitasi alam serta kemanusiaan milik bumi ini. kitapun tidak pernah memilih-milih, meminta-minta dan berangkat dari niat & usaha kita untuk lahir dimana dan oleh siapa, maka kita berhak menuntut independensi diri untuk memperoleh kehidupan yang lebih baik, karena keterikatan kita baik secara moral dan materil hanyalah kepada bumi lalu kemanusiaan. siapapun orangnya dari bangsa/agama manapun selama ia adil terhadap benar dan salah dan senantiasa mengisi kehidupan dengan penuh kebajikan, maka merekalah yang layak dibela dan menjadi saudara sebumi yang dikehendaki oleh kemanusiaan. seandainya indon ini berisi orang-orang goblok, primordialis, mudah terprovokasi, bahkan masih saja melestarikan kebudayaan yang dipenuhi tahayul-mitos bak orang idiot, serta ingin ganyang-ganyang negara lain alias membuat rusuh, maka untuk apa saya memihak? saya akan MENUMPAS indon-indon tolol tersebut karena telah membuat KERUSAKAN di BUMI TUHAN KU ini

  3. mencoba dengan paparan intelek sama sesama bangsa sendiri bangsa Indonesia, ampun ga usah deh, emang guoblok bangsa ini. ada dua munafik halus manis2 bilang pintar sama orang goblok, ada yang memang diungkapkan karena sesuai haknya. Hak goblok orang indonesia sudah diamalkan dengan sempurna. Hidup bangsa goblok!

  4. Wah…baru tau ya kalau bangsa ini goblok? super pun…coba az lihat tingkah dan prilaku di sekitar.
    Sekolah mahal, sarjana sangat banyak tidak bisa membeakan terlarang dan dilarang.
    Tidak tau beda cinta terlarang dan terlarangnya cinta…hahahahahaha
    Goblok super…karena tidak paham kemampuan..hingga banyak yang masuk jurang.
    Goblok super karena taunya original…padahal apa itu original juga gak paham.
    Super goblok…karena membeli mobille phone dengan harga 3 kali lipat gaji bulanan.
    Super goblok karena mencari kerjaan sampai malaysia…padahal hanya kerja bangunan, kebon, dan pembokat. ya udah deh…bobok az…gak usah bangun…mimpi az…toch miskinmu adalah miskinmu.

    • Menindak lanjuti tulisan saya diatas, menyikapi beberapa tulisan para penulis.
      Orang indonesia goblok yes it,s…tapi kan di sebut semua..jadi yang menyebut Pak habibie kurang a ware memahami orang. JIka tidak termasuk dalam kategori goblok maka tidak perlu merasa atau comment dengan kata lain.
      Menyikapi tulisan dari saudara osman dari negri jiran malaysia, isi dari tulisannya bisa saya pahami dengan baik, dan dia benar…hanya penggunaan kosa katanya seharusnya lebih wise…akan tetapi saya juga bisa memahami bahwa kemungkinan osman jengkel dengan bayak hal yang mengakibatkan keluarnya tulisan yang berbentuk umpatan.
      Masalah korupsi….heemmmm semacam hamburger yang selalu di kejar, atau pizza… sepertinya sebagian dari anak bangsa ini begitu bangganya memakai uang yang bukan miliknya. Ini akhirnya memasuki level munafik…dimana disebabkan kocar kacirnya system hukum yang ada dan bolong di sana sini…membuat para orang pintar berubah jadi licik dan melahirkan para koruptor.
      Masalah kesenjangan antara negara ini dan negara asian lainnya…wow…sangat and super big men…dan itu ada di segala bidang….hemmmm mau diapakan.
      Masalah gayang malaysia gayang ini…sudah tidak jamanya lagi kawan…yang ada mari gayang ke tertinggalan dan kebodohan, kemunafikan…dan itu mulai dari diri sendiri.
      Masalah Manohara…aih itu mah hanya sampah kecil yang tertebar ditengah jalanan kumuh tanah air…perjalanan bangsa ini sangatlah panjang dan masih panjang akan tetpi bayangan hitam akan prilaku dan kebodohan tidak pernah lengkang hingga detik ini.
      Masalah korupsi di Indonesia…saya sangat setuju dengan Osman dari negri jiran…supir harus di sogok, semua harus di sogok…tidak ada kepastian.
      Saya bisa mengatakan ini karena saya mengalaminya…tahun 2006 saya mencoba memulai usaha di Indonesai dan…uang saya habis lebih dari separoh hanya untuk ini dan itu..dan semua ini dan itu tersebut tidak ada hubungannya sama sekalai dengan perizinan.
      Sangat menyesal saya membawa pulang uang pengahsilan saya dari eropa yang telah memberikan saya kemudahan hidup mulai dari bea siswa dan pekerjaan yang sangat mapan.
      Saat itu saya sangat naif…berpikir bangsaku adalah yang terbaik dimana saya akan berada.
      Tapi tidak …. negriku memang indah dan saya mencintainya…namun tidak dengan bangsa ini (bangsa adalah orang orangnya) negri adalah tanahnya.
      Saat ini saya hanya berusaha mengumpulkan semua apa yang telah tertanam dan tertelan dari hasil keringatku selama dieropa dan setelah kudapatkan kembali…sayonara bangsaku>>>negriku akan selalu ada dalam hatiku.

      Sebutan bangsa munafik….itu benar adanya…dan itu telah merambah kesegala akar kehidupan masyarakat.

      Jadi buat para pencinta negri…mari bangun dirimu terlebih dahulu…supaya kelak jika kalian berketurunan bisa memberikan contoh yang baik buat para sang turunan.

      Maaf jika ada kata yang salah dalam bentuk tulisan ini, but if you are in my situation….I think you will thinkking also like the way I did…

  5. Dalam kekuatan ekonomi (pendapatan perkepala), kesejahteraan, kualitas pendidikan, Indonesia jauh tertinggal dengan negara tetangga Singapura dan bahkan tidak sebanding. Birokrasi dan politik di Indonesia (mohon maaf) jorok dan porno, tapi walau demikian kekayaan alam Indonesia sangat melimpah…
    walau melimpah kalau tidak bisa di manfaatkan sebaik-baiknya untuk mencerdaskan dan mensejahterakan rakyat semua sia-sia..
    DAN TENTU SAJA …saya orang Indonesia..saya merasa sedih melihat negara yang sedang sekarat ini,
    Kami adalah Pribumi..kami tertib pada setiap antrian.., stop kalau lampu merah, membuang sampah pada tempatnya…
    MEREKA BUKAN PRIBUMI karena hobby korupsi dan menyebabkan rakya menderita…

    salam sejahtera

    surabaya…

  6. ponakan gw masih klas 4 SD pinter pesbukan, hack profil org utk curi chip poker dia jago.. cheat game lihai.. dia org indon yg esih cuilik… tp pinter…. yg go blog di ajarin ajah… mgkn krn kurang kreatif…

  7. buku panduan tentang facebook masih mending, tapi yg sebenernya menunjukkan kebodohan adalah buku2 agama yg judulnya ajaib2 seperti dongeng2, yg anehnya laris banget!! coba deh survey judul2 bukunya.. it shows how backward, supertitious and stupid this nation’s people are!!!

  8. eniwei, buku yang paling pertama lo sebutin salah satunya yang ngarang adalah pacar gue. lol.
    but yeah you are right. just for fucking profit buat penerbit.

    *i wish cowok gue ga tw gue nulis komen gini.

  9. menurut aku,percuma kita mau memaki atau mendengarkan orang memaki..toh gak akan ada hasil apa-apa..lebih baik kita introspeksi diri, kita indonesia introspeksi diri untuk sesuatu yang lebih baik dimasa depan, buktikan saja kalau kita adalah bangsa yang maju, kreatif dan beradab..jangan mau terpancing emosi..biarkan mereka yang emosi dan semakin emosi karena melihat kita jauh lebih baik..

    untuk malaysia,kalau memang kami goblok, tidak beradab dan tidak maju,lantas apa yang kalian lakukan??bukankah kalian bangsa yang maju??seharusnya bisa dong menghormati setiap pilihan dan pemikiran suatu bangsa lain,bukankah dengan bersikap seperti itu kalian justru merendahkan bangsa kalian sendiri..dengan bersikap seperti itu kalian justru merusak nama baik negara kalian sendiri..bukankah kalian juga membutuhkan TKI??bukankah dulu kalian banyak belajar di Indonesia??jangan menunjuk muka orang lain tapi tertampar wajah sendiri..terimakasih..maaf lahir batin..

  10. klu yang ini ane se7….!! ane indonesia asli n dasarnya miskin banget… tiap hari liat orang ngoceh ngaku pintar n gak mau dikritik… tapi klu maunya ngatain orang atau seluruh dunia GOBLOK paling senang… apalah gunanya kita pintar klu setiap hari lo pada ketemu peminta2 dipinggir jalan, koruptor merajalela, n many more… jangan tutup mata kawan..klu dulu orang perang dah ketahuan musuhnya…klu SEKARANG? bisa2 sodara lo yang korup, ayah lo, paman lo, tetangga lo…nah klu lo smua pada pintar n ngaku indonesia sejati… brani gak lo laporin mereka biar dihukum????????

  11. Woyyyy lo kalo mw cari sensasi tunjukin muka lo!!!!!!!!
    gua ga yakin lo orang indo
    dasar lo ga punya otak kalo lo dah pinter adu matematik ma gua lo

  12. cb berbeda tp terlalu ekstrem, mgkn itu bw-an latar belakang pendidikan anda yg ga pernah sekolah INPRES spt kebanyakan rakyat indonesia bs jg anda dari keluarga yg high level, bersyukurlah, tapi “down to earth” pak…

  13. hihi bilang org goblok, tapi lagu rasa sayange, keris, tarian reog ponorogo dan msh byk lagi, di akuin punya elu org? gak salah kebangetan gobloknya, sampe2 ngakuin kepunyaan org lain? itu namanya dah goblok gak tau malu namanya!!!! amit2 malay

  14. elu bilang goblok? nah elu sendiri ngapain ke indonesia? sekolah apa cari duit or kerja gelap ya? kalau sekolah/kuliah apa elu yg terpintar di kelas? elu goblok kan?

    elu tw gak, di universitas tempar elu, siapa pelajar yg terpintar??? kalau gak tw, jelas banget kegoblokan elu

    tunggu aja tanggal maen nya, kalau bukan skg pasti akan ada GAYANG MALAYSIA!!!

  15. saluuut…

    Bung atau siapapun anda, anda cukup berani menyatakan bahwa orang indonesia itu pada GOBLOK . Tapi apakah anda tidak merasa malu dengan diri anda???. anda orang pintar anda penuh dengan informasi,coba lihat dong yang lain jangan cuma fokus di Indonesia tok!!!. jangan jangan anda pecinta yang lokal lokal atau diri anda diikat rantai sehingga anda cuma bisa melihat yang ada disekeliling anda saja. Banyak diluar sana negara yang GOBLOK jadi apakah Kata GOBLOK itu menjadi sesuatu yang Wah gitu??? INdonesia menjadi di bawah yang lain gitu???
    sama ketika anda sekolah, kenapa anda sekolah?
    1. pingin bisa !
    2. malu ma yang lain kalo gag sekolah !
    3. dapewt Title dr,msc,phd,dll,alm….
    knapa gag baca koran aja ! lihat Tv,internet, knapa gag beli aja tu title !!!
    ingat mas bung atau siapapun anda.walaupun gag semua kita tahu bukan berarti kita GOBLOK, cuma oranglain aja yang tahu lebih dulu…

    GO-BLOGS mungkin lebih tepat…..

  16. Maaf bro aq cuma mau meluruskan, supaya niat dan tujuan sipenulis sampe dan semoga mnjadi tanggapan yg positif bagi kt orang indomesia, INDONESIA BUKAN GOBLOK tapi PENGGOBLOKAN, Indonesia akan tetap menjadi apa yg anda tuliskan slama penggoblokan tetap meRaja,Pemakan uang rakyat(koruptor),pemerintah yg berhati binatang,….ini semua yg menjadikan kita GOBLOK, Terimakasi sblumnya atas apa yg t'lah anda tuliskn s'moga menjadi acuan kt untuk maju

Leave a Reply